Kamis, 24 Desember 2015

Pengertian Definisi serta Tujuan Obstetri dan Ginekologi Dalam Dunia Medis

Pusatmedik.org - Pengertian Definisi serta Tujuan Obstetri dan Ginekologi Dalam Dunia Medis -  Banyak dari kalangan awam bingung dengan istilah obstetri serta ginekologi. istilah dari hal ini adalah ilmu yang menyangkut cabang ilmu kedokteran yang fokus mempelajari serta menangani kesehatan organ repsoduksi wanita. Dokter yang sangat ahli di bidang obstetri atau ginekologi tersebut sangat sering di sebut oleh orang awam ialah dokter kandungan dan kadang juga dokter ginekolog.
http://www.pusatmedik.org/2015/12/pengertian-definisi-serta-tujuan-obstetri-dan-ginekologi-dalam-dunia-medis.html
Google Image: Pengertian Definisi serta Tujuan Obstetri dan Ginekologi Dalam Dunia Medis

Namun dalam dunia medis khususnya dokter yang ahli di bidang obstetri maupun ginelologi disebut Dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi atau biasa di sebut Dokter Spesialis kebidanan dan penyakit kandungan. tugas dari Seoarang yang ahli di bidang medis khususnya Obstetri dan Ginekologi ialah Spesialisasi pembedahan atau perawatan serta menangani pelayanan kesehatan wanita selama masa kehamilan, partus, hingga Nifas. berbeda dengan Kebidanan sendiri memiliki pengertian yang sama namun merupakan tindakan yang tidak berkaitan dengan pembedahan. Lalu Ginekologi berasala dari kata Gnaecology , umumnya gineklogi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang kewanitaan. namun secara khusus ginekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari serta menangani kesehatan dari alat reproduksi wanita. untuk lebih lanjut berikut ini adalah penjelasan mengenai Pengertian Definisi serta Tujuan Obstetri dan Ginekologi Dalam Dunia Medis :

Pengertian Definisi serta Tujuan Obstetri dan Ginekologi Dalam Dunia Medis

  1. Obstetri atau Ilmu kandungan ( Ilmu Kebidanan) :adalah Suatu Ilmu yang mempelajari Kehamilan, Persalinan dan Nifas. Kehamilan (Graviditas) dimulai dari konsepsi atau pembuahan lalu berakhir dengan permulaan suatu persalinan. 
  2. Persalinan atau partus : adalah suatu proses pengeluaran bayi dan uri dari badan ibu ( wanita)
  3. Nifas atau Puereperium : adalah masa setelah dimana ibu atau wanita telah menjalankan suatu persalinan yang diperlukan untuk memulihkan alat kandungan sampai pada keadaan sebelum ibu atau wanita kembali hamil. Istilah Perkataan Obstetri berasal dari Obstu atau bahasa latin yang memili ki arti kira-kira Mendampingi. 
  4. lalu tujuan dari suatu Obstetri : Adalah Membawa atau menyelamantkan ibu dan anak (bayi) dengan selamat melalui masa-masa kehamilan, persalinan dan Nifas, dengan kerusakan yang seminim-minimnya.

Secara lebih luas dan Umum tujuan dari Obstetri adalah pengaturan serta optimalisasi dari reproduksi manusia. Mengingat betapa berat dan luas serta betapa pentingnya tugas ini barulah dapat kita insafi kalu kita mengetahui berapa banyak orang yang akan bersalin setiap hari, bulan bahkan tahun dan berapa ibu serta anak yang meninggal setiap hari, bulan bahkan tahun itulah tujuan utama Obstetri.

ada beberapa negara yang membagi kedua cabang ilmu kedokteran tersebut menjadi spesialisasi yang sangat berbeda, namun kebanyakan dokter kandungan juga merupakan bagian dari dokter kebidanan.  Oleh karenanya apapun label atau sebutan yang di berikan peran dari dokter spesialis obstetri dan ginekologi adalah harus memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh bagi kesehatan seorang wanita yang sangat berkaitan dengan organ reproduksinya. 

demikianlah Pengertian Definisi serta Tujuan Obstetri dan Ginekologi Dalam Dunia Medis semoga bermanfaat untuk kita semua. serta meningkatkan kesehatan wanita serta meningkatkan kualitas pelayanan dari dokter spesialis obstetri dan ginekologi khususnya.

Baca Juga: Definisi Penyebab Pengobatan Serta Tanda dan Gejala Penyakit Hiperemesis Gravidarum Menurut Ilmu Kedokteran
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai