Jumat, 13 Mei 2016

Definisi , Cara Penularan, Gejala, dan Pencegahan Serta Penanganan Penyakit Hiv Aids

Pusatmedik.orgDefinisi , Cara Penularan, Gejala, dan Pencegahan Serta Penanganan Penyakit Hiv Aids - HIV Aids merupakan Virus yang sangat mematikan. Ada banyak pengertian Hiv aids yang bertebaran diluar sana yang pastinya sudah anda pahami sebelumnya. Ada banyak Penyebab Hiv Aids dan juga cara Penularan penyakit atau virus ini nanti akan kita bahas secara menyeluruh dan mendalam dalam Artikel Hiv Aids kali ini.
http://www.pusatmedik.org/2016/05/definisi-cara-penularan-gejala-dan-pencegahan-serta-penanganan-penyakit-hiv-aids.html
Google Image: Definisi , Cara Penularan, Gejala, dan Pencegahan Serta Penanganan Penyakit Hiv Aids 
Definisi Hiv Aids
Penyakit yang biasa kita sebut AIDS atau juga Accquired imuno Deficiency Syndrome, merupakan suatu kumpulan gejala serta gangguan pada tubuh ( penyakit ) yang disebabkan oleh virus Human imunodefisiensi Virus atau yang dikenal dengan HIV. Virus ini bekerja dengan menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga menyebabkan penurunan kekebalan tubuh.

Virus HIV ini pasti ditemukan didalam cairan tubuh manusia dan binatang yang terinfeksi, terutama sekali pada Darah, cairan organ genital pria, Cairan organ genitalia wanita, dan juga di temukan pada cairan air susu ibu yang menyusui. Seperti yang di jelaskan sebelumnya yakni virus ini akan menyerang dan juga merusak sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga menyebabkan menurun dan berkurangnya daya sistem kekebalan tubuh manusia sehingga manusia yang terjangkit penyakit ini akan mudah terserang penyakit. 

Definisi , Cara Penularan, Gejala, dan Pencegahan Serta Penanganan Penyakit Hiv Aids


Penyebab Hiv Aids
Hiv merupakan suatu jenis Virus yakni retrovirus yang biasa menyerang organ vital manusia yakni sistem kekebalan tubuh, Virus ini termasuk bergolongan virus yang memanfaatkan RNA untuk membawa Informasi genetik.

HIV merusak sel Tdc4+ baik itu secara langsung maupun tidak langsung, sel ini sendiri pastinya sangat di butuhkan tubuh agar sistem kekebalan tubuh manusia dapat bekerja dan berfungsi secara baik. Apabila Virus ini sudah menyerang sel ini dan menyebabkan penyusutan yang signifikan hingga berkurang secara signifikan hingga sampai ke 200 per mikroliter darah manusia maka dapat di pastikan kekebalan di tingkat sel manusia akan hilang, hingga menyebabkan kondisi manusia ke tahap yang di sebut AIDS. 

Cara Penularan HIV AIDS
Penularan Virus HIV AIDS ada berbagai macam cara dan di bagi dalam 2 jenis penularan yakni : 

1. Penularan Secara seksual : 
-dengan aktifitas yang berganti-ganti pasangan Seksual
-Genitogenital/Heteroseksual
-Anogenital
-Orogenital

2.Penularan Non Seksual :
-Pemakaian Jarum suntik secara bergantian dengan orang yang mengidap HIV AIDS
-Menerima transfusi darah atau donor darah dari orang yang mengidap HIV AIDS
-Ibu hamil yang terinfeksi HIV AIDS ( Gen ) 
-Ibu menyusui yang terinfeksi HIV AIDS


Gambaran Klinis HIV Aids
- Kategori klinis A Katagori ini meliputi infeksi HIV tanpa adanya gejala atau (asimtomatik), limfa denopati generalisata yang menetap dan juga infeksi akut primer dengan penyakit penyerta.
- Kategori klinis B katagori ini biasanya terdiri atas kondisi dengan gejala pada remaja atau orang dewasa yang terinfeksi virus HIV yang tidak termasuk dalam kategori C dan juga memenuhi paling kurang atau sedikit satu dari beberapa kriteria berikut ini:


  1. 1.Keadaan dimana dihubungkan dengan adanya infeksi virus HIV atau juga adanya kerusakan pada kekebalan tubuh yang diperantarakan oleh sel atau disebut juga dengan (Cell mediated immunity) , atau
  2. 2.Keadaan dimana saat penderita dianggap oleh dokter telah sangat memerlukan penanganan klinis secara intensif atau membutuhkan penatalaksanaan yang intensif dan juga pengobatan yang di sebabkan akibat dari komplikasi dari infeksi HIV.

- Kategori klinis C katagori ini meliputi dari adanya gejala yang ditemukan atau yang di timbulkan pada pasien AIDs.


Ciri dan Gejala Penderita Penyakit Hiv AIDS 
Detemukan beberapa Gejala Berikut : 

  • Demam
    Merupakan Gejala awal tandanya terinfeksi virus HIV Suhu tubuh penderita bisa 38-39 derajad celcius. 
  • Mudah Lelah
    Ketika mudah lelah itu adalah tanda awal atau efek dari sistem kekebalan tubuh yang merespon infeksi virus yang bereplika secara besar-besaran di dalam tubuh.
  • Adanya Nyeri Sendi dan Otot terasa Pegal Disertai Pembesaran Kelenjar Getah Bening atau KGB.
  • Sakit Kepala dan juga adanya Nyeri Tenggorokan.
  • Adanya Ruam di Wajah atau di Kulit, atau bintil bintil merah yang gatal dan berwarna merah muda , gejala ini cukup lama diderita.
  • Adanya Mual Muntah yang berkepanjangan
  • Adanya Penurunan Berat Badan
  • Berkeringat Pada Malam hari 
  • Adanya Toksoplasmosis, Pneumonia, herpes pada tubuh dan juga alat genitalia

Diagnosis HIV AIDS
Diagnosis penyakit HIV Aids Biasanya akan ditegakkan berdasarkan gejala klinis yang timbul dan juga pemeriksan darah yang mendalam, lalu Pada pemeriksaan darah dapat dilakukan dengan metode tes langsung terhadap virus HIV atau dengan metode tidak langsung dengan cara menentukan sampel anti bodi, yang telah ditentukan serta lebih mudah untuk dilaksanakan. Saat ini ada banyak sekali jenis tes yang mempunyai serta memiliki sensitifitas dan spesifitas tinggi yang telah tersedia untuk dilakukan tes.

Pencegahan HIV AIDS
Dengan diketahuinya rute penularan Virus HIV Aids dengan Jalur Seksual, Non seksual, serta melalui GEN ( ibu hamil dan menyusui ) maka perlu diadakan penyuluhan dan pendidikan secara intensif yang ditujukan pada tingkat pendidikan dasar hingga menengah atas agar mengetahui dan menjalankan pola hidup yang sehat dan menjauhi pola perilaku seksual yang menyimpang serta mendekatkan diri pada tuhan yang maha esa. 

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai