Sabtu, 14 Mei 2016

Definisi Penyebab dan Pengobatan Amubiasis atau Amebiasis Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Definisi Penyebab dan Pengobatan Amubiasis atau Amebiasis Menurut Ilmu Kedokteran - Pernahkah anak anda atau bahkan anda sendiri mengalami sakit perut ? sakit perut yang timbul secara bertahap lalu anak anda atau anda sendiri sering buang air besar ? dengan tanda-tanda tinja yang cair, perut terasa mual , erut terasa Kram, lalu menyebabkan anak anda atau anda tidak nafsu makan.
http://www.pusatmedik.org/2016/05/definisi-penyebab-dan-pengobatan-amubiasis-atau-amebiasis-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Definisi Penyebab dan Pengobatan Amubiasis atau Amebiasis Menurut Ilmu Kedokteran

Jika gejala diatas adalah hal yang dialami oleh buah hati anda atau bahkan anda sendiri, berhati-hatilah dan patut waspada kemungkinan besar anak anda menderita infeksi parasit yang menyerang perut atau usus besar anak anda. Segeralah untuk membawa anak anda kedokter terdekat di daerah anda untuk lebih memastikan dan mendapatkan pelayanan medis yang diperlukan.

Infeksi Amubiasis atau Amebiasis biasa disebut dengan disentri. Penyakit amubiasis atau penyakit disentri ini jika sudah mengalami keparahan akan berlanjut menjadi peradangan yang menyebabkan keluarnya tinja bercampur dengan darah. untuk lebih jelas dan agar anda bisa memahami lebih lanjut apa itu amubiasis atau amebiasis silahkan simak informasi dan artikel kesehatan berikut ini. 

Definisi Penyebab dan Pengobatan Amubiasis atau Amebiasis Menurut Ilmu Kedokteran


Definisi Amubiasis atau Amebiasis :
Amubiasis atau amebiasis adalah suatu Penyakit yang ditimbulkan oleh parasit atau protozoa yang menginfeksi usus. Penyakit amebiasis atau amoebisis ini bisa ditularkan makanan dan juga minuman yang sudah terkontaminasi parasit Entamoeba histolytica atau ( E. histolytica ) parasit amuba ini pada umumnya tinggal di usus besar manusia yang biasa pada awalnya tanpa menimbulkan gejala.

Namun terkadang juga parasit ini bisa menyerang lapisan usus yang menimbulkan terjadinya diare, tinja yang di sertai darah, demam, mual, serta kram pada perut. Parasit amubiasis ini berkembang pada kondisi atau daerah yang padat dan disertai dengan sanitasi yang kurang baik dan juga buruk.

Penyebab Amubiasis Atau Amebiasis : 
Sudah di jelaskan sebelumnya bahwa penyebab dari amubiasis ini adalah parasit Entamoeba histolytica. Amuba ini hampir tersebar merata di dunia, terutama di daerah tropis dan di negara berkembang, yang tentunya sangat menunjang untuk berkembang dan hidup di wilayah yang  berkepadatan penduduk tinggi, kebersihan individu dan lingkungan yang buruk.

Gambaran Klinis Amubiasis atau Amebiasis :
  1. Memiliki Masa inkubasi yang rata-rata 2 - 4 minggu.
  2. Lalu pada Amubiasis kolon akut atau biasa disebut dengan disentri amuba memberikan gejala sindrom disentri yang merupakan kumpulan dari gejala yang timbul dan terdiri atas tinja berlendir dan juga berdarah, tenesmus anus, serta nyeri perut dan kadang-kadang juga disertai demam.
  3. Lalu Pada amubiasis kronik biasanya penderita akan mengeluh nyeri perut dan dan disertai diare yang diselingi dengan konstipasi atau sulit buang airbesar.
  4. Lalu Pada amubiasis ekstraintestinalis terkadang biasanya ditemukan riwayat amubiasis usus.
  5. Lalu pada Penderita amubiasis yang menyerang hati biasanya timbul demam, hepar membesar disertai dengan nyeri tekan abdomen atau area perut terutama di daerah kanan atas, kadang juga berkeringat, serta tidak nafsu makan, lalu di sertai dengan berat badan yang menurun.
  6. Lalu pada penderita Amubiasis kutis dan perinealis biasanya menyebabkan ulkus yang tepinya bergaung,
  7. Sedangkan pada penderita amubiasis vaginalis biasanya akan menimbulkan leukore dengan adanya bercak darah dan disertai dengan adanya lendir.

Diagnosis Amubiasis atau Amebiasis :
  1. Pada penderita Amubiasis kolon akut : ditemukan adanya  E.histolytica yang berbentuk histolitika didalam tinja cair.
  2. Pada penderita Amubiasis kolon menahun : ditemukan adanya E.histolytica berbentuk kista didalam tinja. Namun Jika tidak ditemukan adanya e.histolytica, maka pemeriksaan tinja perlu diulang atau dilakukan 3 hari berturut-turut. dikarenakan Pemeriksaan serologi dapat dilakukan untuk menunjang diagnosis amubiasis atau amebiasis.
  3. Pada penderita Amubiasis hati: ditemukan adanya bentuk histolitika E.histolytica didalam biopsi dinding abses atau aspirasi nanah. Namun Jika tidak ditemukan amuba maka dapat dilakukan pemeriksaan serologi untuk menunjang diagnosis amubiasis.

Tanda dan Gejala Amubiasis atau Amebiasis : 
Pada sebagian besar anak-anak yang terinfeksi parasit amubiasis atau amebiasis ini akan memiliki gejala yang minimal atau bahkan tanpa gejala. Lalu pada beberapa orang gejala yang timbul pada penderita amebiasis atau Amubiasis ini akan dimulai dalam beberapa hari hingga beberapa minggu setelah menelan atau terkontaminasi parasit amuba.
- Perut terasa kembung
- Perut terasa kram
- adanya darah dalam tinja
- adanya demam 
- adanya diare 
- Hilangnya nafsu makan

Penularan Amubiasis atau Amebiasis : 
Parasit ini bisa menular pada semua orang dan semua kalangan umur, terlebih pada orang yang tidak menjaga kebersihan diri serta lingkungannya. Lalu penderita amubiasis atau Amebiasis ini dapat juga menularkan Parasit yang menginfeksi dirinya pada orang dengan cara meyebarkan parasit melalui tinja, misalkan tinja yang mencemari air yang di gunakan untuk mencuci piring atau gelas, bahkan juga air untuk di konsumsi.

Pencegahan Amubiasis atau Amebiasis : 
Pencegahan terbaik yang dapat kita lakukan ialah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan , serta menjaga kebersihan makanan serta minuman yang akan di konsumsi sehari-hari.

Pengobatan Amubiasis atau Amebiasis : 
Pengobatan standar untuk amebiasis yang menyerang usus dengan pemberian anti parasit oral, lalu pemilihan obat disesuaikan dengan tingkat keparahan infeksi yang dialami. lalu setelah selesainya pengobatan diperlukan pemeriksaan feses lebih lanjut agar dapat mengetahui apakah parasit dan infeksi sudah benar-benar dibersihkan. 

demikianlah Definisi Penyebab dan Pengobatan Amubiasis atau Amebiasis Menurut Ilmu Kedokteran, semoga bisa membantu anda untuk mengatasi keluhan atau menambah wawasan anda mengenai amubiasis. semoga bermanfaat

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai