Kamis, 23 Februari 2017

Hematoma Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Tanda dan Gejala Hematoma Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Hematoma Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Tanda dan Gejala Hematoma Menurut Ilmu Kedokteran - Hematoma merupakan kumpulan darah yang tak normal dan berada di bagian luar pembuluh darah. Adapun kumpulan darah ini dapat berukuran setitik kecil, namun bisa juga memiliki ukuran besar serta menyebabkan pembengkakan. Selengkapnya mengenai hematoma dapat Anda simak pada uraian berikut ini.
http://www.pusatmedik.org/2017/02/hematoma-definisi-penyebab-dan-pengobatan-serta-tanda-dan-gejala-hematoma-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Hematoma Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Tanda dan Gejala Hematoma Menurut Ilmu Kedokteran
Definisi
Hematoma merupakan kumpulan darah yang tak normal dan berada di bagian luar pembuluh darah. Adapun kumpulan darah ini dapat berukuran setitik kecil, namun bisa juga memiliki ukuran besar serta menyebabkan pembengkakan. Hematoma bisa terjadi di tubuh bagian mana saja. Biasanya darah yang mengalir keluar dari pembuluh-pembuluh darah dapat menyebabkan rasa nyeri di jaringan sekitarnya serta muncul gejala peradangan.


Hematoma Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Tanda dan Gejala Hematoma Menurut Ilmu Kedokteran


Sebenarnya dinding pembuluh darah mempunyai kemampuan untuk terus-menerus memperbaiki diri jika terluka dan ini merupakan kondisi normal. Jika lukanya kecil, perbaikan akan dilakukan dengan cara membentuk bekuan darah serta jaringan fibrin. Namun bila pembuluh darah terkena sebuah tekanan hebat, serta kerusakan pada dinding pembuluh darah tersebut luas, maka darah bisa selalu bocor lewat dinding pembuluh yang telah rusak Darah yang keluar terus-menerus menyebabkan hematoma makin membesar.

Gejala
Gejala yang ditimbulkan oleh hematoma tergantung dari ukurannya, lokasi munculnya, serta apakah hematoma tersebut menyebabkan munculnya pembengkakan.
Adapun hematoma juga dapat menyebabkan iritasi serta peradangan. Gejala umum peradangan akibat hematoma antara lain:
  1. Pembengkakan.
  2. Warna kemerahan di bagian yang muncul hematoma.
  3. Bagian munculnya hematoma terasa  sakit ketika disentuh serta terasa hangat.

Penyebab
Penyebab umum munculnya hematoma yaitu trauma ataupun cedera misalnya karena kecelakaan, terjatuh, patah tulang, cedera kepala, luka tembak, terkilirnya lengan serta, kaki bersin yang terlalu keras.
Beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami hematoma adalah:

  1. Aneurisma
    Merupakan benjolan ataupun pelebaran tidak normal di pembuluh darah.
  2. Pengobatan
    Obat antikoagulan ataupun pengencer darah dapat meningkatkan potensi perdarahan secara mendadak ataupun memperparah hematoma.
  3. Penyakit
    Kondisi medis ataupun penyakit tertentu yang mengakibatkan turunnya jumlah trombosit ataupun menghilangkan fungsi trombosit.
  4. Cedera
    Keretakan tulang dapat menyebabkan peningkatan risiko terjadinya hematoma di lokasi terjadinya keretakan.
  5. Keretakan tulang panggul
    Umumnya diperlukan dibutuhkan besar untuk menjadikan tulang panggul retak. Sehingga pasti jaringan serta pembuluh darah di dekatnya ikut rusak.
  6. Menstruasi
    Darah menstruasi dapat berkumpul di vagina serta dapat membentuk gumpalan darah dan tidak mengalir keluar.
  7. Kehamilan dan melahirkan
    Adapun gumpalan darah ataupun perdarahan dari vagina tak normal ketika kehamilan, sehingga pasien harus segera periksa ke dokter. Namun ketika sesudah melahirkan, hal ini merupakan normal.

Jenis-jenis Hematoma
Hematoma dapat dibedakan berdasarkan dari lokasi terjadinya, antara lain:

  1. Hematoma epidural:
    hematoma yang muncul akibat cedera di bagian kepala yang terdapat pembuluh arteri yaitu meningeal tengah.
  2. Hematoma perianal:
    terjadi di batas luar anus.
  3. Hematoma subdural:
    terjadi akibat cedera di bagian kepala.
  4. Hematoma intraserebral:
    terjadi di jaringan otak sendiri.
  5. Hematoma scalp:
    terjadi di bagian luar tengkorak bawah kulit kepala.
  6. Hematoma telinga:
    terjadi karena cedera yang menyebabkan perdarahan di bagian struktur dari tulang rawan telinga, di bagian bawah kulit telinga.
  7. Hematoma septum:
    terjadi saat seseorang menderita cedera hidung.
  8. Hematoma intramuskular:
    terjadi dalam jaringan otot.
  9. Hematoma subungual:
    umumnya hasil dari cedera di jari tangan ataupun kaki.
  10. Hematoma subkutan:
    merupakan lebam serta memar di kulit.
  11. Hematoma payudara:
    merupakan berkumpulnya darah dalam payudara karena perdarahan internal.
  12. Hematoma intra-abdominal:
    terjadi pada bagian dalam perut.

Diagnosis
Diagnosis adalah langkah-langkah dokter untuk mengidentifikasi kondisi atau penyakit yang menjelaskan gejala-gejala dan juga tanda-tanda yang dialami pasien. Adapun langkah-langkah yang dilakukan oleh dokter untuk mendiagnosis kondisi hematoma antara lain:

  1. Pemeriksaan fisik
    Apabila hematoma terjadi di kulit serta jaringan lunak misalnya seperti otot ataupun persendian, maka dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik.
  2. Uji pencitraan
    Apabila penderita menunjukkan gejala-gejala perdarahan internal, biasanya dokter akan melakukan sebuah uji pencitraan. Adapun pencitraan sinar-X dibutuhkan untuk memeriksa hematoma yang ada di sekitaran tulang yang retak.
    Sedangkan bagi penderita yang menderita cedera kepala perlu untuk diperiksa dengan menggunakan CT-scan. Ultrasonografi umumnya dianjurkan ketika memeriksa penderita yang masih sedang hamil.
Pengobatan Serta Komplikasi Hematoma
Adapun pengobatan untuk kondisi hematoma yang muncul di kulit serta jaringan lunak sering ditangani cukup hanya dengan beristirahat, mengompres-nya dengan es batu, melakukan pembalutan ataupun penekanan guna menghentikan perdarahan, serta elevasi (yaitu mengangkat organ tubuh dengan lebih tinggi dari organ jantung untuk membantu mengurangi aliran darah yang menuju area yang sedang mengalami perdarahan). Adapun teknik ini disebut juga dengan istilah RICE atau rest, ice, elevation compression.

Beberapa dokter menyarankan untuk menjalankan sebuah terapi panas untuk penanganan hematoma alternatif yaitu tiga hari sesudah perdarahan diatasi. Adapun rasa sakit akibat peradangan yang ada di sekitar hematoma, dapat diatasi dengan obat pereda rasa nyeri atau sakit.

Jenis penanganan dari hematoma dipilih berdasarkan dari kondisi kesehatan penderita. Untuk perawatan hematoma di organ lain yang ada dalam tubuh bergantung dari jenis organ serta kondisinya.
 
Hematoma dapat menyebabkan peradangan serta pembengkakan. Dua hal ini bisa menyebabkan komplikasi yaitu:
  1. Iritasi
    Terjadi pada organ serta jaringan tubuh.
  2. Infeksi
    Berupa darah yang terkumpul dan berkoloni sasi dengan bakteri.
Sekian informasi dari kami tentang Hematoma Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Tanda dan Gejala Hematoma Menurut Ilmu Kedokteran, semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai