Minggu, 19 Februari 2017

Hipoparatiroid Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala Klinis Hipoparatiroid Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Hipoparatiroid Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala Klinis Hipoparatiroid Menurut Ilmu Kedokteran - Hipoparatiroid merupakan kelainan langka yaitu berupa rendahnya jumlah/ kadar hormon paratiroid yang dihasilkan dalam tubuh. Keadaan ini menyebabkan meningkatnya serum tingkatan fosfor (hiperfosfatemia) dan turunnya tingkatan kalsium (hipokalsemia) di dalam tulang serta darah. Lalu apakah penyebabnya kondisi ini? Bagaimana cara mengatasinya? Jika anda ingin tahu lebih banyak, silahkan melanjutkan membaca.
http://www.pusatmedik.org/2017/02/hipoparatiroid-definisi-penyebab-dan-pengobatan-serta-gejala-klinis-hipoparatiroid-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Hipoparatiroid Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala Klinis Hipoparatiroid Menurut Ilmu Kedokteran
Definisi
Hipoparatiroid merupakan kelainan langka yaitu berupa rendahnya jumlah/ kadar hormon paratiroid yang dihasilkan dalam tubuh. Keadaan ini menyebabkan meningkatnya serum tingkatan fosfor (hiperfosfatemia) dan turunnya tingkatan kalsium (hipokalsemia) di dalam tulang serta darah.

Hipoparatiroid Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala Klinis Hipoparatiroid Menurut Ilmu Kedokteran


Di samping berperan mengendalikan jumlah fosfor dan kalsium, hormon paratiroid juga memiliki fungsi menjaga jumlah/ kadar vitamin D dalam darah serta tulang. Diharapkan berhati-hati untuk tak menyamakan kelenjar paratiroid dengan tiroid. Kedua kelenjar tersebut letaknya berdekatan namun memiliki fungsi yang tak saling berhubungan. Istilah “paratiroid” memiliki arti “dekat dengan kelenjar tiroid”. Oleh sebab itu, istilah hipotiroid serta hipertiroid tak berhubungan dengan paratiroid, namun dengan tiroid.

Penyebab
Kondisi hipoparatiroid bisa disebabkan oleh faktor berikut:
  1. Hipoparatiroid sebagai akibat adanya kerusakan yang muncul ketika/setelah operasi di bagan leher, yang terutama leher depan. Misal, operasi untuk mengangkat kelenjar paratiroid karena kanker, serta operasi terapi penyakit yang ada di area kelenjar tiroid.
  2. Mempunyai sejarah penyakit ini dalam riwayat keluarga. Hal ini bisa berupa kelenjar tak berfungsi dengan baik saat lahir, yang berkaitan dengan gangguan kelenjar yang menghasilkan hormon lainnya. Pada beberapa kasus, bisa karena tak adanya kelenjar paratiroid sejak lahir (sindrom Di-George).
  3. Bayi yang terlahir dari ibu penderita diabetes.
  4. Penyakit autoimun.
  5. Rendahnya level magnesium di dalam darah yang berdampak pada fungsi kelenjar paratiroid saat  memproduksi hormon paratiroid.
  6. Penyakit Addison.
  7. Pengobatan radioterapi kanker di area wajah serta leher.

Gejala
Gejala hipoparatiroid biasanya tergantung dari penyebab serta bagaimana keadaan ini berkembang, dan efektivitas dari terapi terhadap penyakit Hipoparatiroid ini. Adapun Hipoparatiroid yang timbul pasca operasi pada leher biasanya menunjukkan gejala kram pada otot serta kesemutan di kaki, tangan, ataupun di sekitar mulut. Gejala-gejala hipoparatiroid lainnya yang mungkin dirasakan, diantaranya adalah:
  1. Nyeri otot ataupun kram yang menyerang otot-otot wajah, perut, kaki, serta tungkai.
  2. Otot yang berkedut ataupun kejang di bagian mulut, tenggorokan, tangan, serta lengan.
  3. Pusing
  4. Nyeri menstruasi.
  5. Depresi ataupun perubahan suasana hati.
  6. Mempunyai masalah dengan ingatan.
  7. Kulit yang kering serta kuku yang rapuh.
  8. Kelelahan
  9. Penipisan bulu/rambut, misal pada alis mata
  10. atarak.
Segera temui dokter jika mengalami gejala-gejala di atas atau telah terjadi kejang dan sesak napas akibat komplikasi hipoparatiroid.

Diagnosis
Seseorang yang telah diduga menderita hipoparatiroid biasanya riwayat medisnya diperiksa oleh dokter. Selain itu, dokter memberi perhatian khusus terhadap pemeriksaan gejala-gejala yang dirasakan pasien, misalnya seperti kram otot ataupun kesemutan pada area bibir, tangan, dan jari kaki serta otot-otot wajah yang berkedut. Pemeriksaan-pemeriksaan fisik juga dilakukan untuk memastikan gejala-gejala yang dirasakan pasien.
 
Selanjutnya dilakukan tes darah untuk membantu mencari indikasi kondisi hipoparatiroid yang dialami pasien. Dokter mungkin akan melakukan tes tambahan dengan tujuan untuk mengetahui jumlah/ kadar kalsium yang telah terbuang dengan cara melakukan tes urine.
Untuk mendiagnosis hipoparatiroid yang diderita anak-anak, ada dua hal yang dokter lakukan, yaitu:
  1. Pemeriksa perkembangan gigi pada anak.
  2. Menanyakan apakah terdapat hambatan pada perkembangan yang dilalui anak kepada orang tuanya.

Pengobatan
Pengobatan hipoparatiroid tujuannya adalah menjaga level kalsium serta fosfor agar tetap normal, serta meredakan dampak dari gejala-gejala kondisi ini. Level kalsium sebaiknya terus dijaga antara 1,80-2,25 mmol/L.

Biasanya penderita hipoparatiroid akan diberi suplemen untuk mengobati keadaan ini, yaitu suplemen yang mengandung vitamin D dan kalsium. Pemberian suplemen-suplemen ini bisa berlangsung sampai seumur hidup tergantung dari penyebab hipoparatiroid.
 
Adapun vitamin D diberikan dengan dosis tinggi dengan tujuan untuk membantu penyerapan zat kalsium oleh tubuh dan menghilangkan fosfor. Selain itu tablet kalsium karbonat juga diberikan untuk meningkatkan tingkatan/ level kalsium di dalam darah, tetapi dosis tinggi tak disarankan sebab bisa memicu gangguan di saluran pencernaan,
 
Pemberian serum hormon paratiroid umumnya diberikan pada penderita wanita dengan osteoporosis akibat menopause.
 
Langkah pengobatan lainnya dengan cara mengatur pola makanan kaya kandungan kalsium, serta rendah kandungan fosfor.
 
Pengobatan hipoparatiroid bisa berlangsung hingga berbulan-bulan sampai tahunan diikuti tes darah rutin guna memantau level kalsium serta fosfor pasien. Gejala serta risiko perkembangan komplikasi hipoparatiroid bisa berkurang apabila pasien rutin menjalankan periode pengobatan yang telah diberikan. Frekuensi pada pemeriksaan darah juga dapat berkurang seiring dengan level kalsium serta fosfor tetap ideal.

Pencegahan
Kondisi hipoparatiroid tak membutuhkan pencegahan secara khusus, yang terutama jika keadaan ini muncul ketika lahir. Pasien yang hendak melewati prosedur operasi pada area leher ataupun yang melibatkan tiroid, diskusikanlah dahulu dengan dokter tentang persiapan serta langkah-langkah yang diambil selama operasi supaya terhindar dari risiko mengalami hipoparatiroid.

Merasa sangat cemas bisa memicu pasien bernapas lebih cepat sehingga dapat membuat level kalsium jadi ikut menurun dengan cepat. Usahakanlah untuk tetap tenang supaya tidak memperburuk keadaan sendiri.
 
Kenalilah dan juga perhatikan gejala-gejala hipoparatiroid supaya dokter bisa segera memberikan prosedur pengobatan yang sesuai sehingga dapat mengurangi dampak serta risiko komplikasi.
 

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai