Minggu, 26 Februari 2017

Kanker Tulang Definisi Gejala Penyebab Dan Pengobatan serta Tanda Gejala Kanker Tulang Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Kanker Tulang Definisi Gejala Penyebab Dan Pengobatan serta Tanda Gejala Kanker Tulang Menurut Ilmu Kedokteran – Apakah Anda merasa nyeri pada tulang disertai dengan pembengkakan pada bagian yang sakit yang terjadi secara terus menerus dan semakin memburuk?
http://www.pusatmedik.org/2017/02/kanker-tulang-definisi-gejala-penyebab-dan-pengobatan-serta-tanda-gejala-kanker-tulang-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Kanker Tulang Definisi Gejala Penyebab Dan Pengobatan serta Tanda Gejala Kanker Tulang Menurut Ilmu Kedokteran
Jika iya, alangkah baiknya Anda segera periksa ke dokter karena bisa jadi yang Anda alami adalah gejala kanker tulang? Lalu apakah kanker tulang itu? Apa penyebabnya? Adakah cara untuk mengobatinya? Jawaban pertanyaan-pertanyaan ini akan kami bahas pada kesempatan kali ini. 

Kanker Tulang Definisi Gejala Penyebab Dan Pengobatan serta Tanda Gejala Kanker Tulang Menurut Ilmu Kedokteran


Definisi
Kanker tulang merupakan jenis kanker yang dapat menyerang tulang. Kanker tulang bisa diderita oleh anak-anak sampai orang dewasa. Adapun kanker tulang dapat dibagi menjadi dua; kanker tulang primer serta sekunder. Disebut kanker tulang primer jika kanker tersebut muncul serta berkembang langsung dalam tulang. 

Sedangkan untuk kanker tulang sekunder yaitu kanker yang asalnya dari bagian tubuh yang lain dan menyebar pada tulang-tulang. Semua tulang dalam tubuh dapat terserang penyakit ini, tetapi sebagian besar terjadi di tulang kaki serta lengan.

Gejala
Gejala utama dari penyakit kanker tulang, yaitu:

  1. Nyeri
    Seseorang yang menderita kanker tulang dapat merasakan nyeri di bagian tulang yang diserang, nyeri semakin meningkat ketika bergerak. Nyeri umumnya akan dirasakan terus-menerus sampai malam hari.
  2. Pembengkakan
    Sekitar tulang yang menderita kanker mengalami pembengkakan serta berwarna kemerahan. Apabila pembengkakan terjadi pada tulang yang dekat persendian, gerakan terbatas dan sulit.
  3. Tulang rapuh
    Adapun kanker tulang dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh atau lemah. Jika sudah parah, cedera kecil saja dapat membuat tulang patah.
Ada juga beberapa gejala lain diantaranya seperti rasa kebas serta mati rasa ketika kanker pada tulang belakang menekan bagian persarafan, muncul benjolan di tulang, tubuh lelah, berat badan turun, demam di atas 38° C, serta berkeringat terutama di malam hari.

Penyebab
Penyebab kanker tulang masih belum diketahui pasti, tetapi kondisi ini diduga akibat adanya perubahan ataupun mutasi dalam struktur DNA yang mengendalikan pertumbuhan sel-sl sehingga menjadikannya terus-menerus tumbuh tanpa kendali.
 

Penumpukan sel-sel tersebut kemudian membentuk tumor dan bisa menyerang struktur tulang yang ada di dekatnya atau menyebar pada bagian tubuh lainnya. Faktor-faktor yang diduga bisa meningkatkan risiko seseorang menderita kanker tulang antara lain:
  1. Paparan radiasi tinggi yang berasal dari sebuah pengobatan yang pernah dilakukan penderita, misal radioterapi.
  2. Pernah mempunyai riwayat kanker mata atau retinoblastoma saat kecil.
  3. Mengidap sindroma Li-Fraumeni, suatu kondisi genetika langka.
  4. Menderita penyakit Paget, suatu kondisi yang bisa menyebabkan melemahnya tulang.
  5. Menderita hernia umbilitikus sejak baru lahir.

Jenis  Kanker Tulang
Berdasar tempat sel-sel kanker bermula, penyakit kanker tulang dapat dibagi menjadi:

  1. Osteosarcoma
    Berkembang di ujung tulang-tulang panjang pada tulang-tulang yang sedang aktif tumbuh. Osteosarcoma biasanya menyerang paha, tulang kering, dan lengan.
  2. Chondrosarcoma
    Berkembang dalam sel-sel tulang rawan yang menyerang tulang paha, panggul, rusuk, belikat, ataupun tulang lengan pada bagian atas.
  3. Sarkoma Ewing’s
    Berkembang dalam jaringan-jaringan saraf yang masih belum dewasa di sumsum tulang. Sarkoma Ewing’s biasanya menyerang tulang kering, tulang paha, dan tulang panggul.
  4. Tumor Sel Raksasa di Tulang
    Meski sebagian tumor jenis ini sifatnya jinak, beberapa dapat bersifat ganas serta umumnya menyerang tulang-tulang di kaki (yang ada di dekat lutut).
    Tumor sel raksasa di tulang jarang bermetastase pada bagian tubuh lainnya, tetapi sering muncul kembali meski telah dioperasi.
  5. Chordoma
    Kanker ini sering muncul di dasar tulang tengkorak ataupun di tulang belakang.

Diagnosis
Selain menanyakan gejala-gejala yang dirasakan, biasanya dokter perlu melakukan serangkaian tes untuk memastikan seseorang menderita kanker tulang. Jenis-jenis tes tersebut di antaranya adalah:

  1. Biopsi
  2. X-ray
  3. Pemindaian tulang.
  4. MRI scan
  5. CT scan

Pengobatan
Pilihan pengobatan untuk kanker tulang tergantung tingkat keparahan kanker, jenis kanker, dan lokasi kanker. Penanganan utama untuk kanker tulang umumnya dilakukan lewat operasi yang dikombinasikan pengobatan lainnya, misalnya seperti kemoterapi serta radioterapi.


Jenis-jenis operasi yang dapat dilakukan untuk menangani kanker tulang, yaitu:
  1. Operasi pengangkatan tulang
  2. Amputasi
  3. Kemoterapi
  4. Mifamurtide
  5. Radioterapi
Kanker tulang yang masih belum menyebar pada organ tubuh lainnya ataupun yang masih terlokalisasi, akan lebih mudah ditangani daripada kanker tulang yang telah menyebar ataupun bermetastasis. Faktor ini yang nantinya berpengaruh pada peluang pasien untuk sembuh.

Berdasarkan penelitian di Inggris, penderita osteosarcoma terlokalisasi diperkirakan mempunyai peluang hidup 60 % selama 5 tahun ke depan, jika dibandingkan dengan mereka yang menderita osteosarcoma metastasis yaitu hanya berpeluang 25 %.
 
Untuk kasus kanker tulang jenis sarkoma Ewing’s yang sudah terdiagnosis, pasien kondisi terlokalisasinya diperkirakan memiliki peluang hidup sampai 70 % setidaknya hingga 5 tahun ke depan jika dibandingkan dengan pasien kondisi metastasis yang memiliki peluang 30 %. Sama seperti osteosarcoma yang terlokalisasi, sebagian besar pasien sarkoma Ewing’s terlokalisasi berhasil sembuh dari penyakit yang dideritanya.

Selain tingkat penyebaran, seberapa parah jaringan sel yang terkena kanker juga bisa berdampak pada kesempatan penderita untuk sembuh. Menurut penelitian, rasio peluang hidup penderita kanker tulang chondrosarcoma stadium rendah dengan penderita stadium tinggi selama setidaknya 5 tahun ke depan adalah 80 persen banding 30 persen.
 

Sekian informasi tentang Kanker Tulang Definisi Gejala Penyebab Dan Pengobatan serta Tanda Gejala Kanker Tulang Menurut Ilmu Kedokteran, semoga bermanfaat. 

Baca Juga:
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai