Rabu, 05 Juli 2017

Nyeri Haid Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Tanda dan Gejala Nyeri haid Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Nyeri Haid Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Tanda dan Gejala Nyeri haid Menurut Ilmu Kedokteran - Sudah tahukah anda apa itu nyeri haid? Nyeri haid atau yang disebut dismenorea ini merupakan sebuah otot yang di rasakan pada perut bagian bawah yang muncul sebelum maupun saat mengalami menstruasi. Nyeri yang di rasakan ini juga seringkali cukup parah dan menyebar bahkan hingga ke punggung dan paha, sehingga nantinya juga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Adapun rasa nyeri ini juga dapat berlangsung selama dua sampai tiga hari. Tidak sedikit perempuan yang tengah mengalami mentruasi biasanya atau bahkan selalu di iringi dengan sakit perut.
http://www.pusatmedik.org/2017/07/nyeri-haid-definisi-penyebab-dan-pengobatan-serta-tanda-dan-gejala-nyeri-haid-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Nyeri Haid Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Tanda dan Gejala Nyeri haid Menurut Ilmu Kedokteran
Rasa khawatir dan juga takut jangan-jangan itu mempengaruhi kesuburan juga seringkali menjadi hal yang sering menjadi momok. Lalu, apa sih sebetulnya yang menjadi penyebab sakit perut saat haid dan bagaimana cara mengatasi nyeri saat haid? Pastinya kita semua tahu bila menstruasi merupakan kejadian bulanan yang lazim pada wanita, yang mana lapisan rahim atau uterus akan terkelupas dengan cara periodik, yang selanjutnya di buang melalui lubang kecil jalan lahir sebagai darah mens. Sakit perut pada saat haid, baik berupa nyeri maupun kram serta ketidaknyamanan menjadi hal yang banyak di alami oleh para kaum hawa, sebagian besar juga kondisi yang sangat normal. Akan tetapi, rasa sakit yang berlebih hingga anda tidak dapat masuk kerja maupun sekolah maka dapat di katakan itu bukan kondisi yang biasa.

Nyeri Haid Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Tanda dan Gejala Nyeri haid Menurut Ilmu Kedokteran


Definisi
Nyeri haid atau yang disebut dismenorea ini merupakan sebuah kram otot yang di rasakan di perut bagian bawah yang muncul sebelum maupun saat mengalami menstruasi. Adapun nyeri haid ini juga berbeda dengan sindrom pramenstruasi atau yang disebut dengan PMS. Akan tetapi gejala dari kedua kondisi ini juga dapat di anggap sebagai proses yang saling berkaitan. Kondisi ini nantinya juga akan membaik seiring dengan bertambahnya usia serta setelah wanita mempunyai anak.

Penyebab
Nyeri haid ini di karenakan oleh dinding otot rahim yang berkontraksi sehingga nantinya menekan pembuluh darah yang ada di sekitarnya. Akibatnya, pasokan oksigen ke dalam rahim ini terhambat dan memicu timbulnya rasa nyeri di bagian bawah perut. Adapun sembilan dari sepuluh wanita juga akan mengalami nyeri haid dan rasa tidak nyaman pada saat mengalami menstruasi. Kondisi ini juga sangat umum terjadi. Sebab rasa sakit atau nyeri yang muncul mempunyai pengaruh berbeda pada tiap wanita.

Gambaran klinik
Memang bagi banyak wanita, nyeri ini awalanya di mulai sesaat sebelum maupun pada saat periode menstruasi tengah berlangsung. Dan puncaknya ialah usai 24 jam dan akan mereda usai  2 sampai 3 hari. Meski bagi kebanyakan wanita yang mengalami nyeri haid ringan pada menstruasi hari pertama maupun kedua tergolong normal. Akan tetapi sekitar 10% wanita mengalami sakit yang parah. Ada dua tipe maupun jenis dismenore yakni primer dan juga skunder, di kelompokkan berdasar penyebab nyeri haid yang mendasarinya.
  1. Dismenore Primer atau yang disebut Primary Dysmenorrhea
    ini adalah sebuah nyeri haid yang tidak di karenakan oleh gangguan ginekologi atau alat reproduksi wanita namun itu merupakan proses normal menstruasi itu sendiri.
    Dismenore primer ini juga merupakan jenis nyeri haid yang paling banyak, yang mempengaruhi lebih dari 50% wanita. Dismenore primer ini juga lebih mungkin di alami oleh anak wanita selama masa remaja.
  2. Dismenore Skunder atau Scondary Dysmenorrhea
    yang merupakan nyeri haid yang umumnya terkait dengan beberapa jenis gangguan ginekologi. Memang sebagian besar gangguan ini bisa dengan mudah di obati dengan obat nyeri haid maupun bahkan operasi. Dismenore sekunder ini juga lebih mungkin di alami oleh wanita semasa masa dewasa.

Diagnosis
  1. Adapun di agnosis dari nyeri haid ini biasanya di rasakan sewaktu anda mengalami haid di awal waktu haid pertama.
  2. Nyeri haid ini biasanya juga akan di rasakan 2 sampai 3 hari awal menstruasi atau haid setiap bulan.

Penatalaksanaan
Apabila perawatan di rumah tidak berhasil dalam mengurangi nyeri haid, maka ada beberapa pilihan pengobatan medis yang nantinya bisa di lakukan. Pengobatan akan tergantung pada tingkat keparahan dan juga penyebab kram perut yang terjadi. Apabila nantinya rasa sakit ini di karenakan oleh PID maupun IMS, maka ini memang harus di obati dengan cara medis. Dokter nantinya juga akan meresepkan antibiotik untuk membersihkan infeksi. Selanjutnya dokter juga akan meresepkan obat penghilang rasa sakit atau analgetik.

Adapun beberapa obat nyeri haid yang sering di pakai ini antara lain termasuk obat anti inflamasi atau non steroid atau NSAID yang merupakan Antidepresan Antispasmodik misalnya hyosin Antibiotik bila penyebabnya infeksi. Memang seringkali dokter menyarankan supaya anda mencoba KB hormonal. KB hormonal ini tersedia dalam bentuk pil, susuk maupun implan serta injeksi. Lalu bagaimana KB hormonal dapat mengatasi sakit perut saat haid? Sebab KB hormonal ini nantinya juga akan mencegah ovulasi.

Dan jika nyeri haid ini di karenakan oleh endometriosis maupun uterine fibroid dan saat pilihan pengobatan tidak berhasil, maka akan di butuhkan prosedur bedah maupun operasi. Bahkan dalam kasus yang sangat langka, histerektomi atau operasi pengangkatan rahim seluruhnya juga merupakan pilihan bila pengobatan lain tidak bekerja dan juga sakit perut saat haid atau dismenore  begitu  parah.

Itulah sedikit informasi terkait Nyeri Haid Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Tanda dan Gejala Nyeri haid Menurut Ilmu Kedokteran, semoga bermanfaat untuk anda semua.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai