Senin, 10 Juli 2017

Obesitas Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Tanda Gejala Obesitas Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Obesitas Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Tanda Gejala Obesitas Menurut Ilmu Kedokteran - Apakah anda tahu apa itu obesitas? Obesitas atau yang dalam kebanyakan masyarakat disebut dengan kegemukan ini ialah suatu keadaan di mana tubuh mengalami kenaikan berat badan secara drastis.  Obesitas ini juga merupakan sebuah kondisi kronis pada tubuh yang mana terjadinya penumpukan lemak yang berlebih yang berada di dalam tubuh, melebihi batas yang baik bagi kesehatan.
http://www.pusatmedik.org/2017/07/obesitas-definisi-penyebab-dan-pengobatan-serta-tanda-gejala-obesitas-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Obesitas Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Tanda Gejala Obesitas Menurut Ilmu Kedokteran
Kegemukan ini memang tidak hanya berdampak pada penampilan fisik para penderitanya, akan tetapi juga meningkatkan risiko dalam kondisi kesehatan yang lain seperti penyakit jantung, diabetes dan juga Penyebab darah tinggi. Obesitas dan berat badan berlebih atau overweight ini adalah dua konsep yang berbeda. Overweight merupakan sebuah kondisi di mana terdapat kenaikan berat badan berlebih. Akan tetapi pun demikian, kenaikan berat badan tidak hanya di karenakan oleh lemak yang berlebih, namun bisa juga di karenakan massa otot maupun cairan dalam tubuh. Kondisi-kondisi tersebut juga bisa memberikan dampak berbahaya pada kesehatan. 

Obesitas Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Tanda Gejala Obesitas Menurut Ilmu Kedokteran


Definisi
Obesitas adalah sebuah kedaan dimana penumpukan lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh sehingga menjadikan berat badan ada di luar batas ideal. Memang sejumlah komplikasi juga bisa timbul akibat obesitas, bahkan beberapa di antaranya juga bisa membahayakan nyawa. Beberapa contoh komplikasi yang lumayan serius tersebut di antaranya ialah penyakit stroke, penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, kanker usus dan juga kanker payudara.

Selain mengarah pada sejumlah masalah kesehatan fisik, obesitas ini juga bisa mengakibatkan masalah psikologis misalnya seperti stress dan juga depresi. Masalah psikologis ini muncul sebab biasanya berawal dari rasa tidak percaya diri para penderita obesitas yang mengalami perubahan bentuk badan secara drastis.

Penyebab 

Obesitas bisa terjadi saat kita sering konsumsi makanan yang di dalamnya mengandung kalori yang sangat tinggi. Sebetulnya konsumsi makanan berkalori tinggi ini tidak selalu menjadi masalah asal sesuai dengan aktivitas yang nantinya akan di lakukan setiap harinya.

Akan tetapi bila kita lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk dan juga tidak di imbangi oleh aktif berolahraga, maka sisa energi dari hasil pembakaran kalori ini nantinya akan di simpan di tubuh dalam bentuk lemak. Lambat laun, maka penumpukan lemak ini nantinya juga akan bertambah dan menjadikan tubuh terlihat membesar atau gendut.

Selain karena makanan tinggi kalori dan juga kurangnya melakukan olahraga, obesitas ini juga bisa terjadi sebab beberapa hal berikut ini :
  1. Faktor keturunan atau genetik
  2. Efek samping menggunakan obat-obatan (antidepresan, kortikosteroid, obat antiepilepsi dan juga diabetes)
  3. Komplikasi dari penyakit tertentu (sindrom Cushing dan juga hipotiroidisme)

Gambaran klinik
Semua orang memang bisa  mengalami kegemukan bila tidak serta merta menjaga pola makan dan juga melakukan olahraga yang cukup. Maka dari itu, and ajuga bisa menjaga diri dari obesitas dengan cara mengurangi faktor-faktor risiko. Selain itu, anda jugabisa mengukur berat badan anda apakah termasuk kedalam obesitas atau tidak dengan menggunakan BMI.

Indeks berat badan atau BMI ini merupakan sebuah cara untuk mengetahui apakah seseorang mengalami obesitas, berat badan lebih maupun tidak.
Adapun rumus dari perhitungan BMI ini ialah sebagai berikut :

BMI = berat badan (kg) / (tinggi (m) x tinggi (m))

Dan bagi orang dengan BMI lebih besar dari 25 bisa di kategorikan sebagai overweight, pada 30 maupun lebih termasuk ke dalam obesitas, dan untuk 40 ke atas adalah tingkat obesitas yang sangat serius. Namun BMI ini tidak bisa di jadikan acuan mandiri untuk mengukur kadar lemak dalam tubuh.

Seperti halnya BMI dari para atlet yang melakukan bodybuilding tertentu jugabisa di kategorikan sebagai obesitas sebab otot-otot mereka berkembang dengan berlebihan untuk terlihat besar dan kuat, Jadi, selalu berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui detail tentang tingkat kegemukan anda semua.

Diagnosis 

Dan untuk mendiagnosis obesitas, maka dokter akan memeriksa kondisi fisik dan pastinya bertanya tentang riwayat penyakit, pola makan serta kebiasaan berolahraga. Selanjutnya dokter juga akan menyarankan dua metode untuk mengukur tingkat risiko kesehatan yang berkaitan erat dengan berat badan anda. Selain itu, mengukur lingkar pinggang juga merupakan cara lain untuk mengukur kadar lemak yang beradadi dalam tubuh anda.

Penatalaksanaan
Obesitas memang bisa di tangani sendiri dengan disiplin menerapkan pola makan sehat, misalnya dengan konsumsi makanan rendah lemak dan gula, serta melakukan olahraga dengan rutin dan hidup sehat. Olahraga yang dimaksud ini juga tidak perlu berat sebab aktivitas berjalan pagi, bersepeda, bermain bulu tangkis maupun berenang juga sudah cukup asal di lakukan dengan cara yang rutin.

Selain itu, penanganan dari dokter juga bisa di berikan bila obesitas tidak berhasil diatasi walaupun sudah disiplin dalam berolahraga dan menjalankan pola makan sehat. Adapun sedikit contoh penaganan dari dokter ialah pemberian obat yang bisa menurunkan penyerapan lemak dalam saluran pencernaan.

Namun pada beberapa kasus, obesitas akan ditangani dengan operasi. Operasi ini biasanya hanya di lakukan bila tingkatan obesitas dinilai sangat parah sehingga dikhawatirkan nantinya bisa mengancam nyawa penderita. Tindakan operasi juga di pertimbangkan bila usaha menurunkan berat badan yang sudah dilakukan tidak membuahkan hasil.

Namun yang perlu selalu di ingat ialah bahwa penurunan berat badan yang di lakukan dengan usaha sendiri memerlukan waktu yang tidak sebentar. Maka dari itu, sangat di perlukan kesabaran demi mencapai hasil yang diinginkan dan juga komitmen untuk mempertahankannya dalam jangka yang sangat panjang.

Demikian sedikit informasi terkait Obesitas Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Tanda Gejala Obesitas Menurut Ilmu Kedokteran, semoga bermanfaat untuk anda semua.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai