Senin, 10 Juli 2017

Sakit Maag Definisi Penyebab Dan Gejala Klinis Serta Pengobatan Sakit Maag Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Sakit Maag Definisi Penyebab Dan Gejala Klinis Serta Pengobatan Sakit Maag Menurut Ilmu Kedokteran - Tahukah anda semua apa itu sakit maag? Ya, sakit maag atau yang dalam bahasa medis disebut dengan gastritis ini merupakan peradangan atau iritasi yang terjadi di dalam lapisan lambung atau gaster. Sakit maag ini juga dapat di karenakan oleh banyak hal, di antaranya ialah sebab luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung atau tukak lambung, karena infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping pemakaian obat antiinflamasi nonsteroid atau OAINS dan juga stres.
http://www.pusatmedik.org/2017/07/sakit-maag-definisi-penyebab-dan-gejala-klinis-serta-pengobatan-sakit-maag-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Sakit Maag Definisi Penyebab Dan Gejala Klinis Serta Pengobatan Sakit Maag Menurut Ilmu Kedokteran
Walaupun sebagian besar sakit maag ini dapat di tangani tanpa perlu konsultasi pada dokter, akan tetapi pemeriksaan dokter medis juga tetap perlu di lakukan bila sakit maag ini di sertai dengan anda menjadi seringkali muntah, sulit menelan bahkan mengalami penurunan berat badan. Memang sakit maag ini merupakan salah satu jenis penyakit yang umum berada di Indonesia. Menurut data yang dilakukan pada beberapa pusat endoskopi di Indonesia ternyata ada sekitar 7000 kasus maag dengan 86,4 persen dari jumlah tersebut adalah dispepsia fungsional. Yang mana dispepsia fungsional ini ialah suatu kondisi sakit maag yang tidak diketahui penyebab asal mulanya. 

Sakit Maag Definisi Penyebab Dan Gejala Klinis Serta Pengobatan Sakit Maag Menurut Ilmu Kedokteran


Definisi
Sakit Maag atau yang di sebut radang lambung atau tukak lambung ini merupakan sebuah gejala penyakit yang menyerang lambung yang di sebabkan karena terjadinya luka maupun peradangan di lambung yang mengakibatkan sakit, mulas serta perih pada bagian perut.

Penyebab
Penyebabnya sakit maag ini juga sangat beragam sekali. Adapun penyebab utama yang paling umum ialah sebab penderitanya makan secara tidak teratur, adanya mikroorganisme yang merugikan, konsumsi obat-obatan tertentu maupun karena sebab yang lain seperti konsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan bahkan stress juga memicu seseorang untuk terkena sakit maag.
 

Sakit maag ini juga dapat terjadi jika si penderita ini telat makan, selanjutnya pada waktu makan si penderita maag ini nantinya makan dengan porsi yang terlalu banyak. Dan untuk penderita maag yang sudah parah, maka penyakit maag tersebut juga sangat berbahaya sekali dan bisa mengakibatkan kematian.

Gambaran klinik
Secara garis besar, sakit maag ini juga terbagi atas 2 jenis diantaranya ialah :

  1. Gastritis Akut
    Pertama penyakit maag akut merupakan inflamasi atau reaksi tubuh pada  mikroorganisme dan juga benda asing yang di tandai oleh panas, bengkak, nyeri serta gangguan fungsi organ tubuh akut dari lambung, dan biasanya terbatas hanya pada muklosa. Adapun penyakit maag akut ini bisa terjadi tanpa di ketahui secara pasti penyebabnya.
  2. Gastritits Kronis
    Lambung para penderita penyakit maag kronis ini mungkin mengalami inflamasi atau reaksi tubuh pada mikroorganisme dan juga benda asing yang di tandai oleh panas, bengkak, nyeri serta gangguan fungsi organ tubuh atau kronis dari tipe gangguan tertentu yang mana mengakibatkan gastritis dari tipe yang spesifik yakni gastritis kronisa.
Dan untuk jenis sakit maag yang dilihat berdasarkan tingkat keparahan ini di bedakan antara lain ialah :

  1. Maag ringan
    Pertama ialah maag ringan yang masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah ada pada tahap ini. Dan apabila di lakukan pemeriksaan maka akan terlihat asam lambung berlebih pada bagian dinding.
  2. Maag sedang
    Adapun maag pada tahap ini ialah jenis sakit maag yang sudah mengakibatkan nyeri, sakit dan juga mual yang sangat menyakitkan.
  3. Maag kronis
    Maag kronis ini merupakan jenis maag yang sudah parah yang intensitasnya di banding dengan sakit maag biasa.
  4. Kanker lambung
    Kanker lambung ini terjadi akibat mikroorganisme yang sangat merugikan yakni Helycobacter pylori.

Diagnosis
Sebagian besar kasus sakit maag ini memang tidak memerlukan pemeriksaan dokter, akan tetapi anda bisa menemui dokter apabila sakit maag anda seringkali kumat dan anda dengan cirri cirri berikut ini :

  1. Sudah berumur 55 tahun ke atas
  2. Seringkali  muntah
  3. Mengalami gangguan disfagia atau sulit menelan
  4. Mengalami penurunan berat badan tanpa adanya sebab yang jelas
  5. Mengeluarkan muntah maupun tinja yang di sertai darah
Selain itu, pemeriksaan dokter ini juga sangat perlu di lakukan para penderita sakit maag persisten yang sedang menderita anemia defisiensi zat besi maupun sakit maag persisten tersebut mengakibatkan timbulnya benjolan yang ada di area sekitar lambung.

Penatalaksanaan
Sakit maag ini memang bisa saja di alami oleh siapa pun mulai dari usia muda bahkan hingga usia tua sekalipun. Dan apabila penyakit ini tidak di obati dengan segera maka nantinya akan berbahaya untuk para penderitanya. Mengatasi sakit maag memang bisa di lakukan dengan berbagai macam cara mulai dari memakai bahan alami serta konsumsi obat maag dari dokter.
 

Sakit maag juga datang pada saat penderita tidak tepat waktu makan. Beberapa obat maag banyak di jadikan sebagai pereda maag, tapi inti dari obat ini ialah untuk membantu menetralisir asam lambung sehingga nantinya tidak terjadi penumpukan asam lambung yang ada di dalam dinding lambung. Beberapa obat yang sering di jadikan untuk sakit maag antara lain ialah :
  1. Simetidin
  2. Antasida
  3. Proton pump inhibitor
  4. Pankreatin
  5. Ranitidin
  6. Cytoprotective Agent
Janganlah membiarkan penyakit ini terlalu lama menempel di dalam organ tubuh, yang mana nantinya juga dapat menyebabkan kanker lambung, kanker pencernaan, masuk angin serta mudah sembelit, pendarahan bahkan menurunnya imun tubuh dan terjangkit penyakit hepatitis A.

Demikian sedikit informasi terkait Sakit Maag Definisi Penyebab Dan Gejala Klinis Serta Pengobatan Sakit Maag Menurut Ilmu Kedokteran, semoga bermanfaat untuk anda semua. 

Baca Juga:
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai