Senin, 07 Agustus 2017

Kanker Payudara Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Tanda Gejala Penyakit Kanker payudara Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Kanker Payudara Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Tanda Gejala Penyakit Kanker payudara Menurut Ilmu Kedokteran – Ingin tahukah anda mengenai informasi tentang penyakit kanker payudara? Kanker payudara merupakan suatu penyakit kanker yang disebabkan oleh adanya tumbuh dan berkembang biaknya sel-sel secara tidak normal dalam tubuh, terutama pada bagian payudara.
http://www.pusatmedik.org/2017/07/kanker-payudara-definisi-penyebab-dan-pengobatan-serta-tanda-gejala-penyakit-kanker-payudara-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Kanker Payudara Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Tanda Gejala Penyakit Kanker payudara Menurut Ilmu Kedokteran
Adanya sel kanker pada payudara dapat diobati apabila belum menyebar ke bagian tubuh lain dan terdeteksi di stadium awal. Gejala awalnya adalah ditemukannya benjolan atau penebalan jaringan kulit di payudara. Untuk informasi lebih lengkapnya, simaklah uraiannya di bawah ini.


Kanker Payudara Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Tanda Gejala Penyakit Kanker payudara Menurut Ilmu Kedokteran


Definisi
Kanker payudara adalah penyakit kanker yang terjadi pada bagian payudara. Penyakit ini cenderung menyerang wanita, namun pria juga memiliki resiko terserang kanker payudara meskipun jarang ditemukan kasusnya.

Penyebab
Penyebab terkena kanker payudara belum diketahui secara pasti, sebab secara medis masih sulit  memastikan penyebabnya dikarenakan setiap penderita yang terkena kanker payudara memiliki penyebab yang berbeda. Namun, telah diketahui beberapa faktor yang dapat memengaruhi tingkat risiko terkena kanker payudara, yaitu: 
  1. Pernah memiliki benjolan tertentu yang dapat meningkatkan resiko perubahan sel yang mengakibatkan kanker. 
  2. Pengaruh genetika dan adanya riwayat kesehatan keluarga yang pernah menderita kanker.
  3. Faktor usia resiko kanker akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. 
  4. Resiko terkena paparan radiasi.
  5. Resiko terkena paparan estrogen dalam tubuh, seperti misalnya jika tidak memiliki keturunan atau karena melahirkan di usia lanjut, dan jika mengalami masa menstruasi yang lama.
  6. Pengaruh dari terapi penggantian hormon.
  7. Pengaruh kelebihan berat badan atau obesitas karena peningkatan produksi estrogen dalam tubuh seiring bertambahnya berat badan sehingga resiko kanker payudara akan meningkat.
  8. Banyak mengkonsumsi minuman keras.


Gambaran klinik
1. Indikasi pertama dari adanya penyakit kanker payudara adalah ditemukannya benjolan atau kulit yang menebal di payudara. Lalu, mengalami rasa sakit pada payudara atau ketiak yang tidak ada hubungannya dengan siklus menstruasi. Indikasi lainnnya, yaitu:
  1. keluarnya cairan dari puting yang disertai darah, 
  2. adanya perubahan ukuran pada salah satu atau kedua payudara, 
  3. adanya perubahan bentuk puting, 
  4. kulit payudara yang mengerut,
  5. gatal-gatal dan muncul ruam di sekitar putting, 
  6. serta, muncul benjolan atau pembengkakan di bagian dalam ketiak. 

2. Bila terihat tanda-tanda dan gejala di atas perlu untuk diwaspadai dan diperiksakan langsung ke dokter.
3. Pada umumnya kanker payudara terbagi dalam dua kategori, yaitu;
  1. Kanker payudara invasive:
    kanker payudara yang berkembang pada sel-sel pembentuk saluran payudara. Kanker ini juga dapat menyebar di luar payudara pada bagian lain tubuh. Jenis kanker payudara invasif lain
    yaitu kanker payudara lobular invasif yang berkembang pada kelenjar penghasil susu yang disebut lobules, kanker payudara terinflamasi, dan kanker paget pada payudara. Penyebaran  sel kankernya biasanya melalui kelenjar getah bening atau aliran darah.
  2. Kanker payudara non-invasif:
    bentuk kankernya ditemukan melalui mamografi karena tanda penyakitnya jarang menimbulkan benjolan. Jenis kanker payudara ini memiliki sifat jinak dan ditemukan dalam saluran duktus payudara dan belum menyebar.

4. Stadium Kanker Payudara ada lima jenis yang menjelaskan ukuran kanker dan tingkat penyebarannya. Kanker payudara kategori duktal non-invasif digambarkan sebagai kanker Stadium 0. Sedangkan, stadium lainnya menjelaskan perkembangan kanker payudara kategori invasif. Dokter biasanya akan menentukan stadium pada kanker setelah pasien didiagnosis positif terkena kanker. 
  1. Stadium 1:
    ukuran kankernya kurang dari 2 cm dan tidak menyebar ke kelenjar getah bening ke bagian lain tubuh.
  2. Stadium 2:
    ukuran kankernya 2-5 cm atau tidak ada penyebaran ke kelenjar getah bening  di bagian tubuh lainnya. 
  3. Stadium 3:
    ukurannya 2-5 cm dan menempel pada kulit atau jaringan di sekitar payudara, sudah menginfeksi kelenjar getah bening di ketiak. 
  4. Stadium 4:
    kanker dengan segala ukuran dan sudah menyebar ke bagian di tubuh lain (metastasis).


Diagnosis
  1. Pada umumnya, kanker payudara didiagnosis melalui pemeriksaan rutin atau ketika penderitanya menyadari gejala-gejala tertentu. Jika menemukan benjolan pada payudara, dokter akan menganjurkan beberapa prosedur untuk memastikannya, diantaranya; pemeriksaan mamografi (untuk mendeteksi adanya sel kanker)
    USG (untuk memastikan benjolannya berbentuk padat atau mengandung cairan), dan Biopsi (proses pengambilan sampel sel-sel payudara dengan mengujinya di laboratorium untuk diteliti guna mengetahui jenis sel payudara yang terkena kanker, keganasannya serta reaksinya terhadap hormon).
  2. Saat didiagnosis positif mengidap kanker, pemeriksaan lebih lanjut dilakukan untuk mengetahui stadium dan tingkat penyebaran kankernya. Prosedur yang diakukan, yaitu: MRI dan CT scan, Rontgen dada, Pemeriksaan tulang, dan Biopsi kelenjar getah bening (noda limfa) di ketiak. 


Penatalaksanaan
Bila positif terkena kanker payudara, metode penangganannya dapat dilakukan dengan kombinasi operasi, kemoterapi, radioterapi , dan untuk beberapa kasus dapat ditangani melalui terapi biologis atau hormon. 
  1. Faktor-faktor yang jadi pertimbangan dokter sebelum memutuskan pengobatan yang terbaik, yaitu diihat dahuu dari stadium serta tingkat perkembangan kanker yang diderita, kondisi kesehatan menyeluruh dari penderita, dan masa menopause-nya.
  2. Jenis pengobatan yang akan dilakukan pun berbeda dengan tujuan untuk meringankan beban bagi penderitanya.
  3. Jenis penanganan kanker payudara yang pertama adalah dengan jalan operasi.
  4. Jenis operasinya bervariasi tergantung dari jenis kanker payudara yang diderita. Operasi yang dilakukan bisa dengan jalan hanya mengangkat tumornya ataupun mengangkat payudara secara menyeluruh atau disebut dengan mastektomi. 


Itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Kanker Payudara Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Tanda Gejala Penyakit Kanker payudara Menurut Ilmu Kedokteran. Semoga dapat  bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai