Senin, 09 Oktober 2017

Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Tanda Gejala Sakit Gigi Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Tanda Gejala Sakit Gigi Menurut Ilmu Kedokteran -  Apakah anda salah satu dari sekian banyaknya orang yang pernah menderita sakit gigi? Ya, sakit gigi ini merupakan sebuah kondisi dimana gigi sakit yang amat sangat baik dikarenakan gusi atau yang lainnya. Saat terjadi sakit gigi, maka daerah rahang yang berdekatan dengan gigi yang terinfeksi juga akan ikut terasa nyeri dan teraba lunak.
http://www.pusatmedik.org/2017/10/definisi-penyebab-dan-pengobatan-serta-tanda-gejala-sakit-gigi-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image : Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Tanda Gejala Sakit Gigi Menurut Ilmu Kedokteran
Kadang-kadang sumber nyeri ini juga sangat sulit untuk di bedakan. Seperti contoh ialah nyeri yang seperti berasal dari telinga pada kasus infeksi geraham bawah dan juga nyeri yang seperti berasal dari saluran sinus atau rongga udara di belakang tulang pipi dan juga dahi pada kasus infeksi geraham atas.


Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Tanda Gejala Sakit Gigi Menurut Ilmu Kedokteran


Definisi 
Sakit gigi merupakan sebuah kondisi saat muncul rasa nyeri di dalam maupun di sekitar gigi dan juga rahang. Adapun tingkat keparahan nyeri tersebut juga sangat bervariasi, mulai dari ringan bahkan sampai yang parah. Nyeri sakit gigi dapat terasa dengan terus-menerus sepanjang hari maupun bisa muncul dan hilang dengan cara berulang tanpa menentu. Sering kali nyeri sakit gigi ini akan terasa memburuk saat para penderita makan maupun minum utamanya makanan atau minuman yang panas maupun dingin dan pada saat penderita berbaring di malam hari.

Penyebab 
Di dalam gigi memang terdapat pulpa gigi. Pulpa gigi ini adalah sebuah lapisan terdalam dari struktur gigi yang terdiri atas pembuluh darah dan juga saraf sensitif. Sakit gigi terjadi saat pulpa mengalami peradangan. Adapun penyebab radang ini juga bermacam-macam, di antaranya ialah :
  1. Pembusukan gigi atau kondisi ini seringkali di sebabkan oleh permukaan gigi yang berlubang.
  2. Penumpukan nanah yang ada di dasar gigi sebab infeksi bakteri.
  3. Penyusutan gusi.
  4. Gigi yang retak.
  5. Tambalan yang rusak pada gigi yang pernah di tambal.


Selain radang pulpa gigi, ada pula sejumlah kondisi lain yang dapat mengakibatkan gejala nyeri yang menyerupai sakit gigi, di antaranya ialah :
  1. Sinusitis.
  2. Abses periodontal.
  3. Cedera yang terjadi di sendi temporomandibular atau sendi yang mengaitkan antara rahang dengan tengkorak kepala.
  4. Pembengkakan gusi maupun gusi pecah akibat gigi yang tumbuh.
  5. Tukak gusi.
  6. Tumbuh gigi yang seringkali di alami oleh bayi dan juga anak-anak.


Gambaran klinik
Sakit gigi adalah nyeri yang dirasakan di dalam maupun di sekitar gigi yang terasa saat saraf di gigi sudah teriritasi. Sakit gigi ini juga bisa di karenakan kerusakan maupun kebusukan gigi, infeksi gigi oleh bakteri, fraktur gigi, kerusakan tambalan gigi serta pergerakan berulang maupun infeksi gusi. Adapun beberapa gejala sakit gigi ini meliputi antara lain ialah sebagai berikut :
  1. Nyeri gigi yang sangat terasa tajam sekali, berdenyut maupun konstan atau terus menerus. Di beberapa orang, nyeri sangat terasa utamanya saat di berikan penekanan maupun berkontak dengan makanan maupun minuman panas atau dingin.
    Apabila rasa nyeri tetap terasa lebih dari 15 detik setelah tekanan maupun kontak dengan panas dan juga dingin, maka kerusakan yang terjadi ini mungkin cukup serius. Rasa nyeri juga bisa menjalar ke pipi, telinga, dan bahkan ke rahang.
  2. Bengkak di area gigi, bahkan sampai pipi dan juga pada rahang
  3. Demam yang disertai dengan nyeri kepala
  4. Keluarnya darah maupun nanah dari gigi yang telah terinfeksi


Diagnosis
Dokter nantinya akan menanyakan terlebih dahulu terkait gejala-gejala yang di alami, seperti :
  1. Di mana letak nyeri?
  2. Seberapa parahkah nyeri yang anda rasakan?
  3. Kapankah nyeri tersebut seringkali muncul?
  4. Apa yang menjadikan nyeri memburuk?


Pemeriksaan fisik ini juga sangat penting sekali di lakukan. Dalam hal ini dokter juga akan memeriksa kondisi gigi, lidah, gusi, sinus, rahang, hidung, tenggorokan dan juga leher. Apabila memang diperlukan, pemeriksaan dengan X-ray juga akan di lakukan. Selain menanyakan soal gejala, dokter juga seringkali akan meninjau riwayat kesehatan anda semua.

Penatalaksanaan
Saat gigi ini memang terasa sangat nyeri, hal yang paling penting di lakukan ialah dengan segera memeriksakan diri ke dokter gigi untuk mencari penyebab sakit gigi. Dokter gigi nantinya juga akan member obat anti nyeri dan bila di temukan adanya infeksi, maka dokter gigi juga akan member obat tambahan yang berupa antibiotik.

Dalam beberapa kondisi gigi juga membutuhkan tindakan, seperti penambalan gigi, penyuntikan bius lokal untuk mengurangi nyeri yang hebat atau pencabutan gigi. Untuk penanganan sementara di rumah, maka seseorang bisa memakai obat-obatan anti nyeri yang di jual bebas di toko misalnya seperti paracetamol maupun ibuprofen.

Dan untuk mencegah mencegah terjadinya sakit gigi, maka seseorang bisa menjaga higienitas mulutnya dengan menyikat gigi dengan pasta gigi yang di dalamnya mengandung fluoride. Biasakan pula untuk menyikat bagian gusi dan lidah. Lakukan pembersihan sela-sela gigi dengan floss satu kali dalam sehari.

Kurangi makanan yang di dalamnya mengandung gula maupun konsumsi makanan tersebut hanya bila ada jamuan maupun waktu sarapan pagi. Periksakan gigi ke dokter gigi 2 kali dalam satu tahun. Dan yang paling penting ialah jangan merokok, sebab dengan merokok maka bisa merusak permukaan gigi anda.

Itulah sedikit informasi yang dapat di sampaikan terkait Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Tanda Gejala Sakit Gigi Menurut Ilmu Kedokteran, semoga bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan untuk anda semua para pembaca.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai