Senin, 09 Oktober 2017

Definisi Penyebab Dan Tanda Gejala Serta Pengobatan Hipotermia Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Definisi Penyebab Dan Tanda Gejala Serta Pengobatan Hipotermia Menurut Ilmu Kedokteran - Apakah anda salah satu dari kian banyaknya orang yang sudah pernah menonton film Titanic? Apabila iya, apakah anda ingat sebuah adegan tokoh pria yang di perankan oleh Leonardo Di Caprio yang meninggal pacsa kedinginan di laut yang bersuhu dingin? Dalam peristiwa nyata tenggelamnya kapal ini, memang ada banyak sekali korban yang meninggal karena kedinginan. Hal ini di karenakan mereka harus berenang di laut yang suhunya mencapai hingga minus 2 derajat celsius, kondisi ini ialah di sebut dengan hipotermia.
http://www.pusatmedik.org/2017/10/definisi-penyebab-dan-tanda-gejala-serta-pengobatan-hipotermia-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Definisi Penyebab Dan Tanda Gejala Serta Pengobatan Hipotermia Menurut Ilmu Kedokteran
Hipotermia ini juga termasuk kondisi kesehatan yang memerlukan penanganan medis darurat. Keadaan ini juga terjadi saat temperatur tubuh menurun drastis berada di bawah suhu normal yang di perlukan oleh metabolisme dan juga fungsi tubuh yakni di bawah 35°C. Hipotermia juga bisa mengakibatkan kegagalan sistem pernafasan dan juga sistem sirkulasi jantung yang pada akhirnya mengakibatkan kematian.


Definisi Penyebab Dan Tanda Gejala Serta Pengobatan Hipotermia Menurut Ilmu Kedokteran


Definisi Hipotermia
Hipotermia merupakan suatu kondisi darurat medis yang mana tubuh tidak sanggup mengembalikan suhu panas tubuh sebab suhunya terlalu cepat turun. Kondisi ini juga menjadikan suhu tubuh anda semua mencapai suhu yang sangat rendah di bawah 35°C. Saat suhu tubuh anda menurun terlalu rendah, Maka otomatis jantung, sistem saraf serta organ tubuh lain tidak bisa bekerja dengan cara optimal. Danapabila tidak segera ditolong, maka hipotermia ini data mengakibatkan kegagalan total pada fungsi jantung dan juga sistem pernapasan dan akhirnya mengarah menuju kematian.

Penyebab Hipotermia
Penyebab dari hipotermia ini ialah cuaca atau air yang sangat dingin. Akan tetapi bila terlalu lama ada dalam lingkungan maupun ruangan apapun yang lebih dingin daripada suhu tubuh anda maka bisa jadi ini juga merupakan penyebab utamanya. Khususnya jika anda tidak menggunakan pakaian yang dapat menghangatkan tubuh maupun saat anda tidak dapat mengatur suhu di ruangan tersebut.

Gambaran klinik
Berdasar pada tingkat kecepatan hilangnya panas yang ada di dalam tubuh, hipotermia ini bisa di bedakan menjadi antara lain ialah :
  1. Hipotermia akut maupun imersiKondisi ini terjadi jika seseorang kehilangan panas tubuh dengan cara mendadak dan sangat cepat sekali misalnya pada  saat seseorang jatuh ke kolam yang sangat dingin sekali.
  2. Hipotermia sebab kelelahan
    Pada kondisi yang terlalu lemah, maka sudah pasti tubuh tidak akan mampu menghasilkan panas, sehingga nantinya orang tersebut akan jatuh pada kondisi hipotermia.
  3. Hipotermia kronisJenis hipotermia ini terjadi jika panas tubuh menghilang dengan cara perlahan. Kondisi ini juga sangat umum terjadi pada lansia yang tinggal di ruangan dengan kehangatan yang kurang maupun pada tunawisma yang tidur berada di luar ruangan.


Faktor Risiko Hipotermia
Hipotermia juga bisa terjadi pada siapa saja, akan tetapi ada sejumlah faktor yang berpotensi untuk meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi ini. Beberapa faktor-faktor tersebut meliputi antara lain ialah :
  1. Usia – bayi dan juga manula
    Kemampuan untuk mengendalikan temperatur tubuh yang belum berkembang dengan sangat sempurna pada bayi dan yang menurun pada manula. Anak-anak biasanya seringkali mengabaikan udara dingin sebab terlalu asyik bermain.
  2. Minuman keras dan juga obat-obatan terlarang
    Alkohol dan obat terlarang memang bisa melebarkan pembuluh darah sehingga nantinya akan mempercepat dan juga bisa meningkatkan pelepasan panas tubuh dari permukaan kulit. Kondisi mabuk maupun teler juga bisa menjadikan seseorang tidak menyadari situasi dan cuaca dingin yang berada di sekitarnya.
  3. Penyakit yang memengaruhi memori seperti Alzheimer
    Pengidap penyakit ini seringkali tidak sadar bila mereka sedang kedinginan maupun tidak paham apa yang harus dilakukan.
  4. Pengaruh penyakit tertentu
    memang ada beberapa penyakit yang bisa memengaruhi mekanisme pengendali suhu tubuh seperti anoreksia nervosa, stroke serta hipotiroidisme.
  5. Orang yang menghabiskan waktu lama berada di tempat yang dingin seperti pendaki gunung maupun seorang tunawisma.


Diagnosis Hipotermia
Dokter akan mencurigai adanya hipotermia terhadap seseorang yang ditemukan di lingkungan dingin yang sangat ekstrim. Termometer khusus yang ada pada ICU rumah sakit guna untuk mengukur suhu tubuh yang rendah dan juga mengonfirmasi diagnosis. Pemeriksaan lain di lakukan untuk menyingkirkan adanya risiko kerusakan organ vital misalnya seperti elektrokardiografi, pemeriksaan laboratorium dan juga x-ray.

Penatalaksanaan Hipotermia
  1. Jika kita melakukan kegiatan luar ruangan seperti pendakian gunung khususnya di musim hujan atau di daerah dengan curah hujan yang tinggi, maka membawa ponco atau raincoat merupakan sbeuah keharusan. Selain membawa jas hujan, pakaian hangat serta pakaian ganti yang berlebih dua tiga stel dan juga kaus tangan dan kerpus juga sangat penting.
    Perlengkapan yang tak kalah penting lain ialah sepatu pendakian yang baik dan bisa menutupi hingga mata kaki, jangan gunakan sandal gunung atau bahkan jangan menggunakan sendal jepit. Naik gunung di musim hujan bukan untuk gagah-gagahan aja.
  2. Bawa selalu makanan yang cepat dibakar menjadi kalori, seperti gula jawa, coklat dan lainnya. Dalam perjalanan banyak ngemil untuk mengganti energi yang telah hilang.
  3. Jika angin bertiup kencang, maka segera menggunakan perlengkapan pakaian hangat, seperti jaket, kerpus atau kaus tangan. Kehilangan panas tubuh akibat faktor wind cill memang tidak terasa oleh kita, dan tahu tahu nantinya kita jatuh sakit.


Itulah sedikit informasi yang dapat di sampaikan terkait Definisi Penyebab Dan Tanda Gejala Serta Pengobatan Hipotermia Menurut Ilmu Kedokteran, semoga bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan untuk anda semua para pembaca.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai