Selasa, 21 November 2017

Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Tanda Gejala Penyakit Morning Sickness Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Tanda Gejala Penyakit Morning Sickness Menurut Ilmu Kedokteran – Sudah tahukah anda mengenai morning sickness? Menurut ilmu kedokteran, morning sickness merupakan istilah yang digunakan bagi wanita yang mengalami kondisi mual dan muntah pada masa awal kehamilan. Istilah lain dari morning sickness dalam ilmu medis adalah Emesis Gravidarum ataupun Nausea Gravidarum (NVP).

http://www.pusatmedik.org/2017/11/definisi-penyebab-dan-pengobatan-serta-tanda-gejala-penyakit-morning-sickness-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Tanda Gejala Penyakit Morning Sickness Menurut Ilmu Kedokteran
Wanita yang mengalami morning sickness biasanya akan sering mual dan muntah dalam waktu 14 minggu pertama dalam periode kehamilannya. Kondisi mual dan muntahnya tidak hanya berlangsung pada pagi hari namun juga bisa sepanjang hari atau kapan saja tergantung dari aktivitas sehari-hari wanita hamil yang mengalaminya. Selain mual dan muntah, gejala lain yang sering dialami adalah kelelahan yang dirasakan. Informasi lebih lengkapnya mengenai morning sickness dapat anda simak pada uraian di bawah ini.


Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Tanda Gejala Penyakit Morning Sickness Menurut Ilmu Kedokteran


Definisi Morning Sickness
Morning sickness atau emesis gravidarum adalah gejala mual yang juga disertai dengan muntah yang terjadi pada ibu hamil pada 3 bulan pertama masa kehamilan.

Penyebab Morning Sickness
-Adapun penyebab dari morning sickness yang dialami ibu hamil menurut ilmu medis dan kesehatan adalah adanya perubahan pada hormon kehamilan yang dapat terjadi kapan saja, dimana saja, dan dalam keadaan apa saja dalam periode trimester awal kehamilan sehingga menyebabkan terganggunya aktivitas harian yang dilakukannya.

Kadar hormon yang meningkat karena pengaruh masa kehamilan adalah hormon estrogen, hormon progesterone, dan hormon chorionic gonadotropin yang mana dapat menyebabkan terjadinya pergerakan dalam usus kecil, perut, dan juga kerongkongan yang bisa menimbulkan rasa mual. Frekuensi mual dan muntah akan semakin berkurang sering dengan bertambahnya usia kehamilan. 

-Selain perubahan hormon, faktor lainnya yang bisa menjadi penyebab terjadinya morning sickness, yaitu:

  1. Kekurangan vitamin B6.
  2. Meningkatnya sensitivitas hidung wanita hamil pada bau akibat meningkatnya hormon esterogen. 
  3. Kondisi psikologis si wanita hamil yang belum siap menghadapi masa kehamilan yang memicu terjadinya stres.  
  4. Makan makanaan yang mengandung gas maupun yang bersifat asam, pedas, dan amis.
  5. Peningkatan produksi air liur di dalam tubuh.
  6. Memiliki riwayat mual akibat efek penggunaan alat kontrasepsi yang mengandung hormon estrogen.
  7. Memiliki riwayat mabuk kendaraan.

Gambaran klinik Morning Sickness

  1. Morning sickness merupakan keluhan yang dirasakan wanita hamil yang ditandai dengan adanya gejala mual dan muntah di pagi hari.
  2. Morning sickness biasanya terjadi pada 3 bulan pertama masa kehamilan, namun dalam beberapa kasus juga bisa terjadi pada wanita hamil selama masa kehamilan penuh.
  3. Gejala morning sickness dapat muncul dikarenakan indera penciuman wanita hamil memberikan respon berlebih setelah mencium bau tertentu.
  4. Kondisi morning sickness dengan selalu mual dan muntah dapat menyebabkan wanita hamil mengalami dehidrasi yang bisa membahayakan kesehatan ibu dan janinnya.
  5. Mual dan muntah yang berlebihan dapat memicu timbulnya penyakit hiperemesis gravidarum yang merupakan gejala mual dan muntah yang lebih berat dari morning sickness, sehingga membutuhkan penangganan yang lebih intensif secara medis sebab kondisi ini dapat memberikan pengaruh buruk pada kesehatan fisik dan juga psikologis penderitanya, serta dapat mengganggu pertumbuhan janin di dalam kandungan. 

Diagnosis Morning Sickness
-Bagi wanita hamil yang mengalami mual dan muntah harus segera mengkonsultasikan masalahnya kepada dokter. Kemudian, dokter akan menanyakan mengenai gejala-gejala morning sickness yang dialaminya dan melakukan pemeriksaan kehamilan. Dokter akan mengukur berat badan pasien dan melakukan pemeriksaan USG pada janin untuk melihat apakah ada masalah ataukah tidak.

Penatalaksanaan Morning Sickness
-Untuk mengatasi mual dan muntah yang parah yang dialami oleh wanita hamil, dokter biasanya akan memberikan resep berupa obat anti mual yang dikenal dengan nama antiemetik guna membantu dalam mengendalikan gejala mual dan muntah yang dialami.

Obat antiemetic ini aman digunakan pada wanita hamil sebab jarang menimbulkan efek samping. Dokter biasanya akan memberikan dosis obatnya sesuai dengan kondisi yang dialami oleh si wanita hamil dan memberikan obatnya dalam jangka waktu pendek. Selain obat antiemetik, dokter juga akan memberikan obat antihistamin. 

-selain dengan obat, cara yang tepat untuk menangani rasa mual dan muntah pada wanita hamil adalah dengan melakukan aktivitas sebagai berikut;

  1. Sering minum air putih
  2. Makan makanan yang dingin.
  3. Menghindari makanan atau benda yang bau yang dapat membuat rasa mual.
  4. Menghindari minum yang menyengat atau yang terlalu manis.
  5. Mengatur mindset dengan mengalihkan perhatian sebisa mungkin dari banyak berfikir mengenai sesuatu yang dapat membuat rasa mual. 
  6. Memakai pakaian yang nyaman, longgar, dan tidak ketat.
  7. Berfikiran positif dan relax.
  8. Biasakan untuk bangun secara perlahan dan tidak bergerak secara mendadak.
  9. Makanlah makanan ringan yang dapat membantu mengurangi naiknya asam lambung.
  10. Sebaiknya tidak minum obat yang tidak diresepkan oleh dokter dan bila ingin minum supplemen kehamilan sebaiknya tanyakan dahulu kepada dokter kandungan.
  11. Perbanyak makan sayur dan buah yang berkhasiat baik untuk kesehatan wanita hamil dan janin yang dikandungnya.
  12. Melakukan senam kehamilan.
  13. Mempertimbangkan untuk melakukan akupresur ataupun akupunktur pada pergelangan tangan yang aman bagi wanita hamil.
  14. Untuk mengurangi gejala mual dan muntah di pagi hari, wanita hamil dapat makan sedikit biskuit ataupun roti tawar.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai