Sabtu, 04 Juni 2016

Definisi Gejala Penyebab dan Pengobatan Artritis atau Arthritis Dalam Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Definisi Gejala Penyebab dan Pengobatan Artritis atau Arthritis Dalam Ilmu Kedokteran - Siapa sih orang di dunia ini yang pengin sakit? Semua orang tentu berharap agar selalu sehat, karena sehat itu memang mahal harganya. Tidak ada yang dapat dilakukan ketika penyakit menyerang tubuh kita kecuali segera mengobatinya. Sebagian dari anda mungkin pernah  mengalami radang sendi dan bingung penyakit apakah ini?
http://www.pusatmedik.org/2016/06/definisi-gejala-penyebab-dan-pengobatan-artritis-atau-arthritis-dalam-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Definisi Gejala Penyebab dan Pengobatan Artritis atau Arthritis Dalam Ilmu Kedokteran
Rasa nyeri  di bagian persendian dan disertai bengkak, warna merah, dan sakit jika digerakkan yang telah berlangsung 6 minggu lebih, maka sebaiknya janganlah disepelekan karena hal itu bisa jadi gejala artritis. Karena jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan cacat. Artritis berbeda dengan  rematik. Untuk lebih lengkapnya anda bisa membaca ulasan berikut ini.

Definisi Gejala Penyebab dan Pengobatan Artritis atau Arthritis Dalam Ilmu Kedokteran


Definisi Penyakit Artritis
Artritis merupakan istilah umum untuk peradangan atau inflamasi serta pembengkakan pada daerah persendian. 

Artritis merupakan penyakit yang memiliki sifat kronis dan bisa terjadi seumur hidup yang umumnya menyerang wanita dan pria di atas usia 55 tahun. Pasien yang mengalami artritis menderita pembengkakan serta kekakuan di bagian sendi sehingga dapat menyebabkan kesulitan dalam menggerakkan tubuh dan menyakitkan. Apabila dibiarkan dan tidak segera dirawat atau ditangani, artritis bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan.

Penyebab Penyakit Artritis
Artritis bisa berupa artritis reumatoid (AR) atau osteoartritis (OA) tapi  yang paling banyak ditemukan yaitu osteoartritis. Pada osteoartritis (OA) faktor yang menjadi penyebab utama yaitu pengausan sendi atau trauma, sedangkan pada artritis reumatoid (AR) faktor imunologi sangat berperan.

Osteoartritis (OA) bisa disebabkan karena hancurnya tulang rawan di bagian sendi. Ketika tulang rawan hancur, ligamen (otot) dan bagian yang lain dari sendi tertarik ketika tubuh bergerak sehingga bisa menyebabkan rasa sakit atau nyeri.

Artritis reumatoid (AR) merupakan jenis dari radang artritis yang mana lapisan cairan pada pelindung sendi (sinovium) meradang sehingga dapat menyebabkan pembengkakan serta rasa sakit. Apabila dibiarkan maka AR dapat menyebabkan kelainan bentuk di bagian sendi.

Supaya bisa memahami arthritis dengan baik, mari kita lihat anatomi serta fungsi sendi. Sendi merupakan bagian dari sistem otot tulang yang menjadi tempat dua tulang atau beberapa tulang bertemu, misalnya seperti pinggang, lutut, san pergelangan kaki. Ujung dari tulang-tulang tersebut dibungkus oleh tulang rawan yang halus dan juga selaput tipis disebut sinovium yang menghasilkan cairan sinovial. Sinovial adalah pelumas sendi yang alami sehingga membuat tulang bergeser lewat tulang lain dengan mulus ketika tubuh bergerak.

Arthritis bisa terjadi saat bagian sendi meradang. Umumnya peradangan ini bisa disebabkan karena kurangnya cairan sinovial, infeksi, rusaknya tulang rawan, penyakit autoimun atau bisa juga gabungan dari banyak faktor, di antaranya yaitu:
  • Turunan genetik serta sejarah keluarga
  • Reaksi infeksi atau alergi
  • Kegemukan(berat badan yang berlebih bisa memberi tegangan yang berlebih pada sendi)
  • Cedera alami
  • Pekerjaan yang menggunakan banyak tekanan fisik
  • Penyakit otoimun yaitu saat tubuh menyerang diri sendiri

Gambaran Klinis Penyakit Artritis
  1. Gejala artritis sangat bervariasi tergantung dari sendi yang terlibat. Osteoartritis (OA) lebih sering menyerang pada sendi yang menyokong berat badan. Oleh sebab itu obesitas atau kegemukan harus dihindari. Sementara itu, artritis reumatoid  (AR) awalnya lebih sering menyerang pada sendi-sendi kecil contohnya pada sendi pergelangan kaki atau tangan, akan tetapi dalam tingkat lebih lanjut bisa juga menyerang sendi-sendi yang lebih besar misalnya seperti pada sendi bahu dan juga pinggul.
  2. Adapun keluhan lain yang hampir mirip dengan artritis yaitu reumatism yang sebenarnya asalnya dari jaringan lunak yang ada di luar sendi. Jika orang awam mengenal encok maka sebenarnya sebagian besar merupakan reumatism.
  3. Sendi yang terkena atau terserang artritis umumnya akan mengalami bengkak, merah dan juga nyeri.
  4. Serangan artritis reumatoid (AR) umumnya diawali dengan gejala prodromal yaitu badan menjadi lemah, nyeri dan kaku pada seluruh badan, dan kehilangan nafsu makan. Adapun gejala pada sendi umumnya muncul secara bertahap sesudah beberapa minggu bahkan bulan.
  5. Serangan osteoartritis (OA) biasanya adalah sesisi. Gejala utamanya yaitu rasa nyeri pada sendi yang memiliki hubungan dengan gerak. Di samping itu penderita osteoartritis  juga merasakan kaku di bagian sendi yang terserang.
  6. Adapun nyeri sendi pada artritis reumatoid (AR)memiliki sifat hilang timbul, bersifat simetris bilateral, ada masa remisi, serta memiliki hubungan dengan udara dingin.
  7. Pada pemeriksaaan radiologi osteoartritis (OA) biasanya memperlihatkan adanya pelebaran sendi di tahap awal, sklerosis tulang, osteofit, dan juga penyempitan pada rongga antar sendi di tahap lanjut.
  8. Deformitas bisa terjadi pada osteoartritis (OA)dan artritis reumatoid (AR) sesudah terjadi destruksi pada sendi.

Diagnosis Penyakit Artritis
Adapun diagnosis artritis yaitu rasa nyeri disertai dengan pembengkakan di daerah persendian.

Penatalaksanaan Atau Pengobatan Penyakit Artritis
- Keluhan pada sendi dan jaringan lunak yang ada di sekitarnya bisa di atasi dengan cara analgesik biasa maupun dengan anti inflamasi yang nonsteroid dan diberikan setelah makan. Adapun obat yang bisa diberikan yaitu:
  1. Ibuprofen dengan dosis 400 mg diberikan sebanyak 3 x dalam sehari
  2. Fenilbutason dengan dosis 200 mg diberikan sebanyak 3 x dalam sehari
  3. Asetosal sebanyak 1 gram diberikan 3 x dalam sehari
- Mengistirahatkan sendi yang diperlukan jika keadaannya akut. Selanjutnya untuk osteoartritis (OA), mungkin penderita perlu mengubah atau memperbaiki sikap tubuh, jika penderita mengalami obesitas maka perlu mengurangi berat badan, dan dapat juga melakukan fisioterapi.

Itulah sedikit informasi mengenai Definisi Gejala Penyebab dan Pengobatan Artritis atau Arthritis Dalam Ilmu Kedokteran. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda.


Baca Juga: Definisi Penyebab Pengobatan serta Penatalaksanaan Penyakit Batu Saluran Kemih Menurut Ilmu Kedokteran
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai