Kamis, 30 Juni 2016

Pengertian Definisi Penyebab Dan Gejala Klinis serta Pengobatan Gonore Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Pengertian Definisi Penyebab Dan Gejala Klinis serta Pengobatan Gonore Menurut Ilmu Kedokteran - Pernahkah anda mendengar tentang penyakit gonore atau sering disebut juga dengan kencing nanah? Gonore merupakan salah satu penyakit seksual yang menular dan paling umum. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoea dan bisa menyerang baik pria maupun wanita. Adapun infeksi ini banyak sekali menyerang pada orang yang berusia muda, belum menikah, serta orang-orang yang berpendidikan rendah.
http://www.pusatmedik.org/2016/06/pengertian-definisi-penyebab-dan-gejala-klinis-serta-pengobatan-gonore-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Pengertian Definisi Penyebab Dan Gejala Klinis serta Pengobatan Gonore Menurut Ilmu Kedokteran
Penyakit ini umumnya dapat menular lewat hubungan seksual yang dilakukan dengan penderita akan tetapi dapat juga ditularkan lewat pertukaran cairan tubuh misalnya seperti penularan yang berasal dari Ibu terhadap bayi yang dilahirkannya. Gonore juga dikenal sebagai penyakit Raja Singa oleh orang awam. Gonore sering muncul di perkotaan ataupun di daerah yang tingkat pendidikan serta status ekonominya rendah. Penjelasan lebih lanjut mengenai penyakit ini akan kita bahas setelah ini.

Pengertian Definisi Penyebab Dan Gejala Klinis serta Pengobatan Gonore Menurut Ilmu Kedokteran


Definisi Gonore
Gonore merupakan infeksi bakteri yang ada di alat kelamin, bagian dubur ataupun pada tenggorokan.

Penyebab Gonore
Gonore disebabkan oleh kuman dengan nama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus, dan merupakan diplococcus gram yang negatif. Adapun kuman ini terutama sekali menginfeksi selaput lendir pada manusia, yaitu pada alat kelamin, pada liang dubur, pada selaput lendir mata, serta tenggorokan. Gonore bisa menular jika seseorang melakukan suatu hubungan seks vaginal, maupun dubur dan juga mulut dengan orang yang telah mengalami infeksi gonore tanpa menggunakan kondom. Bagi laki-laki yang menderitai infeksi pada saluran kencing, maka gejala-gejalanya umumnya muncul dalam waktu antara 2–10 hari sesudah terinfeksi, akan tetapi terkadang gejalanya hanyalah muncul sesudah beberapa bulan kemudian.

Gambaran klinik Gonore
  1. Umumnya penyakit ini dapat menunjukkan gejala sesudah 2-10 hari berkontak langsung dengan orang yang menderita penyakit gonore ini. Pada laki-laki biasanya penyakit ini dapat ditandai dengan adanya radang pada saluran keluar air seni yaitu dengan gejala nyeri ketika berkemih dan juga mengeluarkan cairan berwarna putih dari saluran kemih. Akan tetapi pengeluaran cairan yang berwarna putih, atau yang berwarna kuning, yang kental maupun yang encer dapat juga disebabkan oleh kuman yang lain, sehingga sifat dari cairan ini tidaklah memastikan penyakit ini.
  2. Pada wanita dapat menunjukkan adanya gejala nyeri pada bagian perut bawah, muncul keputihan dan kadang terjadi pendarahan tidak normal dari bagian rahim serta muncul rasa yang tidak nyaman pada bagian liang dubur. Akan tetapi semua gejala tersebut pun tidaklah khas bagi gonore, hal ini dapat juga disebabkan oleh penyakit-penyakit yang lain sehingga perlu dilakukan pemeriksaan dengan teliti.
  3. Adapun pada wanita infeksi dari gonore ini dapat berlanjut menjadi sebuah peradangan alat yang ada dalam panggul yang kemudian  menjalar dari bagian bibir rahim, kemudian menuju dalam rahim, bahkan bisa juga ke saluran telur serta ke seluruh alat yang ada dalam panggul dan biasanya ini terjadi selama haid. Adapun gejala penyakit ini dapat meliputi demam serta nyeri pada perut bagian bawah. Di samping itu mungkin juga terjadi pengeluaran cairan kekuningan yang berasal dari bibir rahim serta nyeri tekan pada bagian rahim di waktu pemeriksaan yang dilakukan pada bagian dalam atas alat-alat di panggul. Radang yang terjadi pada alat-alat panggul tersebut dapat menyebabkan terjadinya sterilitas, nyeri pada panggul yang sifatnya menahun dan juga kehamilan yang ada di luar kandungan.
  4. Selain Komplikasi setempat bagi penderita laki-laki maupun wanita, dapat juga terjadi komplikasi pada tempat yang lain, hal ini akibat adanya penyebaran kuman gonore lewat darah, dan kira-kira sekitar 2/3 pasiennya adalah wanita. Jika terjadi radang pada sendi dan juga kulit yang dapat ditandai dengan demam, nyeri sendi serta bengkak pada sendi, menggigil dan juga kelainan pada kulit berbentuk nanah serta gelembung. Radang sendi dapat melibatkan beberapa sendi, dan seringkali melibatkan sendi pada pergelangan tangan, pada jari-jari, pada sendi lutut dan juga pada sendi pergelangan kaki. Adapun manifestasi lazim lainnya dapat meliputi radang pada selaput pembungkus jantung ataupun perikarditis, dan juga radang hati atau hepatitis. Kadang-kadang juga terjadi radang pada lapisan dalam jantung serta selaput otak.

Diagnosis Gonore
Adapun gonore dan juga klamidia bisa diketahui dengan adanya sampel yang telah diseka dari saluran pada kemih, dubur ataupun tenggorokan. Penting supaya pasien tidak melakukan buang air kecil setidaknya tiga jam-an sebelum tes dijalani.


Baca Juga: Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Gejala Klinis Keputihan atau Fluor Albus (Duh Tubuh Vagina) Menurut Ilmu Kedokteran

Penatalaksanaan Gonore 
A. Adapun kerentanan Neisseria gonorrhoeae pada antibiotik sangatlah bervariasi di dunia dan resistensi terhadap kuinolon makin meningkat, yang terutama di bagian Asia Tenggara yang mana hingga 20% strain sudah resisten.
B. Adapun infeksi akut yang tanpa disertai dengan adanya komplikasi maka obat pilihan yang dapat diberikan yaitu:
  1. Penisilin prokain sebanyak 2,4 juta IU, yang diberikan dengan i.m, sedangkan dosis untuk penderita wanita yaitu 4,8 juta IU.
  2. Diberikan ampisilin  dengan dosis  tunggal  yaitu 3,5  gram  ditambah dengan  1  gram  probenesid
  3. Diberikan amoksisilin sebanyak 3 gram dan ditambah dengan 1 gram probenesid
  4. Diberikan tiamfenikol secara oral dengan dosis tunggal yaitu 2,5 – 3,5 gram, akan tetapi tidak dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil
  5. Jika kuman penyebab diduga terhadap resisten terhadap penisilin (yaitu penicillinase producing. N.gonorrhoeae atau disingkat dengan PPNG), maka dapat diberikan obat terpilih yang lain yaitu tiamfenikol ataupun kuinolon baru.
Sedangkan infeksi yang disertai dengan adanya komplikasi maka dapat diberikan Siprofloksasin dengan dosis 500 mg sebanyak 2 x sehari yaitu selama 5–7 hari untuk per oral.

Demikianlah sedikit bahasan mengenai Pengertian Definisi Penyebab Dan Gejala Klinis serta Pengobatan Gonore Menurut Ilmu Kedokteran, yang bisa kami sampaikan, semoga menambah wawasan anda.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai