Senin, 20 Juni 2016

Pengertian Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala Faringitis Akut Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Pengertian Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala Faringitis Akut Menurut Ilmu Kedokteran - Apakah anda atau saudara anda ada yang mengalami  sakit radang tenggorokan? Mungkin anda perlu membaca informasi berikut ini. Penyakit faringitis akut ini dapat ditandai dengan adanya  sindrom peradangan pada faring yang dapat disebabkan oleh kuman, virus,  ataupun mikroorganisme tertentu. Umumnya penyebab gangguan faringitis  ini dikarenakan  common cold, flu atau influenza, mononucleosis, adenovirus, serta penyakit HIV.
http://www.pusatmedik.org/2016/06/pengertian-definisi-penyebab-dan-pengobatan-serta-gejala-faringitis-akut-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Pengertian Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala Faringitis Akut Menurut Ilmu Kedokteran
Adapun bakteri yang dapat menyebabkan penyakit faringitis akut ini adalah streprokokus grup A, arkanobakterium, korinobakterium, dan juga neisseriaq gonorrhoeae ataupun clamydia pnemoniae. Adapun penyakit faringitis akut tidak hanya bisa menyerang orang dewasa tapi juga dapat menyerang anak-anak, dan semua umur. Penyakit faringitis akut atau yang juga biasa disebut sebagai penyakit radang tenggorokan ini  adalah penyakit yang kambuhan dan relatif lama. Mungkin anda dapat melanjutkan membaca halaman ini sampai selesai agar tahu lebih banyak tentang penyakit faringitis akut ini.

Pengertian Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala Faringitis Akut Menurut Ilmu Kedokteran


Definisi Faringitis Akut
Faringitis merupakan Inflamasi ataupun infeksi yang terjadi pada membran mukosa faring atau bisa juga tonsilo palatina. Sedangkan penyakit faringitis akut biasanya adalah bagian dari infeksi yang akut pada orofaring yaitu pada tonsilo faringitis akut, ataupun bagian dari influenza atau rinofaringitis.

Penyebab Faringitis Akut
Adapun penyakit faringitis dapat disebabkan oleh adanya virus ataupun bakteri.

  1. Penyebab penyakit faringitis karena virus biasanya diakibatkan oleh rhinovirus, adenovirus, coxsackievirus, parainfluenza, Epstein–Barr virus, dan juga herpes virus)
  2. Penyebab penyakit faringitis karena bakteria biasanya yang paling sering diakibatkan oleh grup dari A ß-hemolytic Streptococcus, Hemophilus influenzae, Chlamydia, Neisseria gonorrhoeae, dan Corynebacterium diphtheriae.
  3. Penyebab penyakit faringitis karena jamur atau Candida sangat jarang terjadi kecuali bagi penderita imunokompromis atau mereka yang menderita penyakit HIV dan juga penyakit AIDS.

Adapun Iritasi makanan yang dapat merangsang sering menjadi faktor pencetus ataupun yang memperberat penyakit ini.

Gambaran Klinis Faringitis Akut
Perjalanan penyakit faringitis akut bergantung pada ada tidaknya infeksi sekunder serta virulensi kumannya dan juga daya tahan tubuh pada penderita, akan tetapi biasanya penyakit faringitis bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar 3–5 hari.

  1. Adapun gambaran klinis dari penyakit faringitis yang dikarenakan oleh bakteri yaitu menderita demam ataupun menggigil, merasakan nyeri saat menelan, terdapat folikel yang bereksudat dan juga purulen di bagian dinding faring, posterior berwarna merah dan juga bengkak, penderita mungkin juga mengalami batuk, adanya pembesaran pada kelenjar getah bening di bagian leher yaitu di anterior, tidak nafsu makan karena penderita mengalami susah menelan atau sakit saat digunakan untuk menelan, onset yang mendadak dari nyeri pada tenggorokan, mengalami malaise, menderita anoreksia
  2. Adapun gambaran klinis dari penyakit faringitis yang disebabkan oleh virus yaitu onset pada radang tenggorokannya yang lambat dan juga progresif, penderita mengalami demam, muncul rasa nyeri saat menelan, batuk, mengalami malaise yang ringan, faring posterior berwarna merah dan juga mengalami bengkak, timbul kongesti nasal.

Diagnosis Faringitis Akut
Adapun diagnosis dari penyakit ini dapat ditegakkan berdasarkan dari gejala dan juga hasil tes pemeriksaan fisik yang dilakukan.

Penatalaksanaan Faringitis Akut
  1. Adapun perawatan dan juga pengobatan dari penyakit faringitis ini tidak berbeda jauh dengan perawatan dan juga pengobatan dari penyakit influenza.
  2. Untuk penderita yang masih anak-anak tidak ada anjuran pemberian obat yang khusus.
Namun untuk demam dan juga nyeri maka dapat diberikan:
  1. Untuk penderita yang sudah dewasa diberikan Parasetamol dengan dosis 250 ataupun 500 mg, sebanyak 1–2 tablet untuk per oral yaitu 4x dalam sehari bila diperlukan, atau juga dapat diberikan Ibuprofen dengan dosis 200 mg sebanyak 1–2 tablet yaitu 4x dalam sehari bila diperlukan.
  2. Untuk penderita yang masih anak-anak dapat diberikan Parasetamol yang diberikan sebanyak 3 kali dalam sehari bila demam terjadi. Untuk rinciannya adalah sebagai berikut:
  3. Untuk anak-anak di bawah 1 tahun diberikan sebanyak 60 mg/kali atau 1/8 tablet.
  4. Untuk anak-anak yang berumur 1 sampai 3 tahun diberikan sebanyak 60-120 mg/kali atau ¼ tablet.
  5. Untuk anak-anak yang berumur 3 sampai 6 tahun diberikan sebanyak 120-170 mg/kali atau 1/3 tablet.
  6. Untuk anak-anak yang berumur 6 sampai 12 tahun diberikan sebanyak 170-300 mg/ kali atau ½ tablet.
Obatilah dengan menggunakan antibiotik bila diduga terdapat infeksi. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:
  1. Untuk penderita yang sudah dewasa maka dapat diberikan Kotrimoksazol sebanyak 2 tablet untuk dewasa yaitu 2 x sehari dalam waktu 5 hari. Atau dapat juga diberikan Amoksisilin dengan dosis 500 mg yaitu 3 x sehari dalam waktu 5 hari. Dapat juga diberikan Eritromisin dengan dosis 500 mg yaitu 3 x sehari dalam waktu 5 hari
  2. Untuk penderita yang masih anak-anak maka dapat diberikan Kotrimoksazol sebanyak 2 tablet untuk anak yaitu 2 x dalam sehari dalam waktu 5 hari. Dapat juga diberikan Amoksisilin dengan dosis 30-50mg/kgBB untuk perhari dalam waktu 5 hari. Atau dapat juga diberikan Eritromisin dengan dosis 20–40 mg/kgBB untuk perhari dalam waktu 5 hari.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai