Minggu, 12 Juni 2016

Pengertian Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala klinis Penyakit Dermatitis Atopik Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Pengertian Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala klinis Penyakit Dermatitis Atopik Menurut Ilmu Kedokteran - Banyak sekali anak yang pernah mengalami gatal-gatal, kadang timbul kadang hilang yang disertai dengan munculnya ruam dan memiliki warna kemerahan di bagian tertentu pada tubuh anak. Akibatnya membuat anak jadi rewel, kadang menggaruk-garuk badan hingga lecet, dan bahkan anak susah tidur sebab rasa gatal yang terlalu menyengat yang dialaminya.
http://www.pusatmedik.org/2016/06/pengertian-definisi-penyebab-dan-pengobatan-serta-gejala-klinis-penyakit-dermatitis-atopik-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Pengertian Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala klinis Penyakit Dermatitis Atopik Menurut Ilmu Kedokteran
Jika sudah begitu tentu saja orang tua jadi bingung memikirkan apa yang terjadi pada anak kesayangannya. Sebetulnya apa sih yang sedang dialami oleh anak? Jangan-jangan anak sedang mengalami dermatitis atopik. Jika memang begitu, mungkin para orang tua membutuhkan informasi mengenai dermatitis atopik.

Definisi Penyakit Dermatitis Atopik
Kata dermatitis memiliki arti peradangan yang terjadi pada kulit manusia, sedangkan untuk kata atopik mengacu pada suatu penyakit yang terjadi secara turun temurun dan cenderung berjalan dalam anggota keluarga. Dermatitis Atopik merupakan suatu peradangan pada kulit yang kronik dan juga residif yang seringkali terjadi pada bayi serta anak, disertai dengan rasa gatal dan juga berhubungan dengan atopi.
 
Adapun atopi merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk sekelompok penyakit bagi individu yang memiliki riwayat kepekaan yang ada dalam keluarganya, contohnya yaitu: asma bronkiale, konjungtivitis alergi, rinitis alergi, dan juga dermatitis atopik. Meski dermatitis atopik bisa dialami oleh berbagai usia, akan tetapi yang paling sering berpengaruh besar terhadap bayi dan juga anak kecil. Untuk beberapa kasus mungkin saja dermatitis atopik dapat bertahan hingga dewasa dan dapat muncul sewaktu-waktu di kemudian hari. Bahkan sejumlah dari pasien penderita dermatitis atopik cenderung mempunyai program jangka panjang mengalami penyakit yang bisa menimbulkan gejala ruam-ruam yang sangat khas ini.

Dan dalam kebanyakan kasus, ada periode dimana penyakit dermatitis atopik ini jadi lebih buruk. Adanya ekasaserbasi yang diikuti periode saat klit memperbaiki ataupun membersihkan semuanya disebut sebagai remisi. Banyak sekali anak yang mengalami dermatitis atopik kemudian menjadi penyakit permanen hingga mereka makin tua, meski kulit tetap agak kering serta mudah teriritasi.

Penyebab Penyakit Dermatitis Atopik
Adapun penyebab dari dermatitis atopik umumnya tidak diketahui secara pasti

Gambaran klinik Penyakit Dermatitis Atopik
  1. Pada bagian wajah, bagian kulit kepala, daerah-daerah yang tertutup oleh popok, pada tangan, lengan, kaki maupun tungkai bayi terbentuk semacam ruam berkeropeng dengan warna merah dan berair.
  2. Adapun dermatitis ini seringkali menghilang jika anak sudah berusia antara 3–4 tahun, meski biasanya dapat muncul kembali.
  3. Sedangkan pada anak-anak dan juga dewasa, ruam sering muncul lalu kambuh lagi hanya pada 1 ataupun beberapa daerah, yang terutama pada lengan bagian atas, pada sikut bagian depan ataupun di belakang lutut.
  4. Adapun untuk warna, intensitas dan juga lokasi dari ruam sangat bervariasi, akan tetapi ruam tersebut selalu menimbulkan rasa gatal.
  5. Untuk penderita dermatitis atopik, yaitu herpes simpleks biasanya hanya menyerang pada daerah yang kecil serta ringan, namun dapat menyebabkan timbulnya penyakit yang serius berupa eksim serta demam tinggi atau biasa disebut eksim herpetikum.

Diagnosis Penyakit Dermatitis Atopik
Diagnosis dapat ditegakkan dengan berdasarkan gejala-gejala yang muncul, serta hasil pemeriksaan fisik yang dilakukan dan juga riwayat penyakit alergi yang terjadi pada keluarga dari penderita .

Penatalaksanaan Diagnosis Dermatitis Atopik
Adapun penjelasan atau penyuluhan yang dapat disampaikan kepada orang tua penderita atau pasien dermatitis atopik antara lain: 
•Penyakit dermatitis atopik ini memiliki sifat kronik yang berulang dan penyembuhan yang berhasil dilakukan dengan sempurna sangat jarang terjadi. Oleh karena itu pengobatan yang dilakukan hanya ditujukan untuk mengurangi rasa gatal serta mengatasi kelainan pada kulit.
•Di samping pemberian obat ada beberapa hal yang sangat perlu untuk diperhatikan dan juga dilakukan untuk mencegah terjadinya kekambuhan yaitu:
 
  1. Jagalah kebersihan bayi, gunakanlah sabun yang lunak misalnya saja  sabun yang khusus digunakan untuk bayi
  2. Pakaian untuk bayi sebaiknya diberikan yang tipis dan juga yang ringan supaya dapat dengan mudah menyerap keringat bayi
  3. Udara dan juga lingkungan cukup berventilasi serta sejuk.
  4. Sebaiknya hindarilah faktor-faktor pencetus dari dermatitis atopik, diantaranya seperti: iritan, debu, dan lain sebagainya.
A.Sistemik
  1. Pasien diberikan Antihistamin klasik sedatif diantaranya seperti klorfeniramin maleat yang memiliki fungsi untuk mengurangi rasa gatal yang dialami oleh penderita
  2. Jika ada infeksi sekunder maka bisa ditambahkan antibiotik sistemik ataupun topikal
B.Topikal
  1. Jika lesi akut atau eksudatif maka kompres bayi sebanyak 2–3 x dalam sehari, selama 1–2 jam yaitu dilakukan dengan larutan rivanol sebanyak 0,1% ataupun NaCl sebanyak 0,9%
  2. Diberikan krim kortikosteroid dengan potensi sedang ataupun rendah, sebanyak 1–2 kali dalam sehari setelah mandi, hal ini disesuaikan dengan keadaan lesi. Jika sudah mulai membaik maka bisa diganti dengan potensi lebih rendah.
  3. Adapun untuk kortikosteroid dengan potensi yang rendah maka dapat diberikan krim hidrokortison sebanyak 1% atau 2,5%
  4. Sedangkan untuk ortikosteroid dengan potensi yang sedang maka dapat diberikan krim betametason sebanyak 0,1%
  5. Pada kulit yang kering maka dapat diberikan emolien ataupun pelembab dengan segera setelah mandi.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala klinis Penyakit Dermatitis Atopik Menurut Ilmu Kedokteran. Dengan adanya bahasan ini diharapkan para orang tua lebih memahami tentang dermatitis atopik. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga: Pengertian Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Gejala Klinis Dermatomikosis Menurut Ilmu Kedokteran
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai