Sabtu, 30 Juli 2016

Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala Klinis Keilosis atau Kulit Bibir yang Mengelupas Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala Klinis Keilosis atau Kulit Bibir yang Mengelupas Menurut Ilmu Kedokteran - Memiliki tubuh yang sehat adalah dambaan setiap orang. Untuk memperoleh tubuh yang sehat salah satunya dapat dilakukan dengan cara memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh. Karena kekurangan nutrisi tertentu juga dapat menimbulkan terjadinya suatu penyakit. Salah satunya adalah kekurangan vitamin B2.
http://www.pusatmedik.org/2016/07/definisi-penyebab-dan-pengobatan-serta-gejala-klinis-keilosis-atau-bibir-yang-mengelupas-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala Klinis Keilosis atau Kulit Bibir yang Mengelupas Menurut Ilmu Kedokteran
Kekurangan vitamin B2 dapat menimbulkan penyakit. Sebabnya biasanya dikarenakan kebiasaan buruk yang dilakukan oleh seseorang misalnya seperti konsumsi alkohol yang terlalu sering, dan orang yang jarang sekali mengkonsumsi susu, ikan, daging, maupun unggas. Meski sangat jarang terjadi, akan tetapi tetap saja anda perlu mewaspadai kemungkinan yang terburuk dari kekurangan vitamin B2 ini. Penyakit akibat kekurangan vitamin B2 atau sering juga disebut sebagai defisiensi riboflavin diantaranya yaitu cheilosis (keilosis atau bibir meradang), glossitis atau lidah licin dan memiliki warna keunguan, stomatitis angular atau sudut mulut pecah, serta dapat mengakibatkan bayi terlahir sumbing dan mengalami gangguan pertumbuhan.  Akan tetapi pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas Keilosis.

Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala Klinis Keilosis atau Kulit Bibir yang Mengelupas Menurut Ilmu Kedokteran


Keilosis merupakan salah satu penyakit yang ditimbulkan karena kekurangan vitamin B2. Gejalanya adalah luka-luka di bagian sudut mulut serta tumbuh pembuluh-pembuluh darah yang sangat halus pada bagian kornea mata. Selengkapnya mengenai penyakit keilosis dapat anda simak pada ulasan berikut ini.

Definisi Keilosis
Keilosis merupakan sebuah radang yang dangkal pada bagian sudut mulut yang dapat menyebabkan sudut mulut menjadi pecah-pecah. Keilosis sering juga disebut sebagai angular cheilitis, perlèche, atau bisa juga disebut sebagai angular stomatitis. Biasanya sudut pada mulut akan terasa sangat sakit, mengalami luka, berwarna merah, pecah-pecah, dan juga bersisik.

Penyebab Keilosis
Biasanya keilosis dapat terjadi karena defisiensi riboflavin, defisiensi asam pantotenat dan juga defisiensi piridoksin. Adapun kelainan yang serupa bisa juga disebabkan oleh virus herpes ataupun mikosis.

Penyakit di bibir ini memang terasa menyakitkan dan juga mengganggu sebab ketika penderita membuka mulut entah itu untuk makan, minum, ataupun bicara maka radang serta luka yang pecah-pecah ini terasa sangat perih. Penyebabnya sebenarnya tidak hanya karena kekurangan vitamin B2. Hal ini dapat juga diakibatkan oleh bakteri, virus, memakai gigi tiruan,  jamur, penggunaan kosmetik pada wanita, hingga pada penderita HIV.

Gambaran Klinis Keilosis
Adapun gambaran klinis dari keilosis diantaranya adalah terlihat fisur ataupun luka-luka yang berkerak pada kedua sudut mulut serta terasa perih terutama jika terkena makanan yang pedas.

Secara umum keilosis memiliki simtom utama yaitu bibir terasa kering, rasa yang tidak nyaman, terdapat sisik-sisik serta pembentukan fisur atau celah yang diikuti oleh  rasa yang terbakar di bagian sudut mulut. Adapun yang sering sekali sebagai daerah udema dan eritema yang berbentuk segitiga di kedua komisura ataupun bisa berupa atropi, ulser, krusta, eritema, dan juga pelepasan kulit hingga terjadi eksudasi yang berulang-ulang. Reaksi jangka panjang yaitu terjadi supurasi serta jaringan granulasi.

Menurut Stannus, adanya lesi ini dapat ditandai dengan fisur-fisur serta eritema di sudut mulut dan menyebar hingga ke bawah bibir serta kemungkinan meluas menuju mukosa pipi. Gejala awal keilosis yaitu rasa gatal di sudut mulut serta terlihat kulit meradang dan juga bintik merah. Pada mulanya, hal ini tidak berbahaya, akan tetapi terasa nyeri pada sudut mulut serta mudah berdarah akibat gerakan mulut misalnya seperti tertawa dan berbicara.

Diagnosis Keilosis
Adapun diagnosis keilosis dapat dilihat dengan adanya pecah-pecah di bagian sudut mulut (kedua sudut mulut).

Penatalaksanaan Keilosis
Keilosis dapat terjadi karena seseorang kekurangan Vitamin B2, akan tetapi kekurangan ini sangat jarang terjadi di Negara-negara yang sudah maju dan dapat diobati dan dicegah dengan cara mengkonsumsi suplemen vitamin B2. Kita dapat memperoleh vitamin ini dari kacang-kacangan, beras tumbuk, sayuran yang berwarna hijau, ikan, daging unggas, susu, dan produk olahannya. Jika keadaan parah biasanya dokter akan memberikan resep berikut:
  1. Vitamin B2 dengan dosis antara 25 sampai dengan 50 mg bersama dengan vitamin B-kompleks sebanyak 1 tablet diberikan 3 x sehari selama 1 minggu.
  2. Kadang-kadang diperlukan juga vitamin C dengan dosis 50 mg sebanyak 3 x dalam sehari.
  3. Untuk konsumsi sehari-hari dalam mencegah keilosis ini diperlukan sebanyak 0,6 mg vitamin B2 bagi bayi. Sedangkan sebanyak 1-2 mg diberikan untuk anak-anak serta sebanyak 2-3 mg diberikan untuk orang dewasa. Jika anda mengalami gejala seperti yang telah tertera diatas, maka vitamin B2 dapat diberikan sebanyak 10 mg/hari selama beberapa minggu.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin B2 tidaklah sulit sebenarnya. Sebab jika anda mengkonsumsi makanan sehari-hari dengan mematuhi 4 sehat dan 5 sempurna maka kebutuhan vitamin harian anda secara lengkap dapat terpenuhi. Perlu membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan yang sehat sejak kecil. Kadang-kadang orang dewasa yang menderita penyakit defisiensi atau kekurangan vitamin B2 biasanya memang karena jarang sekali mengkonsumsi makanan yang sehat.

Sehingga kekurangan atau defisiensi vitamin B2 ini juga bisa terjadi pada orang yang sudah dewasa. Kesibukan kerja, kegiatan bisnis, dan juga rutinitas yang lain juga menjadi salah satu sebab mengkonsumsi makanan yang sehat tidak lagi dilakukan dengan rutin setiap hari.

Jadi janganlah sampai konsumsi makanan yang sehat harian tidak anda cukupi kemudian tidak mengkonsumsi suplemen dan vitamin. Seimbangkanlah asupan nutrisi dan vitamin anda supaya anda dapat terhindar jauh dari penyakit-penyakit apapun yang salah satunya adalah penyakit keilosis yang telah disebutkan di atas yang terjadi akibat kekurangan vitamin B2.

Baca Juga: Pengertian dan Definisi Abses Gigi dalam ilmu Kedokteran

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala Klinis Keilosis atau Kulit Bibir yang Mengelupas Menurut Ilmu Kedokteran, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai