Kamis, 14 Juli 2016

Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Gejala Klinis Penyakit Hepatitis Virus Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Gejala Klinis Penyakit Hepatitis Virus Menurut Ilmu Kedokteran – Penyakit Hepatitis seringkali disebut-sebut sebagai penyakit cikal bakal adanya kanker hati. Hepatitis bisa merusak fungsi dari organ hati serta kerja hati yaitu sebagai penetral racun serta sistem pencernaan makanan yang ada dalam tubuh untuk mengurai sari-sari makanan yang kemudian disebarkan menuju seluruh tubuh yang penting sekali bagi manusia.
http://www.pusatmedik.org/2016/07/definisi-penyebab-dan-pengobatan-serta-gejala-klinis-penyakit-hepatitis-virus-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Gejala Klinis Penyakit Hepatitis Virus Menurut Ilmu Kedokteran
Hepatitis adalah penyakit peradangan hati yang bisa diakibatkan oleh berbagai sebab. Adapun penyebab tersebut antara lain yaitu jenis virus-virus tertentu yang menyerang serta menyebabkan peradangan dan juga kerusakan pada sel-sel serta fungsi organ hati. Penyakit hepatitis bisa menyerang siapa saja tidak pandang usia baik itu bayi, anak-anak, remaja, orang dewasa maupun orang tua. Adapun penjelasan lebih lengkap tentang penyakit hepatitis akan kita bahas pada halaman berikut ini.

Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Gejala Klinis Penyakit Hepatitis Virus Menurut Ilmu Kedokteran


Definisi Hepatitis Virus
Hepatitis Virus Akut merupakan peradangan pada hati yang dikarenakan infeksi dari salah satu diantara kelima virus hepatitis yaitu yang lebih dikenal dengan virus A, virus B, virus C, virus D atau virus E. Namun jenis virus hepatitis yang sering di alami oleh masyarakat Indonesia yaitu hepatitis B. Adapun peradangan pada hepatitis virus muncul secara tiba-tiba serta berlangsung hanya dalam waktu beberapa minggu.

Penyebab Hepatitis Virus
Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa penyebab penyakit hepatitis virus yaitu Virus Hepatitis baik itu virus A, virus B, virus C, virus D, dan juga virus E.

Gambaran Klinis Hepatitis Virus
Gambaran klinis dari penyakit hepatitis virus diantaranya adalah sebagai berikut.
Adapun gejala hepatitis virus yang biasanya muncul dengan cara tiba-tiba, diantaranya berupa :
  1. Menurunnya nafsu makan
  2. Merasa kurang enak badan
  3. Merasa mual
  4. Muntah-muntah
  5. Badan demam
  6. Kadang-kadang terjadi nyeri sendi serta timbul biduran atau gatal-gatal pada kulit, yang terutama jika penyebabnya merupakan infeksi yang dikarenakan oleh virus hepatitis B.
  7. Setelah beberapa hari kemudian, warna urin akan berubah menjadi semakin gelap dan juga timbul kuning atau jaundice. Dan pada saat ini gejala-gejala yang lain akan menghilang dan kemudian penderita akan merasa lebih baik, meski sakit kuning jadi semakin memburuk.
  8. Apabila muncul gejala dari kolestasis (yaitu terhentinya ataupun berkurangnya aliran empedu) yaitu berupa tinja yang warnanya pucat dan juga gatal-gatal di seluruh bagian tubuh.
  9. Sedangkan jaundice biasanya akan mencapai puncaknya di minggu ke 1 sampai ke 2, yang kemudian akan menghilang di minggu yang ke 2 sampai yang ke 4.

Diagnosis Hepatitis Virus
Adapun diagnosis dapat ditegakkan berdasarkan dari gejala serta hasil pemeriksaan pada darah terhadap fungsi organ hati. Sedangkan pada pemeriksaan fisik, maka hati akan teraba lunak dan juga kadang-kadang agak membesar. Sedangkan diagnosis pasti bisa diperoleh jika dilakukan pemeriksaan pada darah ditemukan adanya protein virus ataupun antibodi terhadap adanya virus hepatitis.

Penatalaksanaan Hepatitis Virus
Penanganan atau pengobatan hepatitis virus dapat dilakukan dengan cara:
  1. Apabila terjadi hepatitis yang akut dan sangat berat, maka sebaiknya penderita dirawat inap di rumah sakit; akan tetapi biasanya penyakit hepatitis A tidaklah memerlukan pengobatan khusus.
  2. Sesudah beberapa hari, maka nafsu makan akan kembali muncul serta penderita tidak perlu lagi menjalani tirah baring. Sedangkan untuk makanan dan juga kegiatan penderita tidaklah perlu dibatasi serta tidak perlu diberi tambahan vitamin.
  3. Biasanya sebagian besar penderita hepatitis virus dapat kembali bekerja sesudah jaundice menghilang, meski hasil pemeriksaan pada fungsi hati belum normal sepenuhnya.

Pencegahan hepatitis virus dapat dilakukan dengan cara:
  1. Menjaga kebersihan lingkungan dan badan. Karena kebersihan yang baik dapat membantu mencegah tersebarnya virus hepatitis A. Adapun tinja dari penderita hepatitis virus sangatlah infeksius. Meskipun begitu penderita tidak perlu melakukan pengasingan; pengasingan pada penderita hanyalah sedikit membantu penyebaran dari hepatitis A, akan tetapi sama sekali tak dapat mencegah penyebaran baik hepatitis B maupun hepatitis C.
  2. Adanya kemungkinan terjadi penularan infeksi lewat transfusi darah dapat dikurangi dengan cara menggunakan darah yang sudah melewati penyaringan baik untuk hepatitis B maupun untuk hepatitis C.
  3. Sedangkan Vaksinasi hepatitis B dapat merangsang pembentukan kekebalan pada tubuh dan juga dapat memberikan perlindungan yang cukup efektif.
  4. Vaksinasi pada hepatitis A dapat diberikan kepada orang yang mempunyai resiko tinggi, contohnya seperti para pelancong yang mendatangi daerah dimana penyakit hepatitis virus ini banyak ditemukan.
  5. Sedangkan untuk hepatitis baik C, D maupun E masih belum ditemukan vaksin.
  6. Untuk yang belum memperolehn vaksinasi akan tetapi sudah terpapar oleh hepatitis, maka dapat memperoleh sediaan antibodi yang digunakan untuk perlindungan tubuh, yaitu globulin serum. Adapun pemberian antibodi ini bertujuan untuk memberikan sebuah perlindungan dengan segera terhadap serangan hepatitis virus.
  7. Sedangkan untuk bayi yang terlahir dari seorang ibu yang telah menderita penyakit hepatitis B maka dapat diberikan berupa imun globulin untuk hepatitis B dan juga diberikan vaksinasi hepatitis B. Adapun kombinasi dari keduanya dapat digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit hepatitis B yang kronik pada kurang lebih 70% bayi.

Demikianlah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Gejala Klinis Penyakit Hepatitis Virus Menurut Ilmu Kedokteran. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini dan membaca artikel ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda.


Baca Juga: Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala Klinis Penyakit Hipertensi Menurut Ilmu Kedokteran
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai