Jumat, 15 Juli 2016

Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala klinis Penyakit Herpes Simpleks Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala klinis Penyakit Herpes Simpleks Menurut Ilmu Kedokteran – Sudah pernahkah anda mendengar tentang penyakit herpes simpleks atau herpes simplex? Herpes simpleks merupakan erupsi vesikula yang terjadi pada kulit dan juga membran mukosa yang diakibatkan oleh virus herpes. Adapun penyakit herpes simpleks disebabkan karena adanya virus yang biasa disebut dengan nama herpes simplex atau HSV yang merupakan sejenis penyakit yang dapat menjangkiti bagian mulut, kulit, dan juga pada bagian alat kelamin.
http://www.pusatmedik.org/2016/07/definisi-penyebab-dan-pengobatan-serta-gejala-klinis-penyakit-herpes-simpleks-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala klinis Penyakit Herpes Simpleks Menurut Ilmu Kedokteran
Penyakit herpes simpleks ini dapat menyebabkan kulit menjadi melepuh dan juga terasa sakit pada bagian otot yang ada di sekitaran daerah yang terjangkit. Sampai pada saat ini, penyakit herpes simpleks ini masih belum bisa disembuhkan, akan tetapi bisa diperpendek masa kambuhnya. Herpes menyebar dengan cara sentuhan, ciuman, maupun kontak seksual, dan termasuk diantaranya yaitu seks vaginal, anal, maupun oral. Virus ini bisa ditularkan melalui satu pasangan ke pasangan yang lain serta dari satu bagian dari tubuh ke bagian yang lain. Penularannya hanya butuh kontak kulit. Sebab herpes mungkin saja tidak memiliki gejala dalam waktu bertahun-tahun, dan kadang-kadang akan sangat sulit diketahui siapa yang menularkan kepada siapa. Untuk lebih jelasnya mengenai penyakit herpes simpleks, silahkan lanjutkan membaca.

Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Gejala klinis Penyakit Herpes Simpleks Menurut Ilmu Kedokteran


Definisi Herpes Simpleks
Herpes simpleks berhubungan dengan sekelompok jenis virus yang dapat menulari manusia. Adanya kelompok infeksi virus H.simplex dapat ditandai dengan adanya vesikel berkelompok yang ada di daerah mukokutan yaitu ditandai dengan kulit yang berwarna merah. Kelainan tersebut bisa terjadi baik secara primer maupun secara sekunder. Herpes simpleks dapat menyebabkan luka yang terasa sangat sakit di bagian kulit.
 
Penyebab Herpes Simpleks
Adapun virus herpes simpleks yang tipe 1 atau HSV-1 merupakan penyebab yang paling umum untuk cold sore atau luka-luka demam yang berada di sekeliling mulut. Sedangkan HSV-2 biasanya dapat menyebabkan herpes kelamin. Akan tetapi HSV-1 bisa menyebabkan infeksi pada bagian kelamin dan juga HSV-2 bisa menginfeksikan daerah mulut lewat hubungan seks yang dilakukan dengan penderita herpes simpleks.

Gambaran Klinis Herpes Simpleks
Adapun gambaran klinis dari penyakit herpes simpleks adalah sebagai berikut.
  1. Infeksi virus ini memiliki ciri-ciri adanya lesi primer secara lokal, latensi dan juga adanya kecenderungan pada rekurensi secara lokal
  2. 2 agen yang menjadi penyebab yaitu HSV tipe 1 serta HVS tipe 2, umumnya dapat menimbulkan sindrom secara klinis yang jelas, hal ini tergantung pada tempatnya masuk.

A. HSV tipe 1:
  1. Adanya infeksi primer mungkin saja terjadi secara ringan dan biasanya terjadi pada saat masih anak-anak yaitu sebelum berumur 5 tahun.
  2. Adapun Sekitar 10% dari infeksi primer dapat menyebabkan bentuk sebuah penyakit yang semakin berat dan bermanifestasi demam serta malaise.
  3. Hal ini dapat berlangsung selama beberapa seminggu atau bahkan lebih, dan biasanya disangkut-pautkan dengan adanya lesi yang bersifat vesikuler dalam mulut, adanya infeksi pada mata ataupun adanya erupsi pada kulit generalisata yang dapat memperberat eksema kronik.
  4. Adapun reaktivasi infeksi laten dapat mengakibatkan adanya cold sore atau luka-luka demam yang dapat muncul berupa vesikel yang bening pada asar yang eritematus, dan biasanya ada di bagian wajah dan juga di bagian bibir, yang berkrusta serta dapat sembuh dalam waktu beberapa hari.
  5. Adanya reaktivasi ini mungkin saja dapat ditimbulkan oleh adanya trauma, demam ataupun adanya penyakit-penyakit yang lain yang sedang dialami.
B. HSV tipe 2:
  1. Adanya virus ini merupakan penyebab herpes genitalis, meskipun ini juga bisa disebabkan oleh adanya virus tipe 1.
  2. Adapun penyakit herpes genitalis ini bisa terjadi terutama pada orang-orang yang telah dewasa dan biasanya ditransmisikan dengan cara seksual.
  3. Adanya infeksi secara primer dan juga rekuren bisa saja terjadi, baik dengan ataupun tanpa disertai dengan adanya gejala.

Diagnosis Herpes Simpleks

Adapun diagnosis dari penyakit herpes simpleks ini dapat dilakukan berdasarkan dengan adanya gambaran klinis

Penatalaksanaan Herpes Simpleks

Adapun pengobatan herpes simpleks dapat dilakukan dengan cara berikut:
  1. Idoksuridin yang dilakukan untuk lesi kulit
  2. Diberikan salep dan juga paint povidon-iodin
  3. Diberikan Asiklovir untuk penderita herpes genitalis yang masih tahap awal dan juga rekuren, yaitu 5 x sehari sebanyak 200mg – 400 mg.
  4. Diberikan infus asiklovir i.v yaitu untuk ensefalitis H.simplex serta pasien yang mengalami ataupun menderita supresi imun.
  5. Adapun perawatan setempat yang dilakukan untuk herpes zoster sebaiknya adalah dengan membersihkan kulit yang mengalami luka dengan menggunakan air garam dan juga berusaha menjaganya agar tetap kering. Adapun gentian violet bisa juga dioleskan pada bagian luka.
  6. Sedangkan pengobatan baku yang dilakukan untuk HSV yaitu dengan diberikan asiklovir yang dalam bentuk pil hingga lima kali dalam sehari.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah adanya penyebaran virus herpes simpleks diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Janganlah melakukan hubungan seksual bersama dengan orang lain apabila masih terdapat vesikel.
  2. Sebaiknya hindarilah untuk meminjam barang-barang milik orang lain diantaranya seperti handuk, pakaian, dan selimut.
  3. Hindarilah juga pemicu dan juga pencetus dari adanya episode rekuren, yang diantaranya adalah seperti stress, kurang tidur, dan lain-lain.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai