Rabu, 13 Juli 2016

Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Penanganan Penyakit Gout Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Penanganan Penyakit Gout Menurut Ilmu Kedokteran - Pernahkah anda mendengar tentang sakit gout? Atau mungkin ada keluarga anda atau kenalan anda yang mengidap sakit gout? Gout merupakan salah satu penyakit sendi yang diakibatkan oleh asid urik yang berlebihan dalam badan. Adapun asid urik merupakan zat sisa (protein yang dikenal dengan nama purin).
http://www.pusatmedik.org/2016/07/definisi-penyebab-dan-pengobatan-serta-penanganan-penyakit-gout-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Penanganan Penyakit Gout Menurut Ilmu Kedokteran
Tubuh kita biasanya menyingkirkan zat sisa ini lewat air kencing. Akan tetapi jika jumlahnya berlebihan, maka mereka akan terkumpul dalam sendi. Penyakit gout tidak bisa dipandang remeh, untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang penyakit ini.

Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Penanganan Penyakit Gout Menurut Ilmu Kedokteran


Definisi Gout
Gout adalah penyakit radang pada sendi yang terjadi karena deposisi kristal berupa mono sodium urat di persendian dan juga jaringan lunak. Adapun penyaki gout dapat ditandai dengan adanya serangan secara berulang dari arthritis atau peradangan sendi yang sifatnya akut, dan kadang-kadang disertai dengan adanya pembentukan kristal berupa sodium urat dengan ukuran yang besar dan dinamakan tophus, terjadi deformitas atau kerusakan pada sendi secara kronik, serta adanya cedera pada organ ginjal.

Penyebab Gout
Adapun penyebab penyakit gout yaitu terjadinya penumpukan asam urat yang ada di dalam tubuh dengan cara berlebihan, baik itu karena produksi asam urat dengan jumlah yang meningkat, pembuangannya menurun, maupun akibat meningkatnya asupan makanan yang banyak mengandung purin. Selain itu penyakit gout juga bisa terjadi ketika ada cairan tubuh yang sangat jenuh oleh asam urat sebab kadarnya yang terlalu tinggi.

Gambaran Klinis Gout
Adapun gambaran klinis dari penyakit gout adalah sebagai berikut.
  1. Gejala yang paling khas dari penyakit gout yaitu rasa nyeri serta kemerahan pada bagian sendi metatarsofalangeal yang pertama, umumnya melibatkan satu sendi. Adapun gejala ini dapat dieksaserbasi oleh adanya paparan terhadap dingin serta seringkali memburuk pada saat malam hari.
  2. Penyakit gout bisa juga menyerang melebihi 1 sendi, akan tetapi umumnya asimetri. Biasanya sendi yang terlibat akan tampak bengkak, terasa hangat, berwarna kemerahan, serta kulit yang ada di atasnya teregang.
  3. Biasanya selama terjadi serangan yang akut, penderita atau pasien gout mungkin badannya agak demam dan terdapat peningkatan yang jelas pad LED dan juga CRP serum.
  4. Penderita penyakit gout mengalami serangan arthritis yang akut lebih dari sekali.
  5. Muncul peradangan secara maksimal yang terjadi dalam satu hari.
  6. Terjadi oligoarthritis
  7. Berwarna kemerahan di sekitar sendi-sendi yang mengalami peradangan
  8. Hiperuricemia atau kadar asam urat yang ada dalam darah melebihi 7,5 mg/dL
  9. Terjadi pembengkakan sendi dengan cara asimetris atau hanya pada satu sisi tubuh

Diagnosis Gout
Penyakit gout dapat didiagnosis dengan adanya nyeri yang sifatnya akut pada bagian persendian kecil diantaranya seperti ibu jari, yang terutama terjadi pada malam hari. Adapun kadar urat serum umumnya yaitu > 7,5 mg/dl.

Penatalaksanaan Gout
Penanganan atau pengobatan penyakit gout dapat dilakukan sebagai berikut:
  1. Pada serangan arthritis yang bersifat akut, maka penderita biasanya akan diberikan terapi yang tujuannya untuk mengurangi peradangan yang caranya yaitu dengan diberikan obat analgesik ataupun kortikosteroid. Setelah serangan yang akut mulai berakhir, maka terapi ditujukan untuk membantu menurunkan kadar pada asam urat yang ada di dalam tubuh.
  2. Adapun kondisi yang berkaitan dengan hiperurisemia diantaranya yaitu  diet kaya purin, konsumsi alkohol, dan juga obesitas. Purin adalah senyawa yang nantinya akan dirombak atau diubah menjadi asam urat yang ada di dalam tubuh. Alkohol adalah salah satu dari sumber purin yang bisa menghambat pembuangan purin lewat ginjal sehingga sangat disarankan untuk tidak sering-sering mengonsumsi alkohol. Di samping itu pasien juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup banyak yaitu 2 liter ataupun lebih setiap harinya sebab dapat membantu pembuangan urat serta meminimalkan pengendapan pada urat dalam tubuh. Ada beberapa macam makanan yang diketahui mengandung banyak purin, diantaranya yaitu daging (misalnya seperti daging sapi, daging babi, dan daging kambing), makanan yang berasal dari laut atau seafood, berbagai jenis kacang-kacangan, jamur, bayam, dan juga kembang kol.
Adapun obat yang dapat dipakai untuk terapi prevensi yaitu:
  1. Allopurinol jika terdapat produksi asam urat yang over. Obat ini dapat menghambat sintesa serta dapat menurunkan kadar asam yang ada dalam urat darah. Dosis yang diberikan pada hiperurikemia sebanyak 100 mg sebanyak 3 x dalam sehari setelah makan, jika perlu dapat juga dinaikkan setiap minggunya yaitu dengan diberikan 100mg s/d 10mg/kgBB/hari.
  2. Dapat diberikan Probenesid, karena derivat asam benzoat pada obat ini berdaya urikosuris yaitu dengan jalan merintangi terjadinya penyerapan kembali pada tubuli proksimal. Adapun dosis yang diberikan yaitu sebanyak 2 kali 250 mg dalam waktu 1 minggu, kemudian 2 kali 500 mg, jika perlu berangsur-angsur dinaikkan hingga maksimum 2 gram sehari.
  3. Diberikan Natrium Bikarbonat sebanyak 2 tablet yaitu 3 x dalam sehari, yang berguna untuk membantu kelarutan pada asam urat.
Itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan tentang penyakit gout. Jadi untuk mencegah penyakit ini, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu menghindari makanan yang banyak mengandung purin, banyak konsumsi air putih, dan juga jangan lupa untuk berolahraga. Demikian Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Penanganan Penyakit Gout Menurut Ilmu Kedokteran. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Penanganan Penyakit Hordeolum Menurut Ilmu Kedokteran
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai