Senin, 18 Juli 2016

Definisi Penyebab Pengobatan Serta Tanda dan Gejala Penyakit Hiperemesis Gravidarum Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Definisi Penyebab Pengobatan Serta Tanda dan Gejala Penyakit Hiperemesis Gravidarum Menurut Ilmu Kedokteran – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Hiperemesis Gravidarum. Mungkin ada sebagian dari anda yang masih merasa asing dengan istilah ini. Hiperemesis Gravidarum dialami oleh wanita yang sedang hamil, yaitu sebuah keadaan yang membuat seorang wanita terus menerus muntah secara berlebihan atau keadaan dimana wanita hamil mengalami kondisi mual muntah secara berlebihan.
Google Image: Definisi Penyebab Pengobatan Serta Tanda dan Gejala Penyakit Hiperemesis Gravidarum Menurut Ilmu Kedokteran
Kondisi ini tentu saja tidak enak, apalagi jika semua makanan yang telah dimakan dimuntahkan kembali. Sedangkan kita tahu janin yang sedang dikandung juga butuh nutrisi yang cukup. Untuk itu bagi anda para wanita khususnya yang sedang hamil dan mengalami hal ini seperti mual muntah secara berlebihan, maka tidak ada salahnya untuk membaca ulasan berikut untuk menambah wawasan anda.

Definisi Penyebab Pengobatan Serta Tanda dan Gejala Penyakit Hiperemesis Gravidarum Menurut Ilmu Kedokteran


Definisi Hiperemesis Gravidarum
Hiperemesis gravidarum merupakan muntah yang berlebihan dan terjadi hingga usia kehamilan 22 minggu. Adapun muntah ini bisa begitu hebat dimana semua yang dimakan maupun yang diminum dimuntahkan lagi.

Penyebab Hiperemesis Gravidarum
Penyebab dari Hiperemesis Gravidarum ini belum diketahui secara pasti. Akan tetapi ada beberapa teori yang menyebutkan penyebab dari Hiperemesis Gravidarum diantaranya yaitu:

1.Meningkatnya estrogen
2.Meningkatnya hormon Human Chorionic Gonadotropin atau HCG
3.Mengalami disfungsi pada psikis

Gambaran Klinis Hiperemesis Gravidarum
Adapun secara klinis gejala hiperemesis gravidarum dapat dibedakan menjadi 3 tingkatan:

1.Tingkat I
  1. Muntah-muntah yang terjadi secara terus-menerus, muncul intoleransi terhadap minuman dan makanan, berat badan menurun, rasa nyeri epigastrium, muntah yang pertama keluar berupa makanan, lendir dan juga sedikit empedu selanjutnya hanya berupa lendir, cairan empedu serta yang terakhir keluar darah.
  2. Denyut nadi meningkat hingga 100 kali dalam tiap menitnya serta tekanan darah sistole menjadi menurun.
  3. Mata berubah menjadi cekung sedangkan lidah menjadi kering, turgor kulit menjadi berkurang sedangkan urin masih terlihat normal.

2. Tingkat II
  1. Adapun gejalanya menjadi lebih berat, semua yang dimakan dan juga yang diminum dimuntahkan, sehingga membuat penderita merasa haus yang hebat
  2. subfebril, denyut nadi menjadi cepat yaitu lebih dari 100 – 140 kali dalam tiap menitnya, sedangkan tekanan darah sistole menjadi berkurang yaitu 80 mmHg,
  3. Penderita mengalami apatis, kulit menjadi pucat, lidah menjadi kotor, kadang terdapat ikterus, terdapat aseton, terdapat bilirubin dan berat badan menjadi  cepat turun.

3. Tingkat III
- Adanya gangguan kesadaran atau delirium-koma, muntah-muntah berkurang atau bahkan berhenti, ikterus, gangguan jantung, sianosis, nistagmus, bilirubin ada serta proteinuria.
 
Diagnosis Hiperemesis Gravidarum
  1. Adanya amenore yang disertai dengan muntah yang hebat (semua yang dimakan dan juga yang diminum akan dimuntahkan), sehingga membuat pekerjaan sehari-hari menjadi terganggu dan terasa haus.
  2. Fungsi organ vital: denyut nadi meningkat sampai 100 kali dalam tiap menitnya, tekanan darah semakin menurun pada keadaan yang berat, subfebril dan juga gangguan kesadaran atau apatis-koma.
  3. Pada pemeriksaan fisik maka akan terdapat adanya gejala dehidrasi, keadaan berat, warna kulit berubah menjadi pucat, ikterus, sianosis, porsio lunak di bagian vaginal touche, berat badan semakin menurun, ukuran uterus menjadi besar sesuai dengan usia gestasi.
  4. Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan adanya kenaikan relatif hemoglobin seta hematokrit, benda keton dan juga proteinuria.

Penatalaksanaan Hiperemesis Gravidarum
Adapun penatalaksanaan atau pengobatan dari hiperemesis gravidarum diantaranya adalah sebagai berikut:
Dengan melakukan diet sebagai berikut.
  1. Diet hiperemesis I yang diberikan pada kondisi hiperemesis tingkat III. Adapun makanan yang boleh dikonsumsi hanya berupa roti yang kering dan juga buah-buahan. Sedangkan cairan sebaiknya tidak diberikan bersama dengan makanan akan tetapi diberikan 1-2 jam setelahnya. Makanan ini kurang zat-zat gizi terkecuali vitamin C sebab itu hanya diberikan dalam waktu beberapa hari saja.
  2. Diet hiperemesis II dapat diberikan jika rasa mual dan juga muntah mulai berkurang. Secara berangsur-angsur mulai diberikan bahan-bahan makanan yang mengandung nilai gizi tinggi. Sedangkan minuman tidak boleh diberikan bersama dengan makanan. Makanan-makan ini rendah dalam seluruh zat-zat gizi terkecuali vitamin A dan juga vitamin D saja.
  3. Diet hiperemesis III dapat diberikan kepada penderita yang mengalami hiperemesis ringan. Berdasarkan kesanggupan penderita minuman dapat diberikan dengan makanan. Adapun makanan ini sangat cukup dalam seluruh zat gizi terkecuali kalsium.

Pada kondisi yang berat :
  1. Hentikan makannan dan juga minum per oral yaitu sekitar 24 – 48 jam.
  2. Penderita diberikan infus Dekstrosa sebanyak 10% ataupun 5% : RL yaitu sama dengan 2 : 1, sebanyak 40 tetes dalam tiap menitnya.
-Diberikan obat sebagai berikut:
  1. Vitamin B i.v yaitu Vitamin B1, B2 serta vitamin B6 yaitu masing-masing sebanyak 50 – 100 mg/hari/infus, serta Vitamin B12 yaitu sebanyak 200 mcg/hr/infus,
  2. Diberikan penenang minor yaitu Fenobarbital yaitu 30 mg i.m sebanyak 2 – 3 kali untuk tiap harinya ataupun Klorpromazin sebanyak 25 – 50 mg untuk tiap harinya ataupun diberikan diazepam yaitu 5 mg sebanyak 2 – 3 kali untuk tiap harinya i.m.
  3. Diberikan Antiemetik yaitu prometazin sebanyak 2 – 3 kali yaitu 25 mg untuk tiap harinya ataupun klorpromazin sebanyak 3 kali yaitu 3 mg per hari
  4. Diberikan Antasida sebanyak 3 x 1 tab untuk per harinya per oral
  5. Pertimbangkanlah untuk segera dirujuk menuju rumah sakit.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai