Rabu, 24 Agustus 2016

Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Gejala Klinis Penyakit Pielonefritis Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Gejala Klinis Penyakit Pielonefritis Menurut Ilmu Kedokteran – Tahukah anda, apakah pielonefritis itu? pielonefritis atau infeksi ginjal merupakan penyakit yang dapat menyebabkan rasa sakit serta tidak nyaman sebab berpindahnya bakteri yang berasal dari kandung kemih yang menuju ke ginjal, bisa salah satu maupun bisa juga kedua-duanya. Dalam tubuh manusia ada dua buah ginjal. Kedua ginjal ginjal menghasilkan urine dan kemudian dialirkan lewat ureter dan kemudian disimpan dalam kandung kemih. Setelah itu urine akan dibuang dari kandung kemih lewat uretra. Biasanya infeksi ginjal adalah komplikasi yang berasal dari infeksi pada saluran kemih.
Google Image: Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Gejala Klinis Penyakit Pielonefritis Menurut Ilmu Kedokteran
Jadi bakteri akan masuk ke dalam tubuh manusia lewat kulit yang ada di sekitar uretra, kemudian berpindah ataupun bergerak dari uretra ke kandung kemih, yang selanjutnya menginfeksi ginjal. Pielonefritis lebih umum dialami oleh wanita sebab uretra yang ada pada wanita ukurannya lebih pendek jika dibandingkan dengan milik pria. Kondisi ini membuat bakteri jadi lebih mudah masuk menuju ke dalam ginjal. Biasanya wanita yang aktif dalam melakukan hubungan seksual akan lebih berisiko menderita infeksi ginjal. Sedangkan pada anak-anak, jika mereka mengalami kelainan pada saluran kemih sejak bayi ataupun menderita refluks vesicoureteral (adanya aliran balik urine yang berasal dari kandung kemih yang kembali menuju ke ginjal) juga akan lebih rentan menderita Pielonefritis atau infeksi ginjal. Untuk mengetahui pielonefritis secara lebih lengkap dapat anda simak pada ulasan berikut. 

Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Gejala Klinis Penyakit Pielonefritis Menurut Ilmu Kedokteran


Definisi Pielonefritis   
Pielonefritis merupakan infeksi bakteri yang terjadi pada salah satu maupun kedua organ ginjal.

Penyebab Pielonefritis
Adapun hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya pielonefritis atau infeksi ginjal yaitu:
Pielonefritis dapat terjadi ketika ada infeksi bakteri yang telah menyebar sampai ke ginjal, baik satu maupun kedua-duanya. Adapun bakteri yang paling sering menyebabkan pielonefritis yaitu bakteri yang terdapat dalam kotoran manusia, dengan nama E. coli. Ini merupakan jenis bakteri yang juga menyebabkan infeksi pada saluran kemih. Selain itu juga dapat disebabkan oleh Enterobacter, Klebsiella, Pseudomonas serta Proteus.

Pada awalnya, bakteri masuk lewat uretra yang terbuka sampai naik menuju bagian kandung kemih. Sesudah itu bakteri akan menginfeksi kandung kemih yang akhirnya dapat menyebar ke ginjal. Bakteri yang masuk menuju saluran kemih mungkin secara tidak sengaja akan menyebar dari anus lalu menuju uretra. Bakteri dapat masuk ke uretra saat kita membersihkan diri sesudah buang air besar maupun ketika melakukan hubungan seksual.

Di samping itu, infeksi ginjal dapat juga terjadi saat infeksi bakteri ataupun jamur pada kulit yang menyebar lewat aliran darah kemudian masuk ke ginjal. Tetapi kondisi ini sangat jarang terjadi dan umumnya hanya terjadi pada orang-orang yang mempunyai sistem kekebalan yang tubuh lemah.

Gambaran Klinis Pielonefritis

  1. Biasanya gejala akan muncul secara tiba-tiba yaitu berupa demam, mual dan muntah, menggigil, dan nyeri pada punggung bagian bawah.
  2. Biasanya beberapa penderita akan menunjukkan gejala adanya infeksi saluran kemih yang ada di bagian bawah, yaitu sangat sering berkemih dan juga terasa nyeri saat berkemih.
  3. Dapat terjadi pembesaran baik salah satu maupun kedua ginjal. Kadang-kadang otot perut akan berkontraksi dengan kuat.
  4. Dapat terjadi kolik renalis, yang mana penderita akan merasakan nyeri hebat disebabkan oleh kejang pada ureter.
  5. Kejang dapat terjadi sebab adanya iritasi yang diakibatkan oleh infeksi ataupun lewatnya batu ginjal.
  6. Sedangkan pada anak-anak, gejala dari infeksi ginjal ini seringkali sangat ringan serta lebih sulit dikenali.
  7. Pada infeksi yang menahun atau pielonefritis kronik, rasa nyerinya akan bersifat samar dan juga demam hilang-timbul ataupun mungkin juga tidak ditemukan adanya demam sama sekali.
  8. Sedangkan untuk pielonefritis yang kronik hanya dialami oleh penderita yang mempunyai kelainan utama, misalnya seperti penyumbatan pada saluran kemih, pada batu ginjal yang lumayan besar ataupun arus balik dari air kemih yang berasal dari kandung kemih menuju ke dalam ureter (terjadi pada anak kecil).
  9. Untuk kasus pielonefritis kronik dapat merusak ginjal sehingga membuat ginjal tidak bisa berfungsi lagi sebagaimana mestinya atau gagal ginjal.

Diagnosis Pielonefritis
Adapun diagnosis pielonefritis dapat ditegakkan berdasarkan dari gejalanya yang khas. Pemeriksaan-pemeriksaan yang dilakukan dalam memperkuat diagnosis pielonefritis antara lain:
Pemeriksaan urin yang dilakukan dengan menggunakan mikroskop

  1. Pembiakan bakteri yang ada dalam contoh urin dan dilakukan untuk menentukan ada tidaknya bakteri.
  2. Pemeriksaan menggunakan USG dan juga rontgen dapat membantu menemukan adanya kelainan struktural, batu ginjal, ataupun penyebab penyumbatan pada air kemih yang lainnya.

Penatalaksanaan Pielonefritis
Untuk pengobatan pielonefritis dapat dilakukan dengan cara:

  1. Segera sesudah diagnosis ditegakkan, berikan antibiotik. Dapat dilakukan terapi kausal yang dimulai dengan pemberian kotrimoksazol sebanyak 2 tablet yaitu 2 x dalam sehari ataupun diberikan ampisilin sebanyak 500 mg sebanyak 4 x dalam sehari dalam waktu 5 hari.
  2. Dalam waktu 4–6 minggu sesudah pemberian antibiotik, dapat dilakukan pemeriksaan urin lagi untuk memastikan bahwa adanya infeksi sudah berhasil diatasi.
  3. Sedangkan pada penyumbatan, batu, atau kelainan struktural, mungkin perlu dilakukan pembedahan yang dapat dilakukan dengan merujuk menuju rumah sakit.
Cukup sekian informasi yang dapat kami jelaskan mengenai Definisi Penyebab Dan Pengobatan serta Gejala Klinis Penyakit Pielonefritis Menurut Ilmu Kedokteran, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai