Rabu, 31 Agustus 2016

Tips beberapa Persiapan bagi anda untuk mempersiapkan sikecil masuk Sekolah

Pusatmedik.org - Tips beberapa Persiapan bagi anda untuk mempersiapkan sikecil masuk Sekolah - menjemput tahun ajaran baru, tentunya anak-anak yang telah bersekolah pada tahun kedua maupun seterusnya mungkin adalah hal yang sangat menyenangkan. Karena anak akan bertemu dengan teman-teman serta gurunya. Namun akan tidak sama jika tahun ajaran tersebut adalah tahun pertama anak anda sekolah? Biasanya persiapan masuk sekolah akan terlihat menakutkan bahkan membuat anak anda merasa cemas. Biasanya yang mereka khawatirkan ialah adanya peraturan serta pengalaman baru yang mereka alami nanti ketika berada di sekolah.
http://www.pusatmedik.org/2016/08/tips-beberapa-persiapan-bagi-anda-untuk-mempersiapkan-sikecil-masuk-sekolah.html
Google Image: Tips beberapa Persiapan bagi anda untuk mempersiapkan sikecil masuk Sekolah
Sedangkan perubahan yang terjadi ketika pertama masuk sekolah sangat besar untuk anak. Saat hari pertama berada di sekolah umumnya beberapa anak sering menangis karena tidak betah dalam lingkungan barunya. Hal tersebut bisa dimaklumi, sebab anak yang biasa ada di rumah sepanjang hari dengan orang tuanya, sekarang harus berada pada tempat baru dengan orang-orang yang baru dikenal selama beberapa jam. Pasti pengalaman baru tersebut membuat anaknya tegang serta merasa tak nyaman. Tips beberapa Persiapan bagi anda untuk mempersiapkan sikecil masuk Sekolah berikut ini bisa anda jadikan pertimbangan ketika si kecil akan masuk sekolah.

Tips beberapa Persiapan bagi anda untuk mempersiapkan sikecil masuk Sekolah


  1. Jelaskan perubahan rutinitas sehari-hari yang akan terjadi.
    Jika perlu buatlah ilustrasi menggunakan gambar ataupun foto-foto dan menjelaskan kegiatan sekolah sangat menyenangkan. Selanjutnya berdiskusilah dengan anak tentang perasaannya masuk dalam lingkungan baru. Anda dapat membacakan buku cerita ketika hari pertama masuk lingkungan sekolah baru. Coba bantu anak untuk mengatasi kegugupannya saat menghadapi tantangan baru serta interaksi sosial dalam sekolah nanti.
  2. Kunjungi sekolah anak.
    Sebelum sekolah beberapa minggu seharusnya ajak anak untuk mengunjungi calon sekolahnya. Jika memungkinkan ajaklah anak untuk sekedar berkeliling sekolah barunya, bertemu dengan guru yang akan mengajarnya, berkeliling ke toilet, kantin, serta melihat ruang kelas barunya. Akan lebih baik jika anak dapat melihat kegiatan belajar-mengajar sedang berlangsung, sehingga akan membantunya untuk membayangkan kegiatan baru nanti di sekolah. Sehingga bisa membantu anak anda merasa nyaman ada di lingkungan sekolah, karena Anda bersamanya saat itu.
  3. Lakukan permainan bersama dengan anak.
    Anda pun bisa bermain menjadi “guru dan murid” dengan anak Anda sebelum tiba masa sekolah barunya. Lakukan beberapa kegiatan yang sekiranya bisa membantu anak di kelas misalnya menggambar, mewarnai, atau menempel gambar. Agar anak lebih bersemangat untuk masuk sekolah, anda bisa membelikan anak sebuah meja belajar dengan kursi kecil yang bisa digunakan untuk mengerjakan pekerjaan rumahnya ataupun belajar bersama Anda ketika berada di rumah.
  4. Kenalkan keseharian anak yang baru.
    Kenalkan juga kegiatan sehari-hari yang baru misalnya jam makan pagi, jam tidur, dalam beberapa hari ataupun beberapa minggu ketika menjelang tahun ajaran akan dimulai. Latihan tersebut bertujuan agar anak terbiasa dengan jadwal barunya terutama ketika mulai masuk kelas barunya.
  5. Kunjungi sekolah.
    Disamping kunjungan ke sekolah dengan khusus, Anda dapat juga melewati sekolahnya ketika akan bepergian ke sebuah tempat. Khususnya melewati sekolah ketika jam istirahat, sehingga anak Anda dapat melihat keceriaan dari teman-teman yang saat itu bermain di halaman sekolah.
  6. Bantu anak menyiapkan semua kebutuhannya.
    Saat hari masuk sekolah telah semakin dekat, bantulah anak dalam menata segala yang dibutuhkan untuk hari pertama masuk sekolah. Biasakan anak menyiapkan alat tulis, baju seragam, sepatunya, dan juga tasnya.
  7. Ceritakan hal positif.
    Anda juga bisa menceritakan hal-hal positif ataupun yang menarik dari sekolah serta kegiatan yang akan anak Anda lakukan di sekolah dengan teman-temannya. Bahkan anda juga dapat bercerita tentang pengalaman Anda selama masuk sekolah dahulu saat Anda masih kecil pada anak anda.
  8. Lakukan diskusi kecil dengan anak.
    Diskusikan dengan santai masalah makan siang ataupun snack sekolah yang mau dibawa ke sekolah nantinya. Karena kegiatan menyusun menu untuk makan siang ataupun snack yang sehat tentu akan menyenangkan bagi anak. Bahkan anda juga dapat membeli peralatan makan siang dengan anak anda seperti boks untuk makan siang, sendok dan garpu, dan botol air minum, dengan gambar tokoh kartun kesukaanya.
  9. Diskusikan dengan guru anak.
    Jika anak anda mendapat makan siang ataupun snack dari kantin sekolah, pastikan juga guru di sekolah sudah mengetahui jika anak Anda mempunyai alergi dalam makanan tertentu ataupun tidak. Diskusikan bersama guru anak di sekolah bila anak mempunyai masalah kesehatan, gangguan ataupun keterbatasan dalam beraktivitas maupun kelainan fisik yang bisa berpengaruh dalam kegiatan sekolahnya nanti.
  10. Ajarkan sopan santun pada anak.Ajari anak anda untuk menghormati guru-guru terutama di sekolahnya nanti serta supaya tidak nakal dengan teman-teman di sekolahnya. Latihlah anak agar bersikap baik seperti dengan mengucapkan terima kasih, maaf dan tolong.
  11. Tidur cukup untuk anak.
    Pastinya anak Anda juga cukup waktu tidur di malam hari sebab kekurangan waktu tidur bisa berpengaruh dengan suasana hatinya selama di sekolah karena merasa kelelahan. Upayakan anak sudah makan paling tidak 2 jam sebelum waktu tidurnya. Apabila waktu makan serta tidur terlalu dekat bisa menyebabkan berkurangnya kualitas tidurnya. Hal tersebut disebabkan otak masih dalam keadaan aktif bekerja untuk memerintahkan tubuh dalam mengolah makanan.
  12. Tiba lebih awal ketika masuk kelas.
    Seharusnya anak dan Anda bisa tiba lebih awal di hari pertama masuk ke sekolah. Buatlah anak anda merasa lebih nyaman caranya anda berjalan bersama anak pada halaman ataupun koridor sekolah sembari membicarakan pengalaman baru yang akan didapat nantinya di hari pertamanya. Karena keterlambatan pada hari pertama ataupun ketegangan disebabkan terburu-buru akan merusak suasana hati saat hari pertama berada di sekolahnya. Tentunya Anda tidak mau jika hal itu bisa terjadi dengan si kecil bukan?

Tips beberapa Persiapan bagi anda untuk mempersiapkan sikecil masuk Sekolah diatas bisa anda lakukan ketika buah hati anda akan memulai sekolah barunya.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai