Jumat, 02 September 2016

Beberapa manfaat yang anda dapatkan untuk kesehatan si kecil jika makan malam bersama

Pusatmedik.org - Beberapa manfaat yang anda dapatkan untuk kesehatan si kecil jika makan malam bersama - tradisi makan malam dengan keluarga sekarang perlahan-lahan telah menghilang. Jika ada yang bertanya kapan terakhir makan bersama dengan anak? Apakah Kemarin? Seminggu silam? Atau bahkan Sebulan yang lalu? Bahkan juga sudah lupa? Apalagi dengan jadwal kegiatan sekarang ini yang semakin padat, dengan waktu tempuh pada perjalanan yang bertambah lama serta mulai ada gadget dalam keluarga. Walaupun duduk bersama dengan keluarga dalam satu meja, namun terkadang anggota keluarga tersebut masih sibuk menggunakan gadgetnya masing-masing. Bahkan terkadang anda juga lupa jika tujuan makan malam dengan keluarga ialah berkomunikasi.
http://www.pusatmedik.org/2016/09/beberapa-manfaat-yang-anda-dapatkan-untuk-kesehatan-si-kecil-jika-makan-malam-bersama.html
Google Image: Beberapa manfaat yang anda dapatkan untuk kesehatan si kecil jika makan malam bersama
Padahal ada banyak sekali manfaat bisa anda ambil ketika anda sudah makan malam bersama dengan keluarga. Antar anggota keluarga juga akan semakin dekat. Serta makan malam bersama juga tak harus setiap hari dilakukan. Yang penting bisa makan bersama keluarga secara rutin. Sekali dalam satu minggu, kemudian menjadi dua ataupun tiga kali dalam seminggu. Intinya anda jadikan makan malam tersebut menjadi sebuah kebiasaan.

Beberapa manfaat yang anda dapatkan untuk kesehatan si kecil jika makan malam bersama


Rutinitas makan malam juga mempunyai dampak positif pada anak. Sebuah penelitian telah membuktikan jika anak yang terbiasa untuk makan malam bersama dengan keluarga mempunyai ketahanan tubuh sangat baik. Berikut ini Beberapa manfaat yang anda dapatkan untuk kesehatan si kecil jika makan malam bersama :
  1. Mencegah Obesitas.
    Memang tanpa disadari, jika makan malam sendirian akan berdampak negatif. Anda tak tahu yang akan di makan. Dan yang paling penting ialah makan secepat mungkin serta sekenyang-kenyangnya. Saat makan malam bersama, orang tua pastinya akan menyajikan makanan sehat penuh gizi.
  2. Terbiasa Makan Makanan Sehat.
    Sediakan menu makanan sehat ketika makan malam, diantaranya buah, sayur yang mengandung banyak vitamin. Orangtua juga bisa mengajari anak tentang pentingnya mengkonsumsi makanan sehat supaya anak bisa terbiasa.
  3. Jauh dari Junk Food.
    Acara makan malam bersama dengan keluarga sebaiknya dilakukan di rumah.  Penyajian makanan yang ada di meja harus diperhatikan nilai gizinya. Terbukti dalam sebuah riset menyatakan bila anak-anak dari sebuah keluarga yang sering makan malam bersama jarang mengkonsumsi junk food maupun soft drink.
  4. Mempunyai Pola Makan yang Baik.
    Dengan makan malam bersama dengan keluarga tercinta di rumah berarti anda bisa mengatur porsi lebih sehat. Jika pada restoran, terutama yang menyediakan fast food, anda tidak tahu berapa besar nutrisi serta kandungan gizi dalam porsi makanannya. Selain itu anak juga tak akan makan berlebihan dan ketika dewasa, dia juga akan terbiasa dengan pola makan teraturnya.
  5. Memiliki Prestasi yang Lebih Baik di Sekolah.
    Sedangkan inti acara makan malam bersama keluarga ialah sebagai media komunikasi serta edukasi sekaligus meningkatkan hubungan emosional diantara anggota keluarga. Hal ini membuat suasana antara keluarga menjadi lebih hangat. Sang anak juga akan merasa nyaman, suasana tersebut juga akan cair sehingga otak menjadi lebih mudah digunakan untuk berpikir.
  6. Mempererat hubungan antara anggota keluarga.
    Selain itu acara makan malam bersama juga mampu mempererat hubungan dalam keluarga dan komunikasi yang lebih baik diantara sesama anggota keluarga. Tema pembukaan dapat dengan menanyakan tentang kegiatan yang sedang dijalani oleh anak.
  7. Memonitor Anak
    Sebuah penelitian dilakukan CASAas atau (the National Centre on Addiction and Substance Abuse) yang berasal dari Colombia University sudah menunjukkan bila semakin sering keluarga makan malam bersama bersama anggota keluarga lainnya, maka mampu menekan perilaku negatif dari sang anak misalnya kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman keras serta mabuk-mabukan.
    Karena, perilaku negatif tersebut akan semakin gampang menjerumuskan pada keadaan penyakit yang akan berlanjut fatal. Menurut riset yang dipublikasi oleh American Journal of Epidemiology, ada 4 perilaku sehat bisa berpengaruh dalam mencegah kematian khususnya karena penyakit jantung. Sedangkan penelitian yang dilakukan tahun 6299 dengan subyek yang berusia 44-84 tahun menunjukkan jika mereka yang menjalankan pola hidup sehat mempunyai risiko kematian sebesar 80% lebih rendah dibanding mereka yang tak menjalankan pola hidup sehat.
    Sedangkan empat pola hidup yang sehat tersebut ialah tak merokok, mengkonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang, menjalankan kegiatan fisik rajin setiap hari serta menjaga berat tubuh ideal dan sehat. Selain itu efek keempat pola hidup yang sehat tersebut juga saling mempengaruhi. Semakin besar kebiasaan sehat yang diterapkan pada keluarga maka efek sehat didapat juga semakin tinggi.
    Sebab hubungan yang dibina secara baik dalam keluarga akan menjadi pondasi seluruh aspek salah satunya dalam kesehatan. Sedangkan sehat bukan milik pribadi tapi merupakan hak setiap orang serta seluruh usia yang bermula dalam keluarga kecil. Bila seseorang hidup serta tinggal pada keluarga yang sehat, orang tersebut juga cenderung menerapkan pola hidup yang sehat sekaligus akan kembali membentuk sebuah keluarga yang sehat pula. Jika salah satu anggota dalam keluarga sakit, maka bisa menyulitkan semua anggota keluarga. Dibanding mengobati, anda bisa memulai dengan mencegah sakit.
  8. Mengajarkan Anak untuk Belajar Sopan Santun Saat di Meja Makan
    Ketika makan bersama dengan keluarga, disamping orangtua akan mengajarkan anak tentang sopan santun pada meja makan, seorang anak juga bisa mencontoh dengan melihat bagaimana orang tuanya dengan langsung cara makan yang baik.
    Alasannya dalam sebuah penelitian telah ditemukan jika diantara anak-anak yang usianya 5 tahun, yang mengkonsumsi cairan bersoda akan terjadi peningkatan perilaku agresif, dan penarikan diri, bahkan sulit untuk konsentrasi jika dibanding dengan yang tak mengkonsumsi minuman soda.

demikian Ulasan mengenai Beberapa manfaat yang anda dapatkan untuk kesehatan si kecil jika makan malam bersama diatas bisa anda dapatkan jika anda rutin melakukannya.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai