Jumat, 02 September 2016

Tips Cara Membangun Motivasi Anak Agar Sukses Dan Percaya Diri Untuk Masa Depannya

Pusatmedik.org - Tips Cara Membangun Motivasi Anak Agar Sukses Dan Percaya Diri Untuk Masa Depannya - Siapapun yang mempunyai anak pastinya tahu betul bahwa kehadiran nya itu suatu nikmat yang tidak ternilai namun memiliki anda bisa  juga membuat stres saat anak sedang bermasalah. Orangtua harus mengajarkan dan menyampaikan nilai-nilai baik sejak anak-anak masih kecil.
http://www.pusatmedik.org/2016/09/tips-cara-membangun-motivasi-anak-agar-sukses-dan-percaya-diri-untuk-masa-depannya.html
Google Image: Tips Cara Membangun Motivasi Anak Agar Sukses Dan Percaya Diri Untuk Masa Depannya
Akan tetapi, yang lebih penting yaitu membangun rasa percaya diri pada anak di dalam kemampuan nya. Jika Anda ingin membantu anak anda untuk membangun motivasi, cobalah beberapa Tips Cara Membangun Motivasi Anak Agar Sukses Dan Percaya Diri Untuk Masa Depanya berikut ini. Dengan begitu anak tidak akan merasa sendirian dalam melangkah.

Tips Cara Membangun Motivasi Anak Agar Sukses Dan Percaya Diri Untuk Masa Depanya


  1. Bicaralah dengan anak dan cari tahu tentang apa masalah nya
    Komunikasi yang baik itu penting untuk membangun hubungan yang langgeng dan sehat. Anak Anda mungkin merasa takut dan bingung serta banyak bertanya tentang dunia ini. Anak bisa saja merasa tidak bisa dan merasa percaya diri dengan dirinya. Oleh sebab itu, hal ini penting untuk membangun kepercayaannya dan membiarkan anak menyampaikan pada Anda mengapa ia merasa tidak percaya diri atau tidak yakin dengan dirinya sendiri. Dengan  begitu Anda dapat bekerja sama untuk mencari solusinya. 
  2. Bantulah anak untuk menemukan kegiatan yang membuat dia senang
    Beberapa anak dilahirkan dengan kemampuan suara yang luar biasa, beberapa mempunyai telinga yang baik untuk musik dan yang lainnya memiliki struktur otot dan tulang yang dapat membuat mereka menjadi seorang atlet yang hebat ataupun memiliki imajinasi yang luas untuk bercerita. Sebagai orang tua, cari tahu apakah bakat alami di dalam diri anak Anda dan bantu supaya bia terlibat dalam kegiatan yang dia senangi. Melukis, menari, bermain musik ataupun sesuatu yang lebih pragmatis seperti matematika. Hanya saja, pastikan bahwa anak Anda termotivasi. 
  3. Ajarkan anak untuk selalu fokus dalam membangun hubungan yang bermakna, mencari kebahagiaan dalam hal-hal kecil dan berusaha untuk sukses
    Banyak sekali orang yang mencapai kekuasaan, kekayaan dan keterampilan pada tingkat tertentu. Tetapi , mereka tidak pernah menaklukkan ketakutan mereka dan terus yakin dengan diri mereka sendiri. Ajarkanlah anak Anda tentang nilai persahabatan yang sejati dan bagaimana orang lain dapat membantu membuat mereka lebih kuat. Ajarkan mereka beralih ke hal-hal kecil yang positif di dalam hidupnya saat mencari kebahagiaan dan menjadi ambisius.
    Kegagalan hanyalah kesempatan untuk datang kembali dan Ada teman-teman yang baik disana untuk mendukung mereka. Tidak ada cara yang lebih baik untuk membantu anak membangun percaya diri dan harga dirinya dibandingkan menunjukkan kepada mereka tentang nilai dari orang lain. 
  4. Ajarkanlah anak untuk menetapkan cita-cita yang dicapai
    Bukanlah ide yang baik untuk memberikan pujian sepanjang waktu kepada anak Anda dan berikanlah mereka gambaran yang realistis dari diri mereka tentang kemampuannya. Biarkan mereka sendiri yang  memilih, namun tawarkan alternatifnya. Bantulah anak-anak Anda utnuk merumuskan beberapa tujuan jangka pendek yang sekiranya mudah dicapai dengan tujuan yang lebih kecil untuk jangka panjang namun masih dalam jangkauan.
    Misalkan, jika Anda mendaftarkan kelas tari, maka tujuan jangka pendeknya yaitu dapat menguasai gerakan tertentu dan berlatih 2 jam setiap hari, sementara tujuan yang lebih besar seperti kompetisi tari tingkat lokal. Akhirnya, mereka akan berusaha untuk meningkatkan bahkan memenangkan beberapa kompetisi yang lebih besar. Saat mereka mencapai cita-citanya,  mereka akan merasa lebih percaya diri dan merasa lebih bahagia. 
  5. Ajarkanlah anak bagaimana dispilin dan belajar untuk hasil terbaik
    Banyak orang yang percaya bahwa belajar adalah duduk lalu menatap buku selama berjam-jam. Hal ini bisa membuat anak merasa frustasi dan percayalah dia tidak menjadi pintar. Seorang anak memerlukan keseimbangan yang baik antara belajar, melakukan tugas dan bersenang-senang. Keseimbangan itu hanyalah dapat dicapai dengan cara mengatur waktu secara efektif.
    Beberapa mata pelajaran dapat lebih sulit bagi anak-anak dibandingkan yang lainnya dan mereka mungkin mempunyai masalah saat berlomba melawan jam. Tes dapat  membuat mereka stres dan mengambil semua kesenangan dari belajar. Anda bisa membuat mereka bahwa belajar itu menyenangkan dengan memberikan pelajaran dari video game, film atau contoh-contoh praktis, yang bisa memberikan hal yang menarik agar anak-anak tertarik. 
  6. Daftarkan anak di kelas yang fokus pada aktivitas fisik
    Latihan fisik di siang hari tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan anak, namun juga membantu dalam mengembangkan tubuh yang lincah dan kuat yang bisa dibanggakan. Sambil berolahraga, maka akan memungkinkan anak-anak bisa meningkatkan keterampilan sosialnya. 
  7. Menjadi teladan yang baik dengan mempraktikkan apa yang Anda katakan
    Anak hanya menyerap informasi dari lingkungan sekitarnya dan beralih ke Anda sebagai sumber informasi yang utama tentang prilaku yang bisa mereka terima. Pastikanlah Anda menunjukkan kepada anak anda bagaimana seseorang harus bersikap, janganlah hanya memberitahukan apa saja yang harus mereka lakukan dan lakukan apa yang seringkali Anda katakan supaya mereka tidak lakukan.
    Jika anak melihat orangtuanya tidak takut mengekspresikan dirinya, maka mereka juga akan mencoba menjadi baik kepada orang lain dan terbuka. Anak akan meniru kepercayaan diri ini dalam hidup mereka.

Itulah Tips Cara Membangun Motivasi Anak Agar Sukses Dan Percaya Diri Untuk Masa Depannya yang bisa anda coba pada anak anda. dengan begitu anak anda akan merasa nyaman dan percaya diri dalam menghadapi masa depan mereka. Selamat mencoba!

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai