Kamis, 08 September 2016

Tips cara mudah dan aman untuk mengatasi anak atau bayi saat menangis

Pusatmedik.org - Tips cara mudah dan aman untuk mengatasi anak atau bayi saat menangis - Sebagai seorang ibu pastinya anda tidak ingin melihat bayi atau anak anda rewel maupun menangis. Memang ada saat­saat dimana bayi ini memang rewel dan sulit untuk tidur. Pada saat itu, pastinya anda akan merasa khawatir atau kerepotan dengan keadaan tersebut.
http://www.pusatmedik.org/2016/09/tips-cara-mudah-dan-aman-untuk-mengatasi-anak-atau-bayi-saat-menangis.html
Google Image: Tips cara mudah dan aman untuk mengatasi anak atau bayi saat menangis
Untuk itu, tidak sedikit orangtua yang bingung harus bagaimana untuk menangani bayi yang rewel. Memang pada dasarnya masalah ini bisa diatasi dengan mudah bila anda tahu bagaimana caranya yang tepat. Untuk itu, anda bisa simak tips cara mudah dan aman untuk mengatasi anak atau bayi saat menangis di bawah ini :

Tips cara mudah dan aman untuk mengatasi anak atau bayi saat menangis


  1. Hindari Kontak Mata
    Cara yang pertama ialah dengan tidak melakukan kontak mata langsung dengan bayi. Dengan anda melakukan kontak mata maka bayi juga akan terus terjaga dan akhirnya rewel dan menagis. Dalam hal ini, anda juga harus membiarkan anak supaya tetap mempertahankan rasa kantuknya sampai akhirnya ia tertidur.
    Dan sebagai orangtua, pastinya anda harus mengetahui penyebab bayi rewel maupun menangis. Dan salah satu penyebab bayi yang rewel ialah karena mengantuk dan ingin cepat tidur.
  2. Mandikan Bayi Sebelum Tidur
    Bayi memang mempunyai kulit yang sangat sensitif serta mudah iritasi. Sebab hanya karena keringat saja bisa mengakibatkan kulit bayi iritasi dan merah­merah. Oleh karenanya, jangan biarkan bayi anda merasa kurang nyaman sebab keringat dan akhirnya iritasi.
    Terlebih pada saat tidur anak akan jauh lebih banyak menghasilkan keringat. Maka dari itu, sebaiknya mandikan bayi sebelum tidur. Dan apabila di malam hari, setidaknya seka lah  tubuh bayi memakai kain maupun tisu basah. Dengan begitu, anak atau bayi akan merasa lebih nyaman dan tidak rewel pada saat tidur.
  3. Beri Teman Untuk Si Kecil
    Bayi atau anak yang rewel di malam hari mungkin memang hal yang sudah wajar. Akan tetapi bila bayi rewel setiap hari pastinya anda harus tahu penyebab dan bagaimana cara mengatasinya. Dan salah satu hal yang menjadi penyebab bayi menangis dan rewel di malam hari ini ialah sebeb memerlukan teman.
    Misalnya anda bisa memberi teman bayi berupa boneka yang lucu dan juga lembut. Pilih juga boneka yang lembut sehingga nantinya tidak mudah melukai bayi. Anda juga bisa meletakan boneka tersebut di samping bayi saat bayi tidur.
    Hal lain yang bisa di lakukan ialah dengan menyetel musik yang pelan. Terlebih bila anda meninggalkannya tidur sendiri, cara ini juga cukup sekali membantu.
  4. Minum Susu
    Usahakanah supaya anak anda ini tidur dalam kondisi perut yang kenyang. Sebab bila tidak maka sangat besar sekali kemungkinan bayi akan rewel dan menangis sehingga terbangun dari tidurnya sebab merasa haus dan juga lapar.
    Maka dari itu, alangkah lebih baik anda memberi susu yang cukup sebelum bayi anda ini tidur. Dan dalam kasus ini, Air susu ibu adalah susu terbaik yang harus anda beri pada bayi. Dalam kondisi perut yang kenyang, maka bayi juga akan merasa nyaman serta tidur lebih nyenyak dan tidak rewel.
  5. Aromatherapy
    Cara mengatasi bayi dan anak menangis yang selanjutnya ialah dengan memberi aroma yang sedap. Anda sendiri saja mungkin juga tidak akan nyaman bila tidur di ruangan yang baunya kurang sedap atau wangi. Begitu pun dengan bayi dan anak anda, pastikanlah ruangannya wangi.
    Untuk itu, anda bisa memasang aromatherapy dengan bau yang wangi misalnya seperti wangi lavender. Dan dengan begitu, otomatis bayi akan merasa nyaman dan seperti di relaksasi. Memang, ruangan yang bau tidak sedap ini juga merupakan salah satu penyebab bayi yang rewel saat tidur di malam hari.
  6. Berikan Sentuhan Hangat
    Begitu anda rewel, maka segera sentuh dengan tangan anda yang hangat. Hal yang bisa anda lakukan ialah dengan memberi tepukan kecil di pantat hingga beberapa kali. Anda juga bisa memperlakukan untuk mencegah bayi rewel di malam hari sebab ia merasa jauh lebih tenang.
    Anda juga bisa memberi sentuhan yang lembut di kening, tangan, perut atau kaki bayi anda.
  7. Terapkan Gaya Hidup Sehat
    Selanjutnya kenalkan makanan yang sehat, penuhilah keperluan buah­buahan dan juga makanan camilan untuk menambah energi yang selalu terpakai untuk bergerak. Selain itu, pantau apakah istirahatnya ini sepadan dengan kelincahannya. Sebab istirahat yang cukup dapat mereduksi kelelahan yang memicu tangisannya.
    Selanjutnya luangkan waktu untuk duduk berduaan, mendongeng maupun membaca buku menjelang jam tidurnya supaya anak beranjak tidur dengan pikiran yang tenang dan juga santai.
  8. Buat Gambar Wajah Supaya Anak Terhibur
    Untuk mengurangi tangis bayi, anda minta anak mengambil gambar wajah sedih pada saat dia sedih dan ambil gambar wajah senang ketika dia gembira. Sehingga nantinya anda bisa lebih cepat menanggapi, jika dia mengambil gambar wajah sedih. Intervensi yang jauh lebih cepat, dapat mencegah anak yang menangis.
  9. Peduli Pada Perasaan Anak Balita
    Pada saat anak menangis anda bisa berkata  “Ibu tahu kamu memang sedih, karena tidak boleh mainan jarum karena memang jarum berbahaya. Boleh nangis, tapi tidak boleh mainan jarum.“ Anda juga selalu mengizinkan dia memiliki perasaan apapun, namun anda juga harus tetap tegas dengan aturan.

demikianlah Tips Cara Mudah Dan Aman Untuk Mengatasi Anak Atau Bayi Saat Menangis bisa anda terapkan sehari-hari di rumah untuk mencegah bayi atau anak menangis baik di siang atau malam hari.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai