Kamis, 15 Desember 2016

Bipolar Definisi Gejala Penyebab Dan Pengobatan serta Perawatan Gangguan Bipolar Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Bipolar Definisi Gejala Penyebab Dan Pengobatan serta Perawatan Gangguan Bipolar Menurut Ilmu Kedokteran – Bipolar merupakan salah satu jenis penyakit psikologi yang cukup mengkhawatirkan. Bipolar disorder sering muncul saat masa akhir remaja ataupun awal masa dewasa. Meski begitu, tak menutup kemungkinan keadaan ini juga ditemukan pada anak serta orang dewasa.
http://www.pusatmedik.org/2016/12/bipolar-definisi-gejala-penyebab-dan-pengobatan-serta-perawatan-gangguan-bipolar-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Bipolar Definisi Gejala Penyebab Dan Pengobatan serta Perawatan Gangguan Bipolar Menurut Ilmu Kedokteran
Setengah dari kasus bipolar pada penderita di bawah umur 25 tahun bisa berlangsung seumur hidup. Lalu dapatkah bipolar diobati? Jika anda ingin tahu, simak ulasan artikel berikut ini.

Bipolar Definisi Gejala Penyebab Dan Pengobatan serta Perawatan Gangguan Bipolar Menurut Ilmu Kedokteran


Definisi
Gangguan bipolar atau bipolar disorder atau depresi manic, merupakan kondisi mental yang dapat menyebabkan perubahan mood yang sangat ekstrem. Penderita gangguan bipolar bisa berubah perasaan diawali dari sangat bahagia atau mania menjadi sangat sedih atau depresi. Ketika penderita merasa sedih, maka ia merasa tertekan, dan kehilangan harapan.

Tetapi ketika merasa senang, penderita merasa sangat bersemangat serta penuh gairah. Perubahan-perubahan mood tersebut bisa terjadi beberapa kali setahun, atau bahkan beberapa kali dalam seminggu pada kasus yang parah. Keadaan jiwa ini bisa menyebabkan kerusakan hubungan pribadi, rendahnya produktivitas dan motivasi di tempat kerja, bahkan bisa menyebabkan adanya perasaan ingin bunuh diri.

Gejala
Gejala episode manic diantaranya:
  1. Merasa terlalu bahagia serta bersemangat
  2. Mudah tersinggung
  3. Bersikap gegabah
  4. Banyak makan
  5. Kurang tidur
  6. Berbicara dengan cepat serta mengubah topik pembicaraan mulai dari 1 topik ke topik yang lain
  7. Tidak mampu membuat keputusan
  8. Dapat melihat hal-hal aneh serta mendengar suara-suara misterius

Gejala episode depresif diantaranya:
  1. Merasa sangat bersedih serta kehilangan harapan dalam jangka waktu panjang
  2. Tidak tertarik melakukan kegiatan sehari-hari
  3. Merasa mengantuk serta malas
  4. Makan lebih sedikit
  5. Sulit berkonsentrasi
  6. Merasa minder
  7. Punya pemikiran bunuh diri

Penyebab
Masih belum teridentifikasi dengan jelas apakah penyebab spesifik dari keadaan jiwa bipolar disorder, namun terdapat beberapa faktor yang diketahui bisa menimbulkan gejala bipolar yaitu:
  1. Kondisi otak
    Otak bisa melewati perubahan fisik yang dapat memengaruhi neurotransmitter. Transmiter tersebut adalah zat-zat yang dapat memengaruhi mood
  2. Turunan genetis
    Anggota keluarga atau orang tua kemungkinan dapat mewariskan bibit bipolar disorder kepada anda.
  3. Pengaruh lingkungan sosial
    Beberapa peneliti menemukan bahwa terdapat faktor-faktor sosial yang bisa menyebabkan bipolar disorder diantaranya seperti perasaan stres akibat suatu kejadian trauma, rendahnya kepercayaan diri, ataupun mengalami kehilangan yang tragis.

Faktor Risiko
Beberapa faktor di bawah ini bisa memengaruhi kemungkinan seseorang terkena bipolar disorder, yaitu:
  1. Penyalahgunaan alkohol atau obat-obatan terlarang
  2. Periode stress yang tinggi
  3. Memiliki anggota keluarga yang menderita bipolar disorder
  4. Mengalami peristiwa kehilangan secara tiba-tiba, misalnya seperti kematian orang tersayang

Obat dan Pengobatan
Perawatan untuk penderita bipolar disorder tak dapat menyembuhkan penderita tetapi bisa menstabilkan perubahan mood Anda. Adapun perawatan yang cocok untuk penderita akan ditentukan psikiater (dokter yang khusus mengobati atau menangani gangguan-gangguan kondisi mental). Tergantung keadaan penderita, beberapa perawatan yang dapat diberikan biasanya berupa:
  1. Terapi obat:
    dokter bisa menganjurkan resep untuk membantu menstabilkan mood pasien. Obat tersebut bisa membantu mengurangi gejala-gejala yang dialami pasien. Pasien mungkin diharuskan mengonsumsi obat yang telah di  resep-kan dokter dalam waktu yang panjang untuk mencegah episode depresi yang bisa menyebabkan bunuh diri. Adapun obat-obatan yang ada diantaranya terdiri dari penstabil mood, antipsikotik, antidepresan, serta obat anti stress.
  2. Konseling:
    pasien mungkin perlu melakukan konseling dengan tujuan untuk membicarakan kondisi pasien dan bagaimana cara melalui episode emosi yang pasien alami.
  3. Perawatan penyalahgunaan zat-zat tertentu:
    jika pasien mempunyai ketergantungan terhadap zat tertentu, maka sangat penting menanggulangi ketergantungan tersebut, sebab kondisi tersebut dapat menyulitkan pasien dalam meringankan kondisi-kondisi yang pasien alami
  4. Perawatan Rumah Sakit:
    pada kasus-kasus yang lebih parah, pasien diharuskan untuk dirawat atau tinggal di rumah sakit dengan tujuan untuk pengawasan berkala. Adapun perawatan tersebut dilakukan khususnya jika pasien menunjukka tanda-tanda ingin bunuh diri. Biasanya pada level ini, pasien dapat saja melukai dirinya sendiri dan juga orang lain
  5. Tak semua situasi sama, oleh sebab itu lebih baik setiap keluhan pasien didiskusikan dengan psikiater.

Diagnosis

Agar tepat dalam mendiagnosis biasanya psikiater melakukan serangkaian tes diantaranya sebagai berikut:
  1. Tes fisik: adapun tes ini dilakukan untuk membantu mengetahui sumber dari keluhan.
  2. Tes psikologis: dokter biasanya akan menanyakan beberapa jenis pertanyaan mengenai perasan pasien, episode mood, serta pola tingkah laku.
  3. Penggambaran Mood: dokter juga akan menulis catatan atau buku harian yang berisi tentang pola tidur, mood, serta tingkah laku pasien untuk menentukan diagnosis pasien

Pengobatan di Rumah
Berikut ini merupakan bentuk-bentuk gaya hidup sehat serta pengobatan yang dapat dilakukan di rumah yang bisa membantu pasien menghadapi gangguan bipolar atau Bipolar Disorder:
  1. Segera melapor kepada dokter ataupun orang yang dipercayai ketika mulai memikirkan atau ingin bunuh diri
  2. Tidur atau istirahat yang cukup mengikuti jadwal tidur rutin
  3. Meninggalkan hubungan yang tak membahagiakan
  4. Melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara rutin
  5. Mengakhiri kebiasaan mengkonsumsi alkohol serta menghindari penyalahgunaan zat yang terlarang

Sekian informasi dari kami tentang Bipolar Definisi Gejala Penyebab Dan Pengobatan serta Perawatan Gangguan Bipolar Menurut Ilmu Kedokteran, semoga dapat membantu dan menambah wawasan bagi para pembaca.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai