Jumat, 23 Desember 2016

Tiroid Definisi Penyebab Gejala Serta Pengobatan Penyakit Tiroid dalam Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Tiroid Definisi Penyebab Gejala Serta Pengobatan Penyakit Tiroid dalam Ilmu Kedokteran - Kelenjar tiroid merupakan bagian tubuh yang berperan penting dalam menopang kehidupan manusia. Kelenjar ini bertugas sebagai produsen sekaligus sebagai tempat penyimpanan hormon untuk membantu mengatur kerja detak jantung kita. Kehadiran hormon tiroid juga membantu mengatur suhu badan, tekanan darah, dan juga proses mengubah makanan untuk dijadikan energi.
http://www.pusatmedik.org/2016/12/tiroid-definisi-penyebab-gejala-serta-pengobatan-Penyakit-TIROID-dalam-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Tiroid Definisi Penyebab Gejala Serta Pengobatan Penyakit Tiroid dalam Ilmu Kedokteran
Sehingga dapat dikatakan, kehadiran kelenjar tiroid sangat penting karena hormon yang dihasilkan berdampak pada fungsi setiap sel dalam tubuh. Jika hormon dari kelenjar tiroid kurang, manusia dapat mengalami pertumbuhan serta metabolisme tubuh yang tak normal. Itulah sebabnya, hadirnya hormon tiroid yang asalnya dari kelenjar yang berada di bagian leher bawah ini berkaitan erat dengan pertumbuhan serta perkembangan anak-anak. Di kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyakit tiroid. Selengkapnya mengenai penyakit tiroid silahkan simak ulasan berikut.

Tiroid Definisi Penyebab Gejala Serta Pengobatan Penyakit Tiroid dalam Ilmu Kedokteran


Definisi
Penyakit tiroid merupakan berbagai gangguan ataupun masalah yang terjadi di bagian kelenjar tiroid. Adapun kelenjar yang letaknya ada di bagian bawah jakun ini berfungsi untuk mengatur berbagai macam sistem metabolisme di dalam tubuh sehingga fungsinyaa sangat penting untuk kita.

Adapun kinerja kelenjar tiroid ini dikendalikan oleh otak. Saat untuk tubuh mengalami kekurangan ataupun kelebihan hormon tiroid, maka otak akan merangsang bagian kelenjar tiroid yaitu untuk menyesuaikan kinerjanya supaya kadar hormon tersebut bisa kembali seimbang.

Penyebab
Jenis utama dari penyakit tiroid yaitu kadar hormon tiroid terlalu tinggi ataupun terlalu rendah di dalam tubuh kita dan hal ini bisa dipicu oleh berbagai macam faktor diantaranya meliputi:
  1. Masalah yang terjadi pada kelenjar pituari yang berada di otak.
  2. Pengaruh obat litium.
  3. Kelenjar tiroid yang telah rusak misalnya saja karena pajanan radiasi
  4. Jumlah kadar iodin yang terlalu berlebihan di dalam tubuh.

Macam-macam Penyakit Tiroid
Adapun penyakit tiroid bisa dikategorikan dalam beberapa jenis, antara lain:
  1. Hipotiroidisme
    Adapun hipotiroidisme merupakan suatu kondisi dimana kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroksin terlalu sedikit sehingga tubuh penderita mengalami defisiensi. Keadaan ini sering dialami para wanita (terutama lansia) serta memiliki gejala-gejala umum diantaranya seperti konstipasi, kelelahan, kulit kering, kenaikan berat badan yang tidak diketahui sebabnya, dan lebih sensitif dengan hawa dingin.
  2. Hipertiroidisme
    Apabila kelenjar tiroid menghasilkan suatu hormon tiroid yang terlalu berlebihan di dalam tubuh, Anda dapat mengalami kelenjar tiroid yang overaktif ataupun hipertiroidisme. Umumnya penyakit ini ditandai oleh detak jantung yang terlalu cepat ataupun tak beraturan, berat badan turun secara tiba-tiba meskipun nafsu makan meningkat, gugup, berkeringat, dan juga cemas.
  3. Penyakit gondok
    Adapun penyakit gondok merupakan pembengkakan pada kelenjar tiroid yang biasanya menyebabkan benjolan di leher. Di samping benjolan menjadi gejala utama penyakit gondok, penderita penyakit ini dapat juga mengalami perubahan suara, sulit bernapas dan juga menelan, serta merasa sesak pada tenggorokan.
  4. Nodul tiroid
    Sedangkan nodul tiroid merupakan benjolan padat ataupun berisi air yang muncul dalam kelenjar tiroid. Biasanya benjolan ini bida berupa tumor jinak ataupun kista. Nodul tiroid sangat jarang menampakkan gejala sehingga biasanya hanya terdeteksi ketika penderitanya menjalani sebuah pemeriksaan kesehatan umum. Akan tetapi jika nodul tumbuh cukup besar, maka kondisi ini dapat menyebabkan penderitanya kesulitan bernapas dan menelan serta rasa sakit di tenggorokan.
Apabila Anda merasakan gejala-gejala tersebut, maka ada baiknya Anda segera memeriksakan diri pada dokter supaya penanganannya bisa segera dilakukan.

Diagnosis

Biasanya proses diagnosis penyakit tiroid ini memerlukan beberapa langkah pemeriksaan secara mendetail. Adapun jenis pemeriksaan tersebut dianataranya meliputi tes darah, pemindaian dengan menggunakan isotop radioaktif, USG, dan juga biopsi lewat aspirasi jarum halus.

Selain itu tes darah yang sangat dianjurkan yaitu evaluasi fungsi pada kelenjar tiroid. Fungsi tes ini yaitu untuk mengukur jumlah kadar hormon tiroid serta TSH atau thyroid-stimulating hormone dan untuk menentukan keadaan hipertiroidisme ataupun hipotiroidisme yang sedang dialami pasien.
 
Lewat USG serta pemindaian isotop radioaktif, biasanya dokter mendeteksi ukuran dan jenis benjolan pasien. Sementara biopsi lewat aspirasi jarum halus memungkinkan dokter untuk mengenali jenis sel yang terdapat dalam benjolan.

Pengobatan
Penentuan langkah pengobatan tergantung dari usia, jenis penyakit tiroid, usia, dan kondisi kesehatan pasien. Ada dua cara yang umumnya diberikan untuk menangani jenis penyakit tiroid ini. Langkah ini diantaranya meliputi pemberian obat, terapi radioaktif dan/ataupun prosedur operasi.

Adapun obat-obatan yang diberikan mempunyai fungsi yang berbeda-beda, hal ini tergantung jenis penyakit tiroidnya. Fungsi obat-obatan serta terapi tersebut biasanya meliputi:
  1. Menurunkan produksi dari hormon tiroid di dalam tubuh.
  2. Menggantikan hormon tiroid di dalam tubuh.
  3. Menghancurkan sel-sel tiroid.
  4. Selain itu, gejala-gejala hipertiroidisme (diantaranya seperti detak jantung meningkat) juga ditangani dengan menggunakan obat-obatan lain.
Apabila dokter menganjurkan operasi, maka jenis operasi yang dijalani pasien biasanya yaitu proses pengangkatan pada kelenjar tiroid ataupun tiroidektomi. Prosedur ini dapat dilakukan untuk membantu menangani kelenjar tiroid bengkak ataupun benjolan yang terdapat di dalamnya.

Adapun kebanyakan penyakit tiroid tak membahayakan penderitanya serta bisa dikendalikan lewat penanganan medis. Namun jika dibiarkan, kemungkinan bisa berkembang menjadi penyakit kanker tiroid yang perlu ditangani secepat mungkin serta dengan cara saksama.
 

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai