Senin, 23 Januari 2017

Floaters Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Pencegahan Floaters Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Floaters Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Pencegahan Floaters Menurut Ilmu Kedokteran - Apakah pandangan mata anda melihat bayangan hitam berupa bintik-bintik atau sebuah garis lurus? Jika anda mengalami hal tersebut bisa jadi itu floater. Lalu apakah floater itu? Simak ulasan berikut.
http://www.pusatmedik.org/2017/01/floaters-definisi-penyebab-dan-pengobatan-serta-pencegahan-floaters-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Floaters Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Pencegahan Floaters Menurut Ilmu Kedokteran
Definisi
Floaters merupakan bayangan benda baik kecil maupun besar yang terlihat melayang-layang di penglihatan. Ukuran floaters bervariasi, mulai bintik-bintik kecil yang memiliki warna hitam sampai bayangan besar seperti bentuk sebuah tali panjang. Floaters umumnya muncul ketika seseorang melihat sebuah misalnya cahaya terang seperti cahaya matahari ataupun menatap warna dasar misalnya  seperti warna putih yang terlalu lama.

Floaters Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta Pencegahan Floaters Menurut Ilmu Kedokteran


Umumnya, floaters terjadi akibat faktor usia. Untuk mata normal, cahaya bisa masuk lewat lensa serta kornea mata kemudian dilanjutkan ke retina yang ada di belakang mata. Antara bagian depan serta belakang mata terdapat cairan kenyal yang fungsinya untuk membantu mempertahankan bentuk dari bola mata atau disebut dengan vitreus. Seiring bertambahnya umur, kekentalan vitreus berkurang, dan mulai muncul sisa-sisa kotoran menggenang di dalamnya. Sisa-sisa kotoran yang melayang ini terlihat sebagai floaters.

Terdapat beberapa faktor yang bisa mengakibatkan terjadinya floaters misalnya seperti rabun dekat, kecelakaan yang melukai bagian mata, peradangan mata, infeksi, , sobekan retina, komplikasi diabetes, tumor intra ocular, ataupun migrain.

Gejala
Umumnya, floaters tak mengmenyebabkan sakit tetapi bisa mengganggu penglihatan secara berlebihan. Gejala floaters yang termasuk tidak berbahaya yaitu seperti melihat bintik-bintik kecil ataupun garis pada mata, serta tetap ada dan mengikuti alur penglihatan pada beberapa saat.

Tetapi, jika Anda mengalami gejala-gejala yang tak biasa seperti bintik atau bayangan tali berubah ukuran, kelihangan penglihatan tepi, melihat kilatan cahaya, penglihatan buram sampai mengalami rasa sakit di bagian mata, disarankan untuk segera menemui dokter.

Penyebab
Floaters bisa  disebabkan oleh kondisi berikut ini:
  1. Usia
    Semakin bertambah usia seseorang, kondisi dalam mata juga mengalami perubahan. Vitreus yang awalnya mempunyai konsistensi kenyal dalam  menjaga bentuk bola mata  lama kelamaan mencair serta kehilangan elastisitasnya.
    Sehingga menyebabkan vitreus mengerut, serta beberapa bagian dalam bola mata ikut tertarik. Ketika vitreus mengerut serta bertambah padat, kemudian mulai muncul sisa kotoran yang terlepas dan menghalangi jalur penglihatan.
  2. Perdarahan pada mata
    Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan perdarahan pada vitreus, antara lain yaitu trauma langsung di bagian mata ataupun ketika terjadi gangguan di pembuluh darah dalam mata, misal kasus retinopati diabetik.
  3. Peradangan pada mata di bagian belakang
    Adapun kondisi ini disebut sebagai uveitis posterior, yang mana lapisan uvea mengalami peradangan karena infeksi.
  4. Sobekan retina
    Adapun sobekan retina bisa terjadi ketika vitreus yang mengerut menarik lapisan retina. Jika tidak segera ditangani, sobekan ini dapat menyebabkan lapisan retina terlepas, yang bisa berisiko terjadinya kebutaan.

Diagnosis
Diagnosis dapat dilakukan dengan melakukan tes berikut ini:
  1. Tes fisik
    Dokter dapat melihat aktifitas retina lewat pupil serta memantau besar kecilnya ketika terpapar cahaya. Jika tak bisa didiagnosa secara langsung, maka dokter akan memakai c tetes mata untuk membantu melebarkan pupil serta memudahkan dokter memeriksa keadaannya.
    Dokter mungkin juga menggunakan slit lamp bersama pencahayaan terang untuk membantu memeriksa bagian dalam organ mata. Biasanya sesudah melakukan tes ini, penglihatan terasa buram atau silau dalam beberapa jam. Sebaiknya tidak mengemudi ataupun melakukan kegiatan di luar ruangan sampai rasa silau mereda.
  2. Tes Tonometri
    Apabila diperlukan, tes tonometri ataupun tes tekanan mata bisa dilakukan untuk melihat kekuatan dan kemampuan mata penderita atau tekanan intraokular.

Pengobatan
Floaters umumnya tak memerlukan pengobatan khusus sebab bisa menghilang dengan sendirinya. Tetapi, jika kadar floaters dirasa cukup mengganggu penglihatan, ada beberapa pengobatan yang sering disarankan dokter, misalnya seperti:
  1. Terapi Laser
    Dokter dapat mengarahkan sebuah sinar laser khusus di  badan kaca atau vitreous humour untuk membantu menghancurkan floaters jadi partikel kecil, sehingga tak mengganggu penglihatan.
    Namun ini harus dilakukan secara hati-hati sebab bisa merusak retina apabila pengarahan laser tak tepat.
  2. Vitrektomi
    Apabila terapi laser tak banyak membantu, maka operasi vitrektomi bisa menjadi pilihan untuk penderita floaters. Operasi vitrektomi dilakukan dengan cara mengangkat badan kaca beserta butiran kecil yang mengambang serta menggantikannya dengan sebuah cairan garam steril.
    Biasanya sebelum melakukan operasi ini, disarankan untuk segera konsultasi dengan dokter guna mengetahui resiko serta efek samping yang bisa terjadi.

Komplikasi
Floaters umumnya tak mengakibatkan komplikasi, tetapi risiko bisa meningkat ketika penderita mengambil sebuah langkah operasi vitrektomi, misalnya seperti:
  1. Ablasio ataupun terlepasnya retina dari bagian mata
  2. Katarak
  3. Kerobekan serta pendarahan pada retina
  4. Segera temui dokter apabila mengalami komplikasi ataupun merasa perbedaan yang tak biasa sesudah melakukan operasi ataupun terapi lainnya.

Pencegahan
Floaters biasanya tak dapat dicegah. Meski begitu, sangat disarankan bagi anda semua untuk memeriksa kesehatan bagian mata di optik ataupun klinik mata minimal setiap 2 tahun sekali untuk mengetahui status kesehatan organ mata Anda. Pemeriksaan mata juga berfungsi untuk membantu memastikan bahwa floaters yang anda alami bukan merupakan gejala suatu kondisi yang serius yang bisamerusak penglihatan mata.
 

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai