Rabu, 21 Juni 2017

Definisi Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Perut Kembung Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Definisi Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Perut Kembung Menurut Ilmu Kedokteran – Sudah tahukah anda mengenai perut kembung? Perut kembung atau istilah medisnya flatulensi merupakan suatu gangguan pencernaan yang mana penderitanya merasa perutnya penuh, kencang, bergas, dan terlihat membesar sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Keluhan gangguan pencernaan ini bisa terjadi pada siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mengalami kondisi perut kembung dapat menganggu aktivitas sehari-hari penderitanya.
http://www.pusatmedik.org/2017/06/definisi-penyebab-dan-pengobatan-penyakit-perut-kembung-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Definisi Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Perut Kembung Menurut Ilmu Kedokteran
Kondisi perut kembung berbeda dengan perut normal, karena perut kembung dapat membuat penderitanya lebih sering mengalami sakit. Penderita perut kembung biasanya mengalami beberapa gejala sebagai berikut; perut merasakan sensasi penuh, sesak, perut membengkak, perut penuh gas dan terasa nyeri, kadang terasa kram perut, lebih sering bersendawa, perut terasa bergejolak, dan terus-menerus buang angin (kentut) secara berlebihan.

Definisi Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Perut Kembung Menurut Ilmu Kedokteran


Definisi Perut Kembung
Perut kembung merupakan suatu gangguan kesehatan yang terjadi akibat adanya peningkatan jumlah gas dalam saluran pencernaan.

Penyebab Perut Kembung

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya perut kembung, yaitu: merokok, sembelit, terlalu banyak makan, makan terlalu cepat, berat badan meningkat, menelan udara saat makan maupun minum, adanya pertumbuhan bakteri terlalu cepat dalam usus kecil, naik-turunnya hormon, dan dikarenakan kondisi medis seperti parasit usus atau giardiasis.

Pada kondisi udara yang masuk dalam tubuh saat makan ataupun minum, masuknya sejumlah besar udara ke dalam tubuh menyebabkan perutnya merasa penuh. Tubuh akan bereaksi mengeluarkan gas tersebut melalui sendawa,  menyerap gasnya melalui dinding-dinding saluran pencernaan ke dalam darah, lalu mengeluarkannya melalui paru-paru dan buang angin atau kentut.

Gambaran klinik Perut Kembung
  1. Perut kembung sebenarnya bukan merupakan penyakit namun gejala penyakit.
  2. Bila ada banyak udara yang masuk ke dalam usus, maka akan membuat perut menjadi kembung. Kondisi normal perut apabila ada sedikit udara dalam usus. Setiap harinya secara normal tubuh kita memproduksi 0,5 - 1,5 liter gas dalam perut dan kentut sebanyak 10 kali.
    Bau busuk pada kentut disebabkan adanya bakteri usus yang menghasilkan gas berisi belerang.
  3. Setiap orang memiliki jumlah udara yang berbeda dalam ususnya, sehingga penderita perut kembung bisa tergantung dari kondisi pada jumlah gas dalam ususnya tersebut.
  4. Perut kembung biasanya menyebabkan nyeri perut, bersendawa, dan banyak mengeluarkan kentut.
  5. Kondisi perut kembung dapat menjadi gejala penyakit serius, seperti; penyakit celiac, kanker ovarium, gangguan fungsi pankreas, gagal ginjal, dan penyakit hati.

Diagnosis Perut Kembung

Diagnosis atas perut kembung berdasarkan gejalanya. Bila memeriksakannya ke dokter, dokter akan melakukan beberapa cara dalam mendiagnosis penyebab perut kembung yang dialami pasien. Caranya yaitu;
  1. Mengevaluasi catatan medis penderita
  2. Menilai pola makan penderita
  3. Melakukan pemeriksaan fisik.
Dokter akan mengetuk perut penderita dengan menggunakan jari dan mendengarkan suara yang timbul karenanya. Jika suara perut terdengar nyaring saat diketuk, maka ini menandakan adanya gas dalam rongga perut. Dokter juga dapat memeriksa suara usus dengan menggunakan stetoskop.

Kemudian, dokter akan melakukan pemeriksaan secara lebih lanjut pada pasien untuk mengatasi kondisi medis lainnya. Bila ada dugaan penyebab perut kembungnya dikarenakan oleh penyakit, maka penyelidikan lebih lanjut dilakukan dengan melakukan pemeriksaan ultrasound atau sonografi perut, tes feses, maupun tes alergi, seperti; tes toleransi laktosa.

Penatalaksanaan Perut Kembung

Perut kembung ringan dapat diatasi dengan berbagai macam cara. Namun, pertama-tama harus diketahui dahulu apa penyebab perut kembung yang dialami.
  1. Bila diketahui penyebabnya adalah makanan, maka penderita perut kembung harus mengurangi mengkonsumsi makanan tersebut. Pada kebanyakan orang, perut kembung hanya merupakan suatu gejala ringan yang dapat diatasi dengan mengontrol porsi makanan, mengurangi makanan berlemak, dan dapat mengunyah dengan perlahan.
  2. Bila penyebabnya dari adanya kandungan gula dalam kacang-kacangan dan sayuran yang telah dikonsumsi yang tidak dapat dicerna, maka dapat diatasi dengan mengkonsumsi enzim ataupun obat pereda perut kembung dalam bentuk tablet atau cairan yang bernama alpha-D-galactosidase.
  3. Bila penderita perut kembung merasakan nyeri di perut dan muncul gejala lainnya, seperti; mengeluarkan darah warna hitam pada kotoran, demam tinggi, diare, perut mulas, dan muntah, maka sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Pengobatan Perut Kembung
  1. Minum obat kadang dapat membantu mengurangi pembentukan gas dalam perut, meskipun secara umum diketahui tidaklah efektif. Obat yang mengandung Simethicone dalam kandungan beberapa jenis antasid, metoclopramide, dan betanecol dapat juga untuk mengurangi gejalanya.
  2. Untuk beberapa kasus, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat juga bisa membantu mengatasi perut kembung, meskipun pada penderita lainnya hal ini malah dapat memperburuk keadaan perut kembungnya.

Pencegahan Perut Kembung

Perut kembung dapat dicegah maupun diatasi dengan melakukan rutinitas yang lebih baik pada pola hidup seseorang. Beberapa contohnya, yaitu sebagai berikut;
  1. Mengurangi kebiasaan merokok dan mengunyah permen karet karena dapat membuat menelan udara lebih banyak masuk ke dalam tubuh.
  2. Hindari mengkonsumsi makanan penghasil gas, seperti kubis dan kacang-kacangan.
  3. Kurangi minuman bersoda.
  4. Bila alergi terhadap kandungan laktosa, dapat mengkonsumsi produk olahan yang bebas kadar laktosa.
  5. Kurangi berat badan berlebih.
  6. Kurangi minum mneggunakan sedotan.
  7. Lebih banyak melakukan kegiatan olahraga untuk membantu membuang gas yang berlebih dalam tubuh.

Itulah sekiranya informasi yang dapat disampaikan mengenai definisi penyebab dan pengobatan penyakit perut kembung menurut ilmu kedokteran. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai kesehatan.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai