Rabu, 05 Juli 2017

Kekurangan Yodium Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta gejala Klinik Kekurangan Yodium Menurut Ilmu Kedokteran

Pusatmedik.org - Kekurangan Yodium Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta gejala Klinik Kekurangan Yodium Menurut Ilmu Kedokteran - Sudah tahukah anda terkait penyakit atau efek dari kekurangan yodium? Yodium adalah salah satu jenis mineral yang sangat penting adanya dalam dalam tubuh walaupun kadarnya dalam tubuh sangat kecil maupun sedikit saja.
http://www.pusatmedik.org/2017/07/kekurangan-yodium-definisi-penyebab-dan-pengobatan-serta-gejala-klinik-kekurangan-yodium-menurut-ilmu-kedokteran.html
Google Image: Kekurangan Yodium Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta gejala Klinik Kekurangan Yodium Menurut Ilmu Kedokteran
Yodium dalam tubub jumlahnya juga hanya berkisar pada 0,00004% dari berat tubuh dengan menyeluruh atau sekitar 15 sampai 23 mg. Hal tersebut juga yang mengakibatkan bahwa yodium adalah jenis mineral mikro maupun trace element. Seperti vitamin, yodium ini ternyata juga tidak dapat di produksi langsung oleh tubuh melainkan harus memperoleh asupan dari makanan dan minuman dari luar tubuh. 

Kekurangan Yodium Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta gejala Klinik Kekurangan Yodium Menurut Ilmu Kedokteran


Definisi
Kekurangan yodium merupakan sebuah kondisi yang terjadi saat seseorang kurang memperoleh asupan yodium sehingga tubuh tidak mampu menghasilkan hormon tiroid dengan memadai. Kekurangan yodium berat juga akan mengakibatkan beberapa masalah kesehatan seperti gondok ( Kelenjar Gondok ), kretinisme serta penurunan kesuburan pada wanita. Pada lingkup populasi, kekurangan yodium berat juga bisa meningkatkan angka kematian bayi dan juga keterbelakangan mental. 

Yodium atau iodine ini merupakan sebuah senyawa kimia yang tidak mampu diproduksi oleh tubuh. Maka dari itu, kecukupan kadar yodium yang ada dalam tubuh sangat bergantung dari asupan makanan sehari-hari. Di Indonesia sendiri, gangguan yang di akibatkan dari kekurangan yodium ini juga masih menjadi salah satu masalah gizi yang paling utama. Kondisi ini juga sering kali di jumpai pada daerah pegunungan yang mana konsumsi makanan sehari-hari masih sangat bergantung terhadap produksi pangan setempat dengan kondisi tanah yang miskin akan yodium.

Penyebab
Adapun penyebab dari kekurangan yodium ini ialah kurangnya konsumsi yodium atau iodine untuk mencukupi kebutuhan tubuh seseorang.

Gambaran klinik
Memang penyakit kekurangan yodium ini juga tidak bisa di sepelekan karena semakin banyak tubuh kekurangan yodium maka nantinya juga bisa menimbulkan berbagai penyakit yang jauh lebih serius misalnya seperti gangguan pada kelenjar thyroid dan penyakit cacat bisu sampai tuli sebab akibat dari krenitisme. Adapun beberapa efek dari kekurangan yodium ini antara lain ialah sebagai berikut :

  1. Pertama menurut kementerian kesehatan republik Indonesia menyebutkan jika gangguan akibat kekurangan yodium  ini merupakan sebuah gangguan yang terjadi dalam tubuh sebab tubuh kekurangan asupan yodium dalam waktu yang lumayan lama sehingga menyebabkan kelainan dan gejala lain yang aneh di dalam tubuh makhluk hidup baik manusia maupun hewan.
    Ya, jadi penyakit kekurangan yodium ini juga tidak hanya menyerang manusia saja akan tetapi juga binatang sebab mempunyai kelenjar yang sama dengan fungsi yang sama juga.
  2. Selanjutnya menurut ahli kesehatan Kodyat ini ternyata juga mengemukakan jika masalah kurang yodium ini akan jauh lebih banyak di jumpai pada orang yang tinggal di daerah pegunungan.
    Hal ini juga di karenakan sebab bagi orang pegunungan sangat tergantung sekali pada hasil perkebunan dan hasil yang mereka tanam sebagai bahan konsumsi utama, sedangkan tanah yang mereka gunakan seringkali untuk menanam tanaman mengandung kadar yodium yang sangat rendah.
  3. Adapun beberapa golongan orang yang sangat rawan terkena kekurangan yodium ini antara lain ialah sebagai berikut seperti kaum ibu hamil, anak bayi dan balita dan juga anak yang masih sekolah dan wanita yang masih dalam usia subur.
    Maka dari itu, yodium adalah salah satu kebutuhan nutrisi manusia yang harus di cukupi mengingat yodium ini sangat penting untuk kesehatan. Apabila terkena gangguan yodium dalam tubuh maka dapt mengakibatkan penurunan kesehatan dan juga kualitas manusia.

Diagnosis

  1. Adapun diagnosis dan juga deteksi kadar yodium pada ibu hamil dan anak-anak ini juga menjadi kian dewasa ini utamanya di daerah endemik kekurangan yodium.
  2. Beberapa jenis metode yang bisa di pakai untuk diagnosis kekurangan yodium antara lain ialah pemeriksaan fisik, pemeriksaan fungsi tiroid serta studi pemindaian tiroid.

Penatalaksanaan
Ada beberapa upaya yang sudah di lakukan oleh pemerintah untuk meminimalisisrkan GAKY ini. Adapun salah satu cara yang paling populer dan juga yang paling sering di lakukan ini antara lain ialah dengan memberi penyuluhan garam beryodium dan juga suplementasi minyak yang beryodium.


Penyuluhan ini nantinya juga di lakukan dengan cara berkala dari desa sampai ke sekolah-sekolah. Pilihan memakai garam beryodium ini juga merupakan pilihan yang banyak sekali di pilih sebab selain sangat mudah di peroleh dan harganya relatif murah. Pemakaian garam beryodium ini juga sangat penting sekali sebab dapat menjadikan asupan yodium dalam tubuh tercukupi dengan baik tanpa harus khawatir anda kekurangan yodium.

Selain garam yodium, asupan lain yang juga mengandung yodium merupakan kelompok seafood dan juga daging, produk yang berbahan susu misalnya seperti yogurt dan juga keju, rumput laut, cranberries dan juga telur ayam. Selain makanan anda juga dapat konsumsi suplemen yodium jika perlu.

Maka dari itu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk pemilihan suplemen yodium yang baik dan juga berkualitas. Akan tetapi pada daerah yan endemic dengan GAKY ini alangkah lebih baik memperoleh perlakuan khusus bisa di lakukan pemerintah untuk mencegah GAKY pada generasi selanjutnya.

Itulah sedikit informasi yang dapat di sampaikan terkait Kekurangan Yodium Definisi Penyebab Dan Pengobatan Serta gejala Klinik Kekurangan Yodium Menurut Ilmu Kedokteran, semoga bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan untuk anda semua para pembaca. 

Baca Juga:
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai